10 Pemain Terakhir yang Dijual Arsenal di Era Arsene Wenger, Bagaimana Nasibnya

"Banyak di antara pemain yang dilepas Wenger justru bersinar di klub lain, bahkan ada yang prestasinya melebihi Arsenal."

Feature | 14 November 2020, 03:00
10 Pemain Terakhir yang Dijual Arsenal di Era Arsene Wenger, Bagaimana Nasibnya

Libero.id - Tak diragukan lagi bahwa Arsene Wenger merupakan salah satu pelatih terbaik sepanjang masa berkat kejeniusannya. Namun, dalam segi penjualan pemain dapat dikatakan ia bukan sosok yang jeli, terutama di akhir masa baktinya di Emirates Stadium.

Banyak sekali di antara pemain-pemain yang dilepas oleh Wenger justru bersinar di klub lain, bahkan diantara mereka ada yang prestasinya melebihi Arsenal.

Berikut 10 pemain Arsenal terakhir yang dilepas oleh Wenger:

1. Olivier Giroud

Libero.id

Kredit: arsenal.com

Giroud dianggap surplus untuk persyaratan oleh Wenger setelah kedatangan Pierre-Emerick Aubameyang di Emirates pada Januari 2018.

Striker Prancis itu akhirnya dijual ke Chelsea dalam kesepakatan 12 juta pounds dan kembali menghantui mantan klubnya 18 bulan kemudian ketika mencetak gol pembuka di final Liga Europa 2019.

Dia tampaknya akan meninggalkan Stamford Bridge pada Januari 2020 lalu karena kurangnya waktu bermain, tetapi ia kemudian membuktikan kemampuannya di paruh kedua musim.

2. Alexis Sanchez

Libero.id

Kredit: arsenal.com

Sanchez menolak untuk menandatangani kontrak baru di Arsenal sebelum bergabung dengan Manchester United dalam kesepakatan pertukaran dengan Henrikh Mkhitaryan.

Meski datang dengan ekspektasi tinggi, ia gagal memberikannya di Old Trafford, dengan hanya mencetak 5 gol dalam 45 penampilan di semua kompetisi.

United sangat putus asa perihal gajinya yang terlampau tinggi sehingga mereka mengizinkan pemain internasional Chili untuk bergabung dengan Inter Milan dengan status bebas transfer pada tahun 2020.

3. Theo Walcott

Libero.id

Kredit: arsenal.com

Setelah menghabiskan 12 tahun di Emirates, Walcott memutuskan untuk pindah ke Everton pada Januari 2018 untuk mendapat tempat reguler di tim utama.

Pemain berusia 31 tahun itu terus berjuang dengan ketidakkonsistenan dan dikaitkan dengan kepindahannya dari Goodison Park setelah gagal mengesankan Carlo Ancelotti.

4. Francis Coquelin

Libero.id

Kredit: arsenal.com

Coquelin berjuang untuk membuktikan dirinya sebagai anggota kunci tim utama di Emirates tetapi dengan cepat menjadi andalan di starting XI di Valencia.

Dia membuat 89 penampilan di semua kompetisi untuk tim La Liga, membantu mereka mengalahkan Barcelona di final Copa del Rey pada 2019.

Sang gelandang kemudian menyelesaikan kepindahannya secara permanen ke rival sekota Villarreal pada tahun 2020, di mana ia akan bermain di bawah asuhan mantan pelatih Arsenal, Unai Emery.

5. Alex Oxlade-Chamberlain

Libero.id

Kredit: arsenal.com

Karier Oxlade-Chamberlain di Arsenal terhenti pada 2017 dan sang gelandang akhirnya memilih tantangan baru, bergabung dengan Liverpool dalam kesepakatan 35 juta pounds.

"Saya ingin berterima kasih kepada penggemar Arsenal yang selalu mendukung saya,” kata Oxlade-Chamberlain kepada The Times pada 2017.

"Tapi saya tidak bisa meminta maaf atas keputusan saya untuk pergi. Saya ingin mendapatkan lebih banyak dari diri saya sendiri.

"Saya merasa hal utama adalah membawa diri saya keluar dari zona nyaman saya. Itulah mengapa Liverpool berteriak untuk saya."

Pemain internasional Inggris itu kemudian mampu membantu Liverpool memenangkan gelar liga pertama mereka dalam 30 tahun pada 2019-20.

6. Wojciech Szczesny

Libero.id

Kredit: arsenal.com

Setelah membuat 181 penampilan untuk Arsenal di semua kompetisi, serangkaian blunder membuat Szczesny kehilangan kepercayaan Wenger.

Penjaga gawang tersebut akhirnya bergabung ke Juventus dengan kontrak permanen pada tahun 2017, menggantikan Gianluigi Buffon sebagai kiper nomor satu klub dan memenangkan tiga gelar Serie A berturut-turut.

7. Gabriel Paulista

Paulista kesulitan mendapatkan waktu bermain di depan Laurent Koscielny dan Per Mertesacker dan menyelesaikan kepindahan permanen ke Valencia pada musim panas 2017.

Bek asal Brasil itu menemukan kembali bentuk permainan terbaiknya di Mestalla dan baru-baru ini dikaitkan dengan kepindahannya kembali ke Liga Premier.

8. Serge Gnabry

Libero.id

Kredit: arsenal.com

Arsenal pasti menyesali yang satu ini. Setelah gagal dipinjamkan ke West Brom, Gnabry bergabung dengan Werder Bremen secara permanen pada 2016 sebelum akhirnya bergabung dengan Bayern Muenchen satu tahun kemudian.

"Kami telah mempersiapkannya bagi kami untuk menandatangani kontrak barunya, tetapi kemudian tiba-tiba dia ingin pergi ke Werder Bremen," kata Wenger kepada beIN Sports pada Februari 2020.

"Tapi bukan Werder Bremen yang membelinya, tapi Muenchen yang membelinya. Karena enam bulan atau kurang dari satu tahun kemudian dia pindah dari Bremen ke Bayern tetapi itu sudah menjadi kesepakatan sebelumnya.

"Dia berada di akhir kontraknya dan kami pikir dia akan bertahan karena dia mengatakan akan bertahan."

Pemain berusia 25 tahun itu telah berkembang menjadi salah satu winger terbaik di dunia, membantu tim Bundesliga menyelesaikan musim treble di 2019-20.

9. Kieran Gibbs

Libero.id

Kredit: arsenal.com

Gibbs muncul di Arsenal, tetapi bergabung dengan West Brom pada 2017 setelah kalah bersaing dengan Nacho Monreal dan Sead Kolasinac kala itu.

Bek kiri asal Inggris itu membantu Baggies mengamankan promosi kembali ke Liga Premier pada 2019-20 tetapi ia kerap diganggu oleh masalah cedera dalam beberapa musim terakhir.

10. Wellington Silva

Libero.id

Kredit: arsenal.com

Setelah berulang kali dipinjamkan, Silva kembali ke negara asalnya Brasil bersama Fluminense pada 2016 setelah tidak pernah tampil kompetitif untuk Arsenal.

The Gunners tampaknya akan mengaktifkan klausul pembelian kembali sebelum menjualnya ke Bordeaux dengan keuntungan kecil pada tahun 2017 tetapi kesepakatan itu gagal ketika ia gagal dalam tes medis dengan tim Ligue 1 tersebut.

Ia akhirnya tetap bersama Fluminense dan membuat penampilan ke-100 untuk klub pada Agustus 2020, setelah menghabiskan satu musim dengan status pinjaman bersama Internacional.

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Arsenal


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network