Peringkat 40 Klub Terbesar Sepanjang Sejarah Sepak Bola Inggris

"Penilaiannya berdasar jumlah trofi, komposisi pemain, sebaran fans dan lain-lain. Arsenal hanya ada di nomor 4. Siapa nomor 1?"

Feature | 08 December 2020, 00:00
Peringkat 40 Klub Terbesar Sepanjang Sejarah Sepak Bola Inggris

Libero.id - Jika kita uji coba untuk melempar pertanyaan, kira-kira siapakah klub sepak bola terbesar, terbaik dan ter ter lainnya sepanjang sejarah kompetisi di Inggris, maka sudah dapat dipastikan jawaban atas pertanyaan itu akan selalu memecah belah pendapat.

Ini adalah topik yang pada akhirnya tidak akan pernah disetujui oleh para penggemar.

Sebab Manchester United pasti akan membanggakan capaian 20 gelar mereka dan Liverpool yang membuntuti dari belakang dengan 19 gelar pasti tak mau kalah, meskipun keberuntungan kedua belah pihak selama beberapa tahun terakhir relatif berbeda.

Lain daripada itu, empat gelar Manchester City dalam delapan tahun terakhir tidak boleh juga diabaikan, begitu pula dengan kesuksesan bersejarah klub seperti Arsenal.

Meskipun tidak ada cara untuk membuktikan secara pasti siapa tim terbesar, satu hal yang akan disetujui oleh sebagian besar pendukung adalah bahwa ada sejumlah faktor yang harus dipertimbangkan, termasuk jumlah trofi klub, ukuran basis penggemar, dan saat ini status yang disematkan pada klub.

Faktor penilaian lainnya yang tak kalah penting adalah trofi yang dimenangkan dalam 20 tahun terakhir, rata-rata penyelesaian liga, kualitas pemain, dan pendapatan komersial.

Atas dasar itulah, situs olahraga The Athletic telah menyusun daftar 40 klub teratas di Inggris yang masuk dalam kategori klub terbesar. Mari kita lihat klasemen mereka :

Dua Puluh Besar

1. Manchester United
2. Liverpool
3. Chelsea
4. Arsenal
5. Manchester City
6. Tottenham
7. Newcastle
8. Everton (Bersama)
9. Wolverhampton (Bersama)
10. Aston Villa

11. Leicester City
12. West Bromwich Albion
13. Leeds United
14. Sunderland
15. West Ham United
16. Burnley
17. Sheffield United
18. Blackburn Rovers
19. Birmingham City
20. Southampton

Posisi Manchester United sebagai klub terbesar di negeri ini sulit untuk diperdebatkan. Terlepas dari reputasi buruk mereka pasca-Ferguson, Manchester United tetap menempati peringkat teratas untuk trofi yang dimenangkan dalam 20 tahun terakhir, pendapatan komersial, dan tentu saja ukuran basis penggemar mereka yang dikenal punya loyalitas yang tinggi.

Liverpool berada di belakang Manchester United, berkat kualitas pemain yang mereka miliki saat ini, poin tambahan lainnya didapatkan dari  rata-rata klasemen liga per akhir musim.

Sementara itu Arsenal dan Chelsea juga masuk dalam urutan 5 besar, karena sejarah mereka yang panjang. Di sisi lain, tertahan dengan hanya memenangkan satu Piala Liga sejak pergantian milenium, tetapi mereka mendapatkan rasa hormat yang cukup karena kualitas pemain seperti Harry Kane dan Son Heung-min, dan cara mereka dalam menyelesaikan kompetisi.

Empat Puluh Besar

21. Middlesbrough
22. Stoke City
23. Sheffield Wednesday (Bersama)
24. Nottingham Forest (Bersama)
23. Derby County (Gabungan)
26. Norwich City
27. Huddersfield
28. Portsmouth
29. Fulham
30. Crystal Palace

31. QPR
32. Cardiff
33. Brighton
34. Charlton
35. Bristol City
36. Watford
37. Preston
38. Millwall
39. Coventry
40. Hull City

Sejumlah klub seperti salah satunya Huddersfield, yang masa kejayaannya sudah lama berlalu, tetap saja tak bisa dilupakan dalam catatan sejarah, sebab mereka pernah dinobatkan sebagai juara tiga kali berturut-turut antara tahun 1924-1926, karena itu mereka pantas untuk mendapatkan pujian yang adil.

Sementara itu daftar yang berada di bawahnya cukup terbantu karena faktor komposisi pemain dan jumlah fans yang mulai berkembang.

Siapa klub terbesar Liga Inggris?

Berdasarkan daftar yang telah disusun di atas, maka jelaslah sudah bahwa klub terbesar dalam pengertian unggul terhadap beberapa kategori penilaian seperti jumlah trofi, komposisi pemain, sebaran fans dan lain seterusnya, jatuh pada Manchester United, dan 5 besar dihuni oleh klub-klub yang memang tak lagi asing : Liverpool, Arsenal, Chelsea, Manchester City, dan lain seterusnya.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network