Selamat Ulang Tahun!

11 Pemain Asia Terbaik Sepanjang Masa

"Tidak hanya dari Korea Selatan seperti Park Ji-sung atau Jepang seperti Hidetoshi Nakata, Asia Barat juga banyak menyumbang pemain hebat."

Feature | 05 October 2020, 07:57
11 Pemain Asia Terbaik Sepanjang Masa

Libero.id - Meskipun hingga sekarang belum ada negara Asia yang pernah memenangkan Piala Dunia, sejarah mencatat selalu ada pemain Asia yang memiliki kontribusi lebih untuk Si Kulit Bundar.

Baik di level klub maupun internasional, berikut 11 pemain Asia yang dinilai terbaik sepanjang masa:

1. Son Heung-min

Libero.id

Kredit: premierleague.com

Bintang Tottenham ini adalah pemenang lima kali penghargaan Pemain Terbaik di Asia. Son juga pemain Asia termahal setelah ia menandatangani kontrak dengan Spurs dari Bayer Leverkusen pada 2016.

Sejauh ini pemain Korsel itu telah mencetak 59 gol untuk Tottenham di Liga Premier dan jika melihat gaya bermainnya, Son adalah pemain yang selalu berada di tempat dan waktu yang tepat. Dengan 87 caps untuk timnas Korea Selatan, Son setidaknya  telah bermain di dua Piala Dunia yakni Piala Dunia 2014 dan 2018, mencetak 26 gol di semua kompetisi internasional.

2. Cha Bum-keun

Dianggap sebagai pemain terbaik Korea Selatan dan Asia sepanjang masa, Cha Bum-Keun menikmati karier yang luar biasa sebagai striker Frankfurt dan Bayer Leverkusen di mana ia sukses mencetak lebih dari 50 gol untuk kedua klub Jerman itu.

Sebagai salah satu orang Asia pertama yang bermain di Eropa, 17 golnya di Bundesliga pada musim 1986/87 masih menjadi yang terbaik di antara pemain Asia manapun yang bermain di Liga Jerman. Hingga sekarang, ia juga masih menjadi pemegang penampilan terbanyak untuk timnas Korsel, yakni dengan 136 penampilan.

3. Hidetoshi Nakata

Libero.id

Kredit: twitter,com/theafcdotcom

Sampai detik ini, Hidetoshi Nakata secara luas masih dianggap sebagai pesepakbola Jepang paling berbakat yang pernah ada. Tujuh musimnya di Italia membawanya ke gelar Serie A bersama Roma. Dia juga mengemas 77 caps bersama tim Samurai Biru, bermain pada 3 edisi Piala Dunia yakni tahun 1998, 2002, dan Piala Dunia 2006 serta berpartisipasi dalam 3 Piala Konfederasi.

4. Shinji Kagawa

Seorang gelandang serang yang serbabisa dan playmaker yang handal, Shinji Kagawa telah memainkan peran penting selama waktunya di Borussia Dortmund dan Manchester United. Pemain yang kini bermain untuk Real Zaragoza itu pernah merasakan dua  Bundesliga dan DFB Pokal. Dia juga memenangkan Liga Premier bersama Setan Merah serta FA Community Shield bersama Manchester United. Kagawa mengemas 97 penampilan untuk timnas Jepang dengan 31 kali sukses menceploskan bola.

5. Park Ji-sung

Libero.id

Kredit: the-afc.com

Pemain Asia pertama yang mencetak gol di 3 Piala Dunia dan memenangkan Liga Champions, Park Ji-sung telah menikmati karier yang fantastis sebagai salah satu pemain terbaik yang berasal dari Benua Kuning. Selama tujuh tahun membela Setan Merah, Park sukses meraih empat gelar Liga Premier, tiga Piala Liga , dan empat Community Shields.

Dia bermain di 3 Piala Dunia, membantu timnya mencapai semifinal pada 2002 dan menjadi kapten tim pada tahun 2010. Park juga suskes meraih gelar Eredivisie ketika masih bermain untuk PSV Eindhoven. Ia terkenal dengan staminanya yang luar biasa dan itu yang membuat Sir Alex Ferguson merekutnya.

6. Tim Cahill

Gelandang serang Tim Cahill adalah pencetak gol terbanyak Australia sepanjang masa dengan 50 gol. Dengan 107 penampilan selama 3 Piala Dunia, ia juga pemain dengan penampilan terbanyak kedua di tim nasional. Terkenal karena kemampuannya menyundul, pemain Australia itu menjadi andalan Millwall dan menjadi legenda di  Everton, dimana ia pernah masuk dalam nomisasi untuk memperebutkan FIFA Ballon d'Or pada tahun 2006.

7. Keisuke Honda

Libero.id

Kredit: the-afc.com

Dengan kecepatan dan kreativitasnya di lapangan, Keisuke Honda adalah salah satu pesepakbola Jepang terbaik hingga saat ini. Dia memenangkan Liga Premier Rusia, Piala, dan Piala Super, dan Supercoppa Italiana di AC Milan. Honda juga membintangi tim Jepang yang memenangkan Piala Asia AFC tahun 2011 di mana ia dinobatkan sebagai MVP turnamen tersebut. Dengan hampir 100 caps, ia tampil di 3 Piala Dunia sebelum pensiun dari timnas usai pergelaran Piala dunia 2018.

8. Sami Al Jaber

Dianggap sebagai striker Arab Saudi terbaik sepanjang masa, Sami Al Jaber menghabiskan dua dekade bersama klubnya Al-Hilal di mana ia memenangkan enam gelar liga, 2 gelar Liga Champions Asia, dan enam piala domestik Liga Premier Saudi. Dengan 46 gol nasional dan empat Piala Dunia, dia menjadi pemain Saudi dengan skor tertinggi dan pemain kedua dengan penampilan terbanyak yakni 156 caps.

9. Ali Daei

Libero.id

Kredit: twitter.com/fifa

Penyerang Iran itu mencetak 109 gol dalam 149 caps bersama tim nasional iran. Pernah bermain di salah satu tim besar Eropa, Bayern Muenchen dalam waktu singkat, ia masih menjadi pemain Asia pertama yang mempertaruhkan bagian dari pertandingan Liga Champions UEFA.

10. Ki Sung-yeung

Mantan pemain terbaik Swansea tahun 2015, gelandang Ki Sung-yeung dikenal karena keterampilan teknisnya, operan tajamnya, dan penguasaan bola mati. Playmaker Korea Selatan ini telah mendapatkan 106 caps bersama timnas Korsel dan menjadi kapten tim di Piala Dunia 2018. Kini ia bermain lagi di negara asalnya bersama FC Seoul.

11. Shinji Okazaki

Libero.id

Kredit: the-afc.com

Mungkin penyerang dengan tinggi badan 1,75 meter itu akan selalu dikenang dengan peran pentingya ketika menghantar Leicester City menjuarai Liga Premier musim 2015/16 yang luar biasa. Dengan 116 caps untuk Jepang, dia juga pencetak gol terbanyak ketiga untuk tim Samurai Biru dengan 50 gol, dibawah Kunishige Kamamoto dan Kazuyoshi Miura.




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=3HhTsB9sW4g

Artikel Pilihan