5 Pemain Gondrong Manchester United Sebelum Edinson Cavani

"Sejarah mencatat, di Old Trafford sudah pernah ada sejumlah pemain gondrong. Ada yang sukses, tapi ada juga yang hanya numpang lewat."

Feature | 10 October 2020, 00:59
5 Pemain Gondrong Manchester United Sebelum Edinson Cavani

Libero.id - Kadatangan Edinson Cavani ke Manchester United mengingatkan suporter pada penyerang legendaris Uruguay lainnya, Diego Forlan. Bukan hanya berasal dari negara yang sama, keduanya juga memiliki rambut panjang.

Cavani datang ke Old Trafford pada menit-menit akhir bursa transfer musim panas 2020. Striker berusia 33 tahun itu didapatkan gratis setelah kontraknya habis dengan Paris Saint-Germain. Dikontrak 2 tahun, Cavani dinilai jadi solusi untuk lini serang The Red Devils.

Meski menggunakan nomor yang dikutuk, 7, suporter MU layak optimistis. Faktanya, Cavani adalah striker jempolan. Dia mencetak 104 gol dari 138 penampilan di seluruh ajang bersama Napoli. Lalu, membukukan 200 gol dari 301 pertandingan di PSG.

"Saya memiliki kontrak 2 tahun dengan MU. Saya ingin melakukan yang terbaik di sini. Saya merasa baik. Hari di mana saya kembali ke Amerika Selatan tidak akan terjadi saat saya tidak memiliki apa-apa lagi untuk diberikan. Saya realistis. Saya ingin bermain ketika merasa baik. Saya akan bermain 2 tahun di sini dan melihat apakah saya bisa melanjutkan atau kembali ke Amerika Selatan," kata Cavani, dilansir ESPN.

Uniknya, Cavani adalah pesepakbola yang senang memelihara rambut. Dan, sejarah mencatat, di Old Trafford sudah pernah ada sejumlah pemain gondrong. Ada yang sukses, tapi ada juga yang hanya numpang lewat. Berikut ini 5 pemain tersebut:

1. Karel Poborsky

Dikenal sebagai gelandang berbakat asal Republik Ceko,  Poborsky bergabung ke Old Trafford setelah tampil memukau di Euro 1996. Saat itu, Ceko mencapai pertandingan puncak sebelum dikalahkan Jerman lewat gol emas Oliver Bierhoff di Wembley.

Datang ke MU ketika David Beckham sedang menjadi primadona membuat nama Poborsky tenggelam. Dia hanya sanggup bertahan 1,5 musim di Old Trafford. Poborsky memang mengumpulkan medali juara Liga Premier 1996/1997. Tapi, dia tidak puas karena hanya bermain 22 dari 38 pertandingan serta mencetak 4 gol.

Pada musim dingin 1998, Poborsky pindah ke Benfica sebelum membela Lazio pada 2000. Dia pensiun pada 2007 sebagai pemain Ceske Budejovice. Sepanjang karier, dia bermain 118 kali untuk Ceko dan mengemas 8 gol.

2. Diego Forlan

Libero.id

Kredit: manutd.com

Forlan bergabung dengan MU atas pantauan langsung Sir Alex Ferguson dari klub asal Argentina, Independiente. Pada 22 Januari 2002, MU sepakat membeli Forlan dengan 6,9 juta pounds. Seminggu berselang, Forlan melakukan debut sebagai pemain pengganti Ole Gunnar Solskjaer pada menit 76 dalam kemenangan 4-0 atas Bolton Wanderers.

Forlan menghabiskan 4 musim di MU. Dia memang ikut menjadi saksi ketika The Red Devils memenangkan Liga Premier 2002/2003, Piala FA 2003/2004, dan Community Shield 2003. Tapi, menit bermain Forlan sangat minim. Dia hanya 63 kali dan mencetak 10 gol di Liga Premier.

Dari MU, Forlan pindah ke Spanyol. Bersama Villarreal dan Atletico Madrid, dia mendapatkan kejayaan. Saat berseragam Los Colchoneros, Forlan menghadirkan gelar Liga Eropa 2009/2010 dan Piala Super Eropa 2010.

3. Carlos Tevez

Saat datang ke Old Trafford dari West Ham United pada 2007, Tevez dibalut kontroversi tentang status kepemilikan. Saat itu, Tevez menolak pindah ke Inter Milan dan perwakilannya, Kia Joorabchian, menyatakan sedang dalam diskusi untuk tetap bersama West Ham karena Tevez ingin menetap di Liga Premier.

Lalu, pada 5 Juli 2007, dilaporkan Tevez telah setuju untuk bergabung dengan MU. West Ham mengatakan akan memblokir transfer apa pun kecuali menerima sebagian besar biaya transfer. Keesokan harinya, West Ham merilis pernyataan yang mengatakan Tevez berada dikontrak hingga Juni 2010. Mereka juga menyangkal telah mengadakan negosiasi dengan klub lain. Joorabchian membantah klaim tersebut dengan menyatakan West Ham telah memberikan izin.

MU dan West Ham meminta bantuan FIFA untuk memutuskan kepemilikan Tevez. Tapi, pada 24 Juli 2007, FIFA menyarankan kasus tersebut dirujuk ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). Joorabchian mengintervensi dengan membawa surat perintah Pengadilan Tinggi London untuk memaksa West Ham melepaskan Tevez.

Namun, kasus tersebut tidak pernah sampai ke pengadilan karena Liga Premier menyetujui kesepakatan antara West Ham dan MSI (Media Sports Investment) selaku pemilik Tevez. MSI akan membayar 2 juta pounds kepada West Ham, yang pada gilirannya melepaskan Tevez ke MU.

Perjuangan MU mendapatkan Tevez terbayar setelah menjalani pertandingan. Bersama Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney, Tevez menjadi trio yang mematikan. Memilih memelihara rambut ikal sebahu yang sesekali ditutupi bandana, Tevez mempersembahkan Liga Premier (2007/2008, 2008/2009), Piala Liga (2008/2009), Community Shield (2008), Liga Champions (2007/2008), dan Piala Dunia Antarklub (2008).

4. Radamel Falcao Garcia

Libero.id

Kredit: twitter.com/manutd

Pada 1 September 2014, MU setuju meminjam Falcao dari AS Monaco dengan biaya 6 juta pounds dengan opsi transfer 43,5 juta pounds pada akhir musim. Kesepakatan itu membuat dirinya mendapatkan bayaran 265.000 pounds per minggu.

Falcao melakukan debut di Old Trafford pada 14 September 2014. Dia memainkan 23 menit terakhir dari kemenangan 4-0 atas Queens Park Rangers. Dia masuk menggantikan Juan Manuel Mata. Debutnya ditandai tepuk tangan meriah dari pendukung klub saat melakukan pemanasan maupun di lapangan.

Namun, masa depannya di MU diragukan ketika agennya, Jorge Mendes, menyatakan pada awal tahun baru (2015) bahwa kliennya tidak berada di Old Trafford pada awal musim depan, melainkan akan bermain di salah satu klub terbaik di dunia.

Pada 10 Maret 2015 atau sehari setelah menjadi pemain pengganti yang tidak digunakan saat MU tersingkir dari Piala FA oleh Arsenal, Falcao bermain untuk tim U-21 saat bertemu Tottenham Hotspur U-21. Dia diganti setelah bermain 72 menit. Penurunan pangkat itu secara terbuka dikritik oleh banyak pengamat sebagai hal memalukan yang dikerjakan Van Gaal kepada pemain senior.

Akibatnya, pada 24 Mei 2015, MU mengumumkan keputusan untuk tidak menggunakan opsi pembelian. Falcao mengakhiri karier singkatnya di MU dengan mencetak 4 gol dalam 29 penampilan. "Setiap pemain sepak bola ingin bermain. Itu sangat normal. Tapi, saya menghormati pelatih dan keputusan yang dia buat," ujar Falcao ketika itu, dilansir BBC Sport.

5. Zlatan Ibrahimovic

Libero.id

Kredit: manutd.com

Pada 1 Juli 2016, Ibrahimovic menandatangani kontrak 1 tahun dengan MU plus opsi perpanjangan otomatis tergantung evaluasi di akhir musim. Gajinya 200.000 pounds per minggu dan mendapatkan jersey nomor 9 untuk musim 2016/2017.

Singkat kata, dia bermain bagus untuk The Red Devils, meski mengalami cedera serius di lutut kanan saat perempat final Liga Eropa versus Anderlecht. Tanpa Ibrahimovic, MU berhasil melaju ke semifinal, final, dan juara setelah mengalahkan Ajax Amsterdam di Stockholm.

Di akhir musim MU sempat mengumumkan tidak akan memperpanjang masa kerja Ibrahimovic. Tapi, pada 24 Agustus 2017, MU justru memperpanjang kontrak pemain asal Swedia tersebut. Setelah absen 7 bulan karena cedera, Ibrahimovic kembali.

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Manchester United


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network