Starting XI Pemain Termahal di La Liga Spanyol, Total Senilai Rp 13,8 Triliun

"Betapa pemain di La Liga ternyata memiliki nilai jual sangat tinggi. Tak ada nama di luar Real Madrid, Barcelona dan Atletico Madrid?"

Feature | 27 November 2020, 08:13
Starting XI Pemain Termahal di La Liga Spanyol, Total Senilai Rp 13,8 Triliun

Libero.id - Nilai pasar atau market value pemain biasanya sebanding dengan kualitas yang dimiliki. Sebuah klub mematok harga mahal untuk pemain yang banyak diincar oleh klub lainnya dan dianggap sebagai 'jagoan' dan kelak punya potensi besar untuk menjadi pesepakbola jempolan.

Pemain-pemain itu bisa datang dari belahan bumi mana saja, dari negara-negara yang punya kompetisi paling elit sampai liga yang jarang terdengar namanya. Tapi memang, kalau boleh jujur, menemukan pemain hebat dengan nilai pasar fantastis lebih mudah di liga-liga top Eropa.

Mereka punya segalanya untuk menampung pesepakbola terbaik. Salah satu liga yang prestisius di daratan Eropa adalah La Liga Santander, kompetisi utama sepakbola Spanyol itu dihuni oleh pemain-pemain pilih tanding. Tapi biasanya trah atau riwayat pemain-pemain  mahal hanya dipunyai oleh beberapa klub saja. Yang mana klub-klub ini punya infrastruktur finansial yang memungkinkan.

Berkenan dengan hal tersebut, situs olahraga Marca telah mengumpulkan 11 pemain dan menyusunnya dalam starting line up dengan kategori pesepakbola paling berharga di La Liga Santander.

11 pesepakbola itu terdiri dari para pemain Real Madrid, Barcelona dan Atletico Madrid , karena memang yang masuk dalam kategori bklub-klub elit liga Spanyol adalah mereka yang telah menghabiskan banyak uang di tiap jendela transfer selama bertahun-tahun terakhir.

Nilai pasar dari susunan pemain ini diambil berdasarkan data dari situs Transfermarkt. Jadi tanpa berlama-lama lagi, inilah daftarnya dimulai dari barisan paling belakang :

Deretan Lini Belakang

Libero.id

Jan Oblak. Kredit: instagram.com/oblakjan

Menurut situs Transfermarkt, penjaga gawang Los Rojiblancos alias Atletico Madrid yakni Jan Oblak , yang sementara ini hanya kebobolan dua gol musim, patut untuk  dihargai 90 juta euro, ia menempati posisi terbaik di antara tiang gawang.

Agak sedikit maju, yang bertugas di lini pertahanan terdiri dari duet Madrid, masing-masing dua dari Real Madrid dan beberapa pemain dari Atletico Madrid.

Utusan Real Madrid datang atas nama Dani Carvajal dengan harga pasar mencapai 40 juta euro, lalu ada Raphael Varane dengan harga jauh di atas itu yakni 70 juta euro, sementara itu untuk Atletico dengan harga pasar yang sama ada seorang Jose Maria Gimenez, 70 juta euro dan bek terakhir ada nama Renan Lodi dengan nilai pasar mencapai 50 juta euro.

Deretan Lini Tengah

Libero.id

Fede Valverde. Kredit: instagram.com/fedeevalverde

Jika di lini belakang dikuasai oleh tim Madrid, maka lini tengah hampir sepenuhnya milik Barcelona. Hanya ada satu pemain Real Madrid. Dengan menempatkan Frenkie de Jong dan Fede Valverde yang tampil sebagai poros ganda di lini tengah, nilai pasar dua pemain muda itu jika digabungkan mencapai 140 juta euro.

Lalu di posisi winger, dua produk beda generasi akademi La Masia tampil sebagai pilihan yang tak bisa dibantah, siapa lagi kalau bukan Lionel Messi, pemenang 6 kali Balon Do'r ini, meski telah berusia 32 tahun tapi belum juga habis, nilai pasar Messi mencapai 100 juta euro dan lalu ada pesepakbola 17 tahun yang digadang-gadang bakal jadi pengganti Lionel Messi, dialah Ansu Fati, talenta penuh bakat dengan nilai pasar mencapai 80 juta euro.

Deretan Lini Depan

Libero.id

Joao Felix. Kredit: instagram.com/joaofelix79

Sedangkan untuk lini depan atau serangan yang paling berharga alias memiliki nilai pasar lebih daripada pemain yang lain jatuh pada Joao Felix, yang memiliki nilai pasar yang sama dengan kapten Barcelona, yakni 100 juta euro.

Sementara itu ditempatkan sedikit di belakang Felix ada nama mantan punggawa Atletico Madrid yang kini berseragam Barcelona siapa lagi kalau bukan Antoine Griezmann dengan nilai pasar mencapai 80 juta euro.

Total dari 11 pesepakbola di atas, nilai pasar akumulatif mereka mencapai 820 juta euro atau Rp 13,8 triliun. Fantastis.

Jika dalam bentuk susunan maka beginilah starting line up termahal La Liga Santander :

Jan Oblak,  Dani Carvajal, Raphael Varane, Jose Maria Gimenez, Renan Lodi, Frenkie de Jong,  Fede Valverde, Lionel Messi, Ansu Fati, Joao Felix, Antonio Griezmann.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network