Selamat Ulang Tahun!

10 Bek Paling Produktif Sepanjang Masa, Sergio Ramos Hanya di Peringkat 6

"Nomor satu bukan Franz Beckenbauer, bukan pula Roberto Carlos. Dia sekarang menjadi pelatih top."

Feature | 04 November 2020, 01:48
10 Bek Paling Produktif Sepanjang Masa, Sergio Ramos Hanya di Peringkat 6

Libero.id - Tugas utama seorang pemain belakang adalah menghalau setiap serangan lawan agar bola tidak masuk ke dalam gawang.

Namun ternyata cukup banyak pemain belakang yang produktif dalam urusan mencetak gol, baik melalui skema open play maupun set piece.

Jika kini kita mengenal sosok Trent Alexander Arnold yang kerap bermain ofensif dan mampu mencetak gol dan assist sama baiknya, dahulu kita telah familiar dengan nama-nama seperti Franz Beckenbauer hingga Ronald Koeman.

Berikut adalah pemain belakang yang paling produktif sepanjang masa:

10. Franz Beckenbauer (109 gol)

Libero.id

Kredit: fcbayern.com

Dalam 19 tahun karirnya, legenda timnas Jerman dan Bayern Munchen, Franz Beckenbauer berhasil mencetak 109 gol.

Peran bek yang kerap membantu serangan melalui tengah lapangan berhasil menyukseskan revolusi Franz Beckenbauer dengan menunjukkan kemampuannya dalam mencetak gol.

Di Bayern Muenchen, Franz Beckenbauer mencetak 64 gol dalam 439 pertandingan, sedangkan untuk timnas Jerman ia berhasil mencetak 14 gol.

9. Roberto Carlos (113 gol)

Libero.id

Kredit: realmadrid.com

Bek kiri asal Brasil, Roberto Carlos dikenal memiliki kecepatan dan tendangan bebasnya yang sangat menakutkan tim-tim lawan sehingga itu semua mengantarkannya mencetak 113 gol sepanjang karirnya.

Di Real Madrid, Roberto Carlos mencetak 69 gol dan ia berperan penting dalam kejayaan timnas Brasil di Piala Dunia 2002.

8. Paul Breitner (113 gol)

Libero.id

Kredit: dfb.de

Mirip dengan Beckenbauer, Paul Breitner adalah bek legendaris untuk timnas Jerman dan Bayern Muenchen.

Paul Breitner yang mencetak total 113 gol adalah satu dari empat pemain yang mencetak gol di kedua final Piala Dunia dan menyumbangkan tiga gol di Piala Dunia 1974, yang sekaligus memberi Jerman gelar juara dunia.

7. Steve Bruce (113 gol)

Libero.id

Kredit: manutd.com

Tidak ada yang mengira bahwa mantan pemain Gillingham, Norwich, Birmingham, Sheffield United dan Manchester United, Steve Bruce sukses mencetak 113 gol.

Musim terbaiknya di Manchester United adalah musim 1990/1991, saat Bruce mencetak 19 gol dalam 50 pertandingan.

Meski pandai bertahan dan mencetak gol, Steve Bruce tak kunjung mendapat kesempatan membela Three Lions.

6. Sergio Ramos (121 gol dan masih akan terus bertambah)

Libero.id

Kredit: instagram.com/segioramos

Kapten Real Madrid Sergio Ramos tidak hanya piawai dalam bertahan, tapi juga pandai membobol gawang lawan.

Ramos telah mencetak 121 gol sepanjang karirnya baik kala berseragam Sevilla, Real Madrid, maupun Timnas Spanyol.

Keterampilannya dalam mencetak gol menempatkan Ramos di atas Luis Figo, Zidane dan Xavi sebagai daftar pencetak gol terbanyak di La Liga.

Kemampuannya dalam bermain di sejumlah posisi juga menjadi nilai tambah bagi pemain yang kini menjadi kapten di Real Madrid itu, selain bek tengah, Ramos juga piawai kala ditempatkan di posisi bek kanan.

5. Graham Alexander (130 gol)

Libero.id

Kredit: premierleague.com

Dibandingkan dengan pemain lain, Graham Alexander memang kurang terkenal karena menghabiskan karirnya di Football League.

Graham Alexander adalah seorang bek yang sangat berbahaya di Premier League pada musim 2009/2010, saat ia mampu mencetak 7 gol untuk Burnley. Total jumlah gol yang dicetak bek kiri Skotlandia itu adalah 130 gol.

4. Laurent Blanc (153 gol)

Libero.id

Kredit: inter.it

Legenda Prancis Laurent Blanc adalah pencetak gol terbanyak Montpelier, mencetak 80 gol. Sepanjang karirnya, dia mencetak 153 gol. Laurent Blanc juga mencetak 18 gol untuk Saint-Etienne, 17 gol untuk Marseille, dan 6 gol untuk International Milan. Bola, mencetak 4 gol untuk Manchester United. Dalam pertandingan timnas Prancis, ia mencetak 16 gol, inilah momen paling berkesan yang ia cetak di Piala Dunia 1998 melawan Uruguay, Uruguay memenangkan Ballon d'Or.

3. Fernando Hierro (163 gol)

Libero.id

Kredit: realmadrid.com

Sebelum memiliki Roberto Carlos dan Sergio Ramos, Real Madrid pernah memiliki Fernando Hierro yang mencetak 102 gol untuk klub dan mencetak 29 gol untuk Timnas Spanyol dalam 89 pertandingan.

Seperti halnya seorang penyerang, pada musim 1991/1992, Fernando Hierro mampu mencetak 26 gol dalam 53 pertandingan dan 18 gol dalam 47 pertandingan pada musim berikutnya.

2. Daniel Passarella (175 gol)

Libero.id

Kredit: fifa.com

Legenda paling terkenal di Argentina adalah Lionel Messi dan Diego Maradona, tetapi selain mereka berdua, Argentina itu juga memiliki pemain sekaliber Daniel Passarella.

Ia sangat pandai mencetak, terbukti telah 175 gol bersarang ke jala lawan dengan 22 gol diantaranya untuk Argentina, dan sukses mengantarkan negaranya menjadi juara Piala Dunia 1978 dan 1986.

Di level klub, Passarella telah mencetak gol bersama River Plate di Amerika Selatan dan Fiorentina serta Inter di Eropa.

1. Ronald Koeman (253 gol)

Libero.id

Kredit: fcbarcelona.com

Bek yang paling banyak mencetak gol adalah Ronald Koeman dengan catatan 253 gol.

Ronald Koeman dikenal karena kemampuannya dalam mencetak gol melaluitendangan bebas layaknya seorang Roberto Carlos.

Ronald Koeman mencetak 26 gol untuk PSV dalam satu musim dan juga berperan untuk Barcelona dengan mencetak 19 gol dalam dua musim yang berbeda.

Salah satu gol Ronald Koeman dikenang saat memimpin Barcelona menjuarai Piala Eropa 1992, kini pria asal Belanda tersebut melatih tim yang dahulu membesarkan namanya, Barcelona.




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=HgyPUs_08U4

Artikel Pilihan