16 Derby di Inggris yang Menggunakan Nama Jalan, Termasuk Liverpool vs Man City

"Biasanya, derby menggunakan nama kota atau tempat populer di daerah tersebut. Tapi 16 derby di Inggris ini memilih pakai nama jalan. Unik."

Feature | 11 January 2021, 01:00
16 Derby di Inggris yang Menggunakan Nama Jalan, Termasuk Liverpool vs Man City

Libero.id - Biasanya, derby menggunakan nama kota atau tempat populer di daerah tersebut. Contohnya Derby London Utara atau Derby della Madonnina. Tapi, di Inggris ada banyak derby yang menggunakan nama jalan.

Istilah "derby" kemungkinan berasal dari "The Derby". Itu merupakan pacuan kuda di Inggris, yang didirikan oleh Earl of Derby XIX pada 1780. Teori lain melibatkan "Shrovetide football". Itu adalah olahraga sejenis sepakbola menggunakan semacam bola besi yang dimainkan di sebuah kota di Inggris bernama Derby.

Ada lagi teori yang menyebut bahwa sejak awal 1840, "derby" telah digunakan sebagai kata benda dalam Bahasa Inggris untuk menunjukkan segala jenis kontes olahraga.

Entah dari mana asalnya, yang jelas derby telah menjadi kata yang mendunia yang di Spanyol dikenal sebagai "el clasico" atau "le classique" di Prancis. Persaingan tidak selalu berasal dari pembagian suatu wilayah. Permusuhan dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti dalam kasus El Clásico di La Liga, yang memiliki latar belakang perbedaan budaya dan politik secara historis.

Di dunia ada banyak derby. Mayoritas menggunakan nama wilayah, baik kota, provinsi, negara bagian, negara, hingga benua. Ada yang juga nama tempat yang ikonik di daerah tersebut.

Tapi, di Inggris terdapat banyak derby yang menggunakan nama jalan raya. Penamaan itu diambil karena tim tersebut bukan berasal dari daerah yang sama. Untuk mencapai tempat pertandingan, mereka harus melewati rute tersebut. Dan, karena sejarah pertandingan mereka yang panas, publik memberikan label "derby".

Berikut ini 16 derby dengan nama jalan raya di Inggris:

1. A420 Derby (Oxford United vs Swindon Town)

Libero.id

Oxford United vs Swindon Town. Kredit: oufc.co.uk

Oxford terletak di Southwest dan Swindon di Southeast. Kedua klub terpisah jarak 30 mil. Untuk menuju ke Oxford maupun Swindon, para pemain dan suporter harus melewati jalan raya berkode A420. Label derby diberikan sejak 1982 ketika para pendukung kedua klub saling lempar bom asap di stadion.


2. M1 Derby (Luton Town vs Watford)

Luton dan Watford telah menjadi rival sejak pembentukan masing-masing klub pada akhir abad 19.  Luton berasal dari Bedfordshire, dan Watford dari Hertfordshire, sehingga pertandingan antara kedua tim kadang-kadang disebut "Beds-Herts Derby". Tapi, "M1 Derby" jauh lebih sering digunakan media karena M1 Motorway melewati kedua klub. 

Derby ini pertama kali berlangsung pada 5 Desember 1885 ketika Watford mengalahkan Luton 1-0. Pertemuan terakhir pada 26 September 2020 dengan Watford kembali unggul 1-0. Jika ditotal, mereka sudah bertemu 119 kali dengan 53 menang 29 imbang 37 kalah untuk Luton.


3. M4 Derby (Reading vs Swindon Town)

Sebelum bangkrut pada 1992, Aldershot Town adalah saingan terbesar Reading. Lalu, fans mulai mencari musuh baru. Hasilnya, Reading menjadikan Oxford United dan Swindon Town rival. Persaingan mereka disebut sebagai "Didcot Triangle". Tapi, persaingan Oxford dan Swindon lebih kuat daripada dengan Reading karena perbedaan kasta.

Pada 2012, sebuah survei kecil menunjukkan bahwa saingan utama Reading adalah Aldershot, diikuti Swindon dan Oxford. Media menjuluki Reading vs Swindon sebagai M4 Derby karena M4 merupakan jalur yang benar untuk menuju lokasi pertandingan.


4. M11 Derby (Bishop's Stortford vs Harlow Town)

Rivalitas sepakbola di Inggris tidak hanya tercipta di klub-klub kasta atas. Di kompetisi bawah juga terdapat sejumlah derby panas. Contohnya, M11 Derby yang mempertemukan Bishop's Stortford dengan Harlow Town. Mereka bermain di Isthmian League. Itu kompetisi level 7-8.


5. A5 Derby (Nuneaton Town vs Tamworth)

Nuneaton berasal dari  Warwickshire dan Tamworth dari Staffordshire. Keduanya bermain di Southern League. Itu adalah kompetisi level 7. Meski di kasta bawah, rivalitas kedua klub dikenal sebagai A5 Derby. A5 biasanya dikenal sebagai London-Holyhead Trunk Road. Itu merupakan jalan utama di Inggris dan Wales yang berjarak 406 km dan melewati kandang Nuneaton dan Tamworth.


6. A500 Derby (Crewe Alexandra vs Port Vale)

A500 adalah jalan utama Staffordshire dan Cheshire. Ini adalah jalur ganda yang menghubungkan Nantwich dengan Stoke-on-Trent. Jalan ini juga dikenal secara lokal sebagai D-Road (D merupakan angka Romawi yang mewakili 500). Sebelum mencapai ujung A500 ke arah Nantwich terdapat Crewe dan ke arah Stoke terdapat Burslem (kota tempat Port Vale bermarkas). Akibatnya, rivalitas kedua klub disebut sebagai A500 Derby.


7. M69 Derby (Coventry City vs Leicester City)

Sebelum, Coventry City vs Leicester City dikenal sebagai A46 Derby. Namanya diambil dari jalan raya yang menghubungkan kedua kota, yang jaraknya hanya 38 km. Tapi, rivalitas itu tidak sepanas saat Coventry dengan Aston Villa atau Leicester melawan Nottingham Forest.

Persaingan juga telah menurun dalam beberapa tahun terakhir karena keberadaan Leicester di Liga Premier dan Coventry di Championship Division. Apalagi, The Foxes sempat menjuarai kompetisi kasta tertinggi Inggris.


8. A62 Derby (Huddersfield Town vs Oldham Athletic)

Ini adalah nama derby antara Huddersfield Town dengan Oldham Athletic. Kedua klub dipisahkan jarak 15 mil dan terletak dekat dengan jalan raya M62 yang melintasi Pennines di Yorkshire serta Lancashire sehingga rivalitas mereka sering disebut sebagai "War of the Roses". Sebelum bergabung ke M62, suporter kedua klub harus lewat A62 terlebih dulu.

Pertandingan pertama Huddersfield dan Oldham pada musim 1920/1921. Oldham membutuhkan waktu hingga 20 April 1974 untuk mencatatkan kemenangan pertama atas Huddersfield. Skornya 6-0. Sementara rekor penonton terbanyak tercatat 30.607 orang pada 9 Januari 1932 saat 1-1 di Putaran III Piala FA.


9. A627 Derby (Oldham Athletic vs Rochdale)

A627 adalah jalan raya yang membentang antara Chadderton dan Rochdale di Greater Manchester, Inggris. Panjangnya, 5,6 km dan menghubungkan kedua kota ini ke M62. Di jalur itulah para pemain Oldham dan Rochdale harus melewatinya sebelum bertanding.


10. M62 Derby (Liverpool vs Manchester City)

Libero.id

Liverpool dan Manchester City. Kredit: premierleague.com

Selama ini orang hanya mengenal North-West Derby yang mempertemukan Liverpool dengan Manchester United. Sangat jarang yang membicarakan M62 Derby. Padahal, itu pertandingan yang tidak kalah panas dengan North-West Derby karena mempertemukan Liverpool dengan Manchester City.

Sama seperti Liverpool melawan MU, Liverpool kontra Man City juga harus melewati jalan raya berkode M62. Itu adalah jalan sepanjang 172 km yang membentang dari barat ke timur di Inggris Utara. Jalan itu menghubungkan Liverpool dengan Hull melalui Manchester dan Leeds.

Untuk membedakan dengan North-West Derby, pers Inggris memberi atribut M62 Derby untuk pertandingan yang melibatkan The Reds dengan The Citizens. Meski laga pertama digelar pada 1 Januari 1896 dengan kemenangan Liverpool 3-1, rivalitas mereka justru panas setelah 2010 dengan puncaknya saat Juergen Klopp dan Pep Guardiola menjadi pelatih.

Pada 2013/2014, Man City mengalahkan Liverpool untuk meraih gelar Liga Premier dengan hanya berselisih 2 poin yang tercipta pada laga  terakhir. Lalu, pada final Piala Liga 2015/2016, Man City mengalahkan Liverpool melalui adu penalti.

Pada musim 2018/2019, Man City kembali memenangkan gelar pada hari terakhir, dengan koleksi 98 poin. Man City  meninggalkan Liverpool di posisi 2 dengan selisih 1 poin. Liverpool baru membalasnya musim 2019/2020 setelah mencatat 99 poin untuk unggul 18 poin di atas Man City (runner-up).


11. A4 Derby (Bath City vs Chippenham Town)

Bath berasal dari Somerset dan Chippenham dari Wiltshire. Mereka bermain di National League (level 6) dan berasal dari selatan Inggris. Untuk mencapai stadion, mereka harus melewati jalan raya A4. Itu jalan utama dari London ke Avonmouth melalui Bandara Heathrow, Reading, Bath, dan Bristol.


12. A27 Derby (Bognor Regis Town vs Whitehawk)

Ini adalah derby di Isthmian League (level 8) dari klub asal West Sussex dan  East Sussex. Kedua klub dihubungkan oleh jalan raya A27. Itu adalah jalan utama yang dimulai dari persimpangannya A36 di Whiteparish (dekat Salisbury) di daerah Wiltshire melewati West Sussex dan berakhir di East Sussex.


13. A259 Derby (Peacehaven & Telscombe vs Newhaven)

Ini adalah pertandingan di Southern Combination Football League. Itu kompetisi level 9-11 di Inggris Selatan di East Sussex. Kedua klub level kecamatan itu dipisahkan jalan raya berkode A259. Itu merupakan jalan di pantai selatan Inggris yang melewati Hampshire, West Sussex, East Sussex, dan Kent.


14. A23-M23 Derby (Brighton and Hove Albion vs Crystal Palace)

Libero.id

Brighton and Hove Albion vs Crystal Palace. Kredit: cpfc.co.uk

Persaingan Brighton and Hove Albion dengan Crystal Palace disebut sebagai A23-M23 Derby. Julukan tersebut berasal dari jalan biasa A23 dan jalan raya M23 antara Sussex dan London Selatan. Sementara A23 memang menghubungkan Brighton ke Croydon, tempat stadion kandang Palace berada. M23 tidak langsung terhubung ke salah satu lokasi, melainkan berada di antara M25 dan Crawley.

Persaingan tidak muncul secara serius sampai akhir 1970-an, ketika kedua tim, di bawah bimbingan pelatih muda yang ambisius, bangkit dari Divisi III ke Divisi I. Pelatih Palace saat ini, Roy Hodgson, sempat menyatakan tidak ingat ada persaingan Brighton-Palace pada 1950 hingga 1960-an.

Faktanya, A23-M23 Derby baru populer pada 1970 hingga 1980-an. Saat itu, hooligans kedua kubu sering bentrok di stadion. Pemicunya sepele. Suporter Palace meneriakan "eagles" (elang) kepada pendukung Brighton sebagai sindiran terhadap logo lama klub yang berupa ikan lumba-lumba. Eagles adalah logo dan julukan Palace.

Kesal dengan ejekan Palace, suporter Brighton membalas dengan meneriakkan "seagulls" (burung camar). Menurut mitos di Inggris, burung camar adalah lawan tangguh elang di udara. Akibatnya, manajemen memutuskan mengubah logo klub dari ikan lumba-lumba ke burung camar. Begitu pula julukannya dari The Dolphins menjadi The Seagulls.


15. A13 Derby (Leyton Orient vs Southend United)

Libero.id

Kredit: Southendunited.co.uk

Saat ini kedua klub bermain di League Two (Divisi IV). Leyton berasal dari London Timur, sementara Southend di Essex. Untuk mencapai kedua stadion, pemain dan suporter harus melewati jalan A13. Itu adalah jalan raya utama yang menghubungkan pusat London dengan London Timur dan Essex Selatan.


16. A61 Derby (Chesterfield vs Sheffield United atau Sheffield Wednesday)

Libero.id

Kredit: sufc.co.uk

Ini adalah derby yang unik. Jika biasanya derby hanya diberikan untuk satu pertandingan, maka A61 Derby adalah julukan untuk dua pertarungan sekaligus, yang melibatkan Chesterfield dengan dua tim asal Sheffield (Sheffield United dan Sheffield Wednesday).

Untuk menuju ke lokasi pertandingan, mereka harus melewati jalan berkode A61. itu merupakan jalan utama utama yang menghubungkan Derby dan Thirsk di Yorkshire Utara melalui Alfreton, Clay Cross, Chesterfield, Sheffield, Barnsley, Wakefield, Leeds, Harrogate, dan Ripon. Jalan ini paralel dengan jalan raya M1 antara Derby dan Leeds.Dari Chesterfield ke Sheffield hanya membutuhkan waktu 23 menit melewati A61 untuk perjalanan sejauh 12,5 mil.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

    Artikel Pilihan


    Daun Media Network