25 Klub dengan Sebaran Pemain Akademi Terbanyak di 5 Liga Top Eropa

"Paris Saint Germain sangat mengejutkan karena bisa ada di peringkat kedua. Ternyata tak cuma hobi membeli. Ajax nomor 9. Siapa nomor 1?"

Feature | 20 November 2020, 09:40
25 Klub dengan Sebaran Pemain Akademi Terbanyak di 5 Liga Top Eropa

Libero.id - Sebuah klub dapat menempatkan posisi dengan hormat ketika mereka mempunyai beberapa capaian kompetitif. Mulai dari stadion yang megah, finansial yang bagus, sistem akademi yang tapi dan jejaring pemain yang berkembang dan lain sebagainya.

Yang nanti biasanya, berimbas ke prestasi klub, di semua level kejuaraan baik lokal sampai internasional. Terkait dengan hal tersebut, baru-baru ini sebuah penelitian berupaya untuk menemukan akademi klub mana saja di Eropa yang menghasilkan pemain terbanyak saat ini, yang bermain di 5 Liga top Eropa, yakni Liga Premier, La Liga, Serie A, Bundesliga dan Ligue 1.

Tentu, setiap penggemar senang jika melihat prospek para pemain didikan akademi kemudian naik pangkat dan bisa bermain untuk tim utama.

Tetapi faktanya, banyak di antara didikan akademi, malah justru bermain untuk klub lain yang tak mendidiknya sedari awal.

Begitulah, di zaman yang kurang loyalitas ini, kesetiaan pada satu klub, apalagi akademi sendiri adalah sesuatu yang istimewa.

Para pesepakbola yang memutuskan untuk tidak memulai karier profesional dari klub akademinya memiliki cerita yang beragam, ada yang sukses dan menjadi besar di klub yang tepat, tapi tak jarang juga berakhir buruk.

Namun di samping itu, para penggemar suka membual bahwa kesuksesan sebuah klub bisa diperoleh instan, dengan cara membeli pemain ketimbang membangun prospek akademi yang membutuhkan waktu lama.

Terkait dengan itu, sebuah studi telah dilakukan untuk menemukan akademi mana saja yang menghasilkan sebaran pemain paling banyak untuk lima liga teratas.

Menurut penelitian oleh betodds.com, dari sisi jumlah, Barcelona memimpin dengan 38 pemain lulusan akademi yang kini bermain dan tersebar di liga-liga elite Eropa, dan 7 diantaranya ada di skuad Barca saat ini.
Bagaimana dengan klub lain, mari kita lihat :

Barcelona – 38 Pemain

PSG – 33 Pemain

Real Madrid – 31 Pemain

Lyon –
25 Pemain

Rennes – 24 Pemain

Tak perlu diragukan lagi, La Masia adalah pencetak para pemain pilih tanding, deretan nama-nama terbaik yang menghiasi kancah Eropa adalah hasil didikan dari La Masia. Sebut saja Adama Traore, Hector Bellerin, Mauro Icardi, Thiago Alcantara dan banyak lagi. Mereka adalah beberapa di antara yang jadi bintang bersama klub lain.

20 Besar

Valencia – 23 Pemain

Atalanta – 22 Pemain

Chelsea – 20 Pemain

Ajax – 20 Pemain

Manchester United – 19 Pemain

15 Besar

AS Saint-Etienne – 19 Pemain

Lensa RC – 19 Pemain

Sporting CP – 19 Pemain

AC Milan – 18 Pemain

Athletic Bilbao –
17 Pemain

10 Besar

FC Koln – 17 Pemain

Manchester City – 17 Pemain

Stuttgart – 17 Pemain

Atletico Madrid – 17 Pemain

Sevilla – 17 Pemain

Roma – 17 Pemain

Bordeaux –
16 Pemain

AS Monaco – 16 Pemain

Celta Vigo – 15 Pemain

Benfica – 15 Pemain

Klub dengan Didikan Pemain Akademi Yang Paling Banyak Menetap:

Jika dalam 25 besar, titik penilaian adalah jumlah sebaran pemain akademi yang bermain di luar liga, maka dalam daftar di bawah ini, kategori diambil dari jumlah pemain akademi yang menetap dan memulai karirnya bersama klub itu.

Dan untuk kali ini Athletic Bilbao yang memimpin, dengan 10 pemain akademi yang bermain di skuad tim utama mereka.

Dalam beberapa hal, apa yang terjadi di Bilbao tidaklah mengherankan, mengingat mereka punya sistem dan kebijakan yang mengarahkan pemain akademi dari kawasan Basque untuk bertahan.

Sementara itu, dari Liga Premier, di luar klub yang terkenal, masuk dalam daftar, klub-klub lawas seperti, West Ham United, West Brom dan Southampton dengan jumlah para pemain akademi yang menetap sekitar 4-8 pemain.
Untuk daftar yang lain, berikut rinciannya:

Athletic Bilbao – 10 Pemain

Celta Vigo –
10 Pemain

Nimes – 9 Pemain

Rennes – 8 Pemain

Manchester United –
8 Pemain

AS Saint-Etienne – 8 Pemain

FC Koln – 8 Pemain

West Ham – 8 Pemain

Barcelona – 7 Pemain

Montpellier – 7 Pemain

Osasuna – 7 Pemain

Chelsea – 6 Pemain

AC Milan – 6 Pemain

Genoa – 6 Pemain

Lyon – 5 Pemain

Valencia –
5 Pemain

Atalanta – 5 Pemain

Lensa RC – 5 Pemain

Manchester City – 5 Pemain

Stuttgart – 5 Pemain

Bordeaux – 5 Pemain

West Brom – 5 Pemain

Southampton – 4 Pemain

Liverpool – 4 Pemain

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network