5 Kesalahan Arteta yang Membuat Arsenal Makin Jadi Medioker

"Mereka mengalahkan Manchester City, Chelsea dan Liverpool tapi takluk dari Villa, Leicester dan Wolves."

Analisis | 05 December 2020, 13:35
5 Kesalahan Arteta yang Membuat Arsenal Makin Jadi Medioker

Libero.id - Akhir pekan lalu, Arsenal mengalami kekalahan kandang ketiga berturut-turut di Liga Inggris, kali ini di tangan Wolverhampton Wanderers.

Hasil tersebut mengikuti kekalahan mengecewakan yang sama di Emirates Stadium dari Aston Villa dan Leicester City. Ketiga tim itu dalam performa yang layak, tetapi mereka adalah jenis tim yang harus Anda kalahkan di kandang jika Anda ingin masuk empat besar. Dan akibatnya, sementara ini Arsenal berada di urutan ke-14.

Bahkan karena itu, klub yang bermarkas di Emirates stadium itu dianggap telah berada di level medioker. Meski terbalik dengan apa yang Arsenal capai di Liga Eropa. The Gunners berhasil meraih beberapa hasil positif di Liga Europa.

Terlepas dari itu semua, banyak yang tampaknya salah untuk tim Mikel Arteta saat ini. Jadi, mari kita lihat lima alasan utama mengapa Arsenal di bawah asuhan Mikel Arteta bisa mendapat masalah:

1. Tidak cukup investasi di posisi utama

Berlawanan dengan kepercayaan populer, Arsenal telah menghabiskan cukup banyak uang dalam beberapa tahun terakhir. Sejak 2016-17, mereka telah membayar setidaknya 70 juta poundsterling dalam biaya transfer setiap musim, dan Arsenal menginvestasikan rata-rata  106,6 juta poundsterling per kampanye.

Jelas, jumlah itu sangat jauh dari klub-klub Eropa lainnya. Anda bisa melihat Arsenal berjuang secara kreatif dibandingkan tim-tim top lainnya. Enam tim besar lainnya mengungguli mereka pada 2019-20.

Mereka hanya mampu mendatangkan Willian, yang bergabung dari Chelsea, meski  melewati musim yang cukup bagus, tetapi itu terasa percuma, sebab ia menggantikan Nicolas Pepe di line up awal. Ditambah  Mesut Özil juga keluar dari persaingan, itu berarti Willian harus mengisi celah yang ditinggalkan oleh dua raja assist teratas Arsenal selama 12 bulan terakhir.

Nama lain ialah Thomas Partey dan Gabriel Magalhaes yang terlihat seperti rekrutan luar biasa, tetapi mereka bukanlah jawaban untuk masalah kreativitas Arsenal. Tiap kali musim panas datang, Arsenal butuh satu pos yang benar-benar urgent, namun sayang hal itu  lebih sering diabaikan.

2. Cedera dan skorsing

Terlepas dari beberapa pengambilan keputusan musim panas yang dipertanyakan, Arteta juga sedikit kurang beruntung di bagian lini depan karena beberapa pemain cedera.

Gabriel Martinelli adalah salah satu bintang yang muncul musim lalu, tapi untuk musim ini dia belum memainkan satu pertandingan pun. Kasus serupa juga terjadi pada Pablo Marí, yang absen hingga Desember ini.

Partey terlihat sangat impresif melawan Manchester United bulan lalu, sebelum hanya memulai satu dari enam pertandingan berikutnya. Salah satu jawaban internal atas kekhawatiran kreativitas Arsenal di lini tengah adalah Emile Smith Rowe.

Arteta tampaknya sangat menyukai pemain berusia 20 tahun itu, yang memiliki satu gol dan satu assist dalam dua penampilan pengganti cameo di Eropa. Namun lulusan akademi itu bahkan belum berhasil masuk ke dalam skuat Liga Inggris di tengah kesulitan cedera yang dia alami. Itu hanya beberapa contoh dari daftar yang terus bertambah. Ada kartu merah Pepe, cedera  David Luiz, dan beberapa kasus virus korona baru-baru ini. Itu semua menambah masalah yang dihadapi Arsenal saat ini.

3. Masalah Kepercayaan Diri

Tampaknya hampir tidak masuk akal bahwa tim yang kalah dalam pertandingan melawan Villa, Leicester dan Wolves dengan cara yang begitu menyedihkan adalah tim yang sama yang mengalahkan Manchester City, Chelsea dan Liverpool di Wembley hanya beberapa bulan yang lalu.

Arsenal tengah mengalami goncangan moral yang hebat dan rasanya para pemain terlalu mengandalkan kepercayaan diri.

Jika mereka mendapatkan hasil yang bagus, mereka berjuang keras untuk setiap bola, mereka berpegang pada sistem, dan mereka dapat mencetak beberapa gol tim yang indah. Tapi satu atau dua kesalahan dan tiba-tiba mereka tidak bisa merangkai dua operan. Ini lebih dari sekedar bermain buruk, separuh tim tampaknya menyerah setiap kali ada yang melawan mereka. Mereka tampaknya tidak percaya pada rencana permainan mereka sendiri seperti yang mereka lakukan di bulan Juli dan Agustus.

Arsenal perlu belajar sedikit lebih percaya pada diri mereka sendiri ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan. Itu yang harus dimiliki tim petarung dan juara.

4.  Penyerang dengan kering Gol

Seperti yang telah disebutkan, Arsenal sedang berjuang untuk menciptakan peluang saat ini, tetapi itu tidak sepenuhnya menjelaskan mengapa Alexandre Lacazette dan Pierre-Emerick Aubameyang mencetak begitu sedikit gol.

Publik masih ingat ketika Aubameyang mencetak 16 gol dan memberikan dua assist dalam 22 penampilan di bawah Arteta. Tapi itu musim lalu. Namun dia hanya mencetak satu gol per tiga penampilan pada musim 2020-21 ini.

Demikian pula, Lacazette membuka musim ini dengan tiga gol dalam tiga pertandingan, kemudian mencetak nol dalam delapan pertandingan berikutnya.
Dengan sangat sedikit gol yang berasal dari lini pertahanan dan lini tengah. Otomatis Arsenal sangat bergantung pada penyerang mereka.

5.  Arteta Belum Menemukan Sistem Terbaiknya

Arteta masih belum menentukan formasi tetap. Dia sering menggunakan 4-2-3-1 sebelum kuncian, dengan Özil bermain di peran nomor 10. Kemudian ia beralih ke sistem hybrid 3-4-3 / 4-3-3 di tahap akhir musim lalu, mengandalkan Kieran Tierney dan Bukayo Saka untuk memainkan satu peran dalam penguasaan bola dan peran lainnya di luar itu.

Sejak itu, dia mencoba formasi 4-3-3 yang lebih tradisional, dan bahkan mencoba kembali ke 4-2-3-1 dengan Lacazette di belakang striker, itu terjadi saat Arsenal melawan Molde dan Rapid Vienna.

Perubahan ini sebagian besar dipengaruhi oleh line up pemain yang yang tak sesuai dengan ekspektasi Arteta. Laki-laki Spanyol itu seperti tengah menunggu sistem yang benar-benar ingin dia mainkan.

Tapi sebagai pelatih klub apa adanya, Arteta harus menyesuaikan taktiknya dengan apa yang tersedia, Arteta harus melakukan lebih baik dengan pilihannya saat ini.

Penggemar Arsenal berharap dia mengetahui itu dengan cepat. Mereka tidak bisa menunggu sampai Arteta memiliki pemain yang dia inginkan untuk mulai mendapatkan hasil. Tim membutuhkan poin di papan klasemen.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network