Kian Mengerucut, Dua Nama Ini Diprediksi Bakal Jadi Dirtek PSSI yang Baru, Siapa Saja?

"Salah satunya pernah melatih timnas Jerman U-17."

Berita | 20 July 2023, 04:42
Kian Mengerucut, Dua Nama Ini Diprediksi Bakal Jadi Dirtek PSSI yang Baru, Siapa Saja?

Libero.id - Berikut adalah dua nama yang disinyalir tengah bernegosiasi dengan PSSI untuk jadi Direktur Teknik (Dirtek) yang baru. Dua sosok tersebut adalah Frank Wormuth dan Ralf Minge.

Beberapa waktu lalu, Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali sempat memberi bocoran terkait siapa sosok Dirtek baru yang tengah diincar. Eks Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI) itu menyebut Dirtek baru PSSI merupakan mantan pemain sepak bola berumur 60 tahun.

“Terkenal ya orangnya, pasti, mantan pemain bola, terkenal, umurnya sekitar 60-an, kalian belum lahir. Posisi saya tidak tahu, mantan pemain mana juga belum terkonfirmasi karena ketum (Erick Thohir) yang langsung wawancara dia,” ujar Amali kepada awak media.

Beberapa nama pun mencuat ke permukaan, diantaranya  duo legenda Inter Milan, Lothar Matthaus dan Andreas Brehme. Bukan rahasia lagi pengalaman Erick sebagai Presiden Inter selama lima tahun membuat dirinya memiliki hubungan erat dengan para legenda Nerrazurri.

Namun nampaknya bukan mereka berdua yang akan mengisi kursi Dirtek PSSI selanjutnya. Pasalnya, dalam wawancara eksklusif bersama sebuah media swasta, Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir memberi bocoran bahwa Dirtek baru PSSI pernah menangani Timnas Jerman kelompok umur.

Sebab menurutnya, sosok Dirtek baru PSSI harus memiliki kapabilitas dalam membina pemain muda. Berdasarkan pernyataannya, sosok Dirtek baru PSSI pun mengerucut ke dua nama.

1. Frank Wormuth

Frank Wormuth tengah berstatus tanpa klub. Terakhir dirinya duduk di kursi kepelatihan yakni kala mengasuh klub asal Belanda, FC Groningen pada tahun 2022 silam.

Wormuth memenuhi kriteria yang dibeberkan Amali sebelumnya. Dia merupakan sosok berusia 62 tahun yang pernah berkarier sebagai pemain sepak bola profesonal dalam kurun waktu tahun 1982 hingga 1998.

Sejumlah klub Jerman pernah dibela Wormuth semasa aktif bermain, mulai dari SC Freiburg, Hertha Berlin, FC Denzlingen, Freiburger FC, FC Teningen hingga FV Nimburg.

Semasa menjadi pemain, Wormuth pernah dua kali menyumbang gelar Sudbaden Cup untuk klubnya, Freiburger FC. Namun dia belum pernah membela Timnas Jerman sama sekali.

Pria yang berposisi bek tengah semasa bermain itu juga memenuhi kriteria yang dibeberkan Erick. Wormuth cukup lama mengasuh Timnas Jerman U-20, yakni pada 2010 hingga 2016 silam.

Menariknya, tangan dingin Wormuth pernah melahirkan bintang-bintang top. Antonio Rudiger, Sead Kolasinac dan Shkodran Mustafi merupakan beberapa mantan anak asuh Wormuth di Timnas Jerman U-20.

2. Ralf Minge

Ralf Minge juga merupakan sosok yang memenuhi ciri-ciri yang dibeberkan PSSI. Minge adalah sosok berusia 62 tahun yang pernah berkarier sebagai pemain sepak bola profesional di era 1980an.

Dynamo Dresden dan TSG Groditz adalah dua klub yang pernah dibela eks pemain berposisi penyerang itu. Minge juga pernah beberapa kali menyumbang gelar DDR Cup untuk Dynamo Dresden, yakni sebuah kompetisi di Jerman Timur.

Karier Minge lebih banyak dihabiskan di kursi Direktur Olahraga ketimbang pelatih. Namun dia pernah duduk di kursi pelatih tim muda Leverkusen dan Timnas Jerman kelompok umur.

Kendati demikian, masa kepelatihan Minge di Timnas Jerman kelompok umur tak bertahan lama. Minge hanya empat bulan duduk di kursi pelatih Timnas Jerman U-20, kemudian hanya tujuh bulan melatih Timnas Jerman U-19 dalam kurun waktu tahun 2010 hingga 2011.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network