7 Pencetak Gol Termuda Sepanjang Sejarah, Ansu Fati di Urutan Lima

"Pada usia yang sangat belia. Mereka sudah menjadi tulang punggung negara. Usia 16 tahun sudah mencetak gol untuk timnas."

Feature | 31 October 2020, 07:22
7 Pencetak Gol Termuda Sepanjang Sejarah, Ansu Fati di Urutan Lima

Libero.id - Usia muda pesepakbola adalah awal bagi karier yang menjanjikan ataupun tidak, biasanya di usia tersebut adalah proses penjajakan untuk lebih mematangkan permainan.

Namun terkadang di usia yang masih belia potensi menjadi pemain besar suatu saat nanti sudah mulai terlihat, sebut saja kini sepakbola memiliki nama-nama seperti Erling Haaland, Gabriel Martinelli, dan Mason Greenwood.

Mereka adalah para pesepakbola yang mampu mencetak gol di usia yang masih sangat belia, namun ternyata dalam 7 pencetak gol termuda sepanjang sejarah, tidak ada nama ketiganya.

Berikut adalah 7 pencetak gol termuda sepanjang sejarah:

7. Bruno Nicole (Italia)

Legenda Juventus menjadi striker Italia termuda yang mampu mencetak gol yakni dalam usia 18 tahun 258 hari.

Pada tahun 1958, ia mencetak gol ke gawang Prancis dalam pertandingan persahabatan. Bruno Nicole bermain sepakbola profesional dari tahun 1956 hingga 1967 dan menghabiskan sebagian besar karirnya di Juventus dalam rentang waktu 1957-1963.

6. Wayne Rooney (Inggris)

Libero.id

Kredit: thefa.com

Dikenal sebagai salah satu pemain terbaik Manchester United sepanjang masa, Wayne Rooney juga ternyata menjadi pencetak gol termuda bagi timnas Inggris sekaligus masuk ke dalam daftar ini.

Kala itu di usianya yang baru 17 tahun 317 hari ia mampu menjebol gawang Makedonia di tahun 2003 silam yang merupakan pertandingan keenamnya.

5. Ansu Fati (Spanyol)

Libero.id

Kredit: instagram.com/ansufati

Pujaan baru klub Barcelona dan Timnas Spanyol, Ansu Fati menjadi pemain berikutnya yang menorehkan rekor sebagai pencetak gol termuda sepanjang sejarah.

Ansu Fati mampu mencetak gol bagi negaranya kala Spanyol menggilas Ukraina pada September 2020 dengan skor 4-0, kala itu usianya baru menginjak 17 tahun 314 hari.

4. Willy Baumgartner (Jerman)

Willy Baumgartner yang tampil sebagai pemain sayap bagi timnas Jerman mampu mencetak gol pada pertandingan debutnya bersama Der Panzer saat usianya masih 17 tahun 102 hari, hal tersebut ia lakukan pada tahun 1908.

Baumgartner sepanjang karirnya hanya membela dua klub berbeda, yakni BFC Germania 1888 dan Dusseldorfer SV 04.

3. Van Breda Kolff (Belanda)

Van Breda Kolff menjadi pencetak gol termuda sepanjang sejarah timnas Belanda pada usia 17 tahun 74 hari pada tahun 1911 kala menghadapi Belgia.

Sepanjang kariernya bersama klub, ia adalah "one man club" layaknya Francesco Totti dengan hanya membela HVV Den Haag pada medio 1910-1913.

2. Joao Dos Santos (Portugal)

Cristiano Ronaldo adalah pesepakbola paling populer dan paling berprestasi di Portugal, namun ternyata bukan ia pencetak gol termuda bagi Selecao Eropa.

Faktanya Joao Dos Santos menjadi pencetak gol termuda negara tersebut kala usianya masih menginjak 16 tahun 347 hari ketika berhadapan dengan Cekoslovakia pada 1926.

1. Fernand Risot (Belgia)

Sejauh ini rekor pencetak gol termuda di dunia masih dipegang oleh pemain timnas Belgia, Fernand Risot di usia 16 tahun 10 bulan 27 hari kala melawan Belanda pada 10 Maret 1912.

Selain sebagai pencetak gol termuda dunia dan Timnas Belgia, Risot juga menorehkan rekor lainnya yaitu sebagai pemain termuda yang tampil bagi Timnas Belgia dalam usianya yang ke 16 tahun 19 hari kala itu.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network