10 Pemain dengan Harga Pasar Termahal pada Saat Mereka Pensiun

"Pada usia senja mereka masih bernilai tinggi. Zidane di peringkat 2, Nedved di peringkat 7."

Feature | 24 January 2021, 05:42
10 Pemain dengan Harga Pasar Termahal pada Saat Mereka Pensiun

Libero.id - Nilai pasar seorang pemain pada dasarnya adalah berapa biaya yang bisa dikeluarkan klub untuk membeli pemain tertentu dan itu juga berlaku pada titik waktu tertentu. Berbagai faktor memengaruhi nilai pasar pemain, beberapa di antaranya adalah usia pemain, kualitas pemain, dan sisa panjang kontrak pemain di klub.

Faktor penting lainnya yang mampu mempengaruhi nilai pasar pemain adalah keadaan pasar itu sendiri. Secara alami, beberapa faktor ini bersifat dinamis dan terus berubah, sehingga menyebabkan nilai pasar pemain berfluktuasi sepanjang karier pemain.

Nilai pasar pemain sering kali lebih rendah menjelang akhir karier mereka, terutama karena usia seiring dengan performa yang menurun, kontrak yang habis masa berlakunya, dll.

Jadi tanpa basa-basi lagi, mari kita beralih ke topik utama, dimana dalam daftar di bawah ini memuat 10 pesepakbola dengan nilai pasar tertinggi pada saat mereka pensiun. Disusun berdasarkan data dari Transfermarkt :

10. Martin Laursen - 8,00 juta Euro

Libero.id

Kredit: transfermarkt.co.uk

Martin Laursen terakhir bermain untuk Aston Villa dan menjadi kapten. Ia pensiun pada Mei 2009 padahal usianya pada saat itu baru 31 tahun, dan nilai pasarnya saat itu diperkirakan 8 juta Euro. Bek tengah asal Denmark ini pernah bermain untuk Silkeborg, Hellas Verona, Parma, AC Milan dan Aston Villa.

9. Ignazio Abate - 8 juta Euro

Ignazio Abate telah memainkan lebih dari 300 pertandingan untuk AC Milan. Dikenal karena kecepatannya yang luar biasa, Ignazio Abate menghabiskan seluruh kariernya dengan bermain untuk klub-klub Italia. Abate memainkan pertandingan terakhirnya untuk Milan pada Mei 2019 dan pensiun pada November 2020 .Pada saat pensiun nilai pasarnya adalah 8 juta Euro.

8. Dean Ashton - 8,5 juta Euro

Libero.id

Kredit: whufc.com

Dean Ashton bermain sebagai penyerang untuk Crewe Alexandra di berbagai divisi sepak bola Inggris sebelum bermain di Liga Premier untuk Norwich City dan West Ham United. Dia memainkan lebih dari 240 pertandingan dan mencetak lebih dari 85 gol dalam karier klubnya.

Dean Ashton terakhir kali bermain untuk West Ham United pada 2008 dan pensiun pada tahun berikutnya padahal usianya baru 26 saat itu. Ashton membuat satu penampilan untuk timnas Inggris pada tahun 2008. Pada saat pensiun, nilai pasarnya adalah 8,5 juta Euro.

7. Pavel Nedved - 9 juta Euro

Libero.id

Kredit: juventus.com

Pavel Nedved memenangkan Ballon d'Or pada tahun 2003 setelah menjadi kapten Juventus ketika mereka mencapai final trofi Liga Champions UEFA, meski akhirnya finis sebagai runner-up.

Nedved memainkan lebih dari 500 pertandingan dalam karier klubnya, 327 di antaranya datang untuk Juventus dalam 8 musim. Dia memenangkan Serie A dua kali bersama Juventus dan merupakan salah satu pemain terpenting. Nedved juga mewakili Republik Ceko sebanyak 91 kali.

Dia membuat penampilan terakhirnya pada Maret 2009 dan pensiun pada musim panas itu dengan nilai pasar 9 juta Euro.

6. Willy Sagnol - 9,5 juta Euro

Libero.id

Kredit: fifa.com

Willy Sagnol bermain sebagai bek untuk Saint-Etienne dan Monaco di Prancis sebelum pindah ke Bayern Munich pada tahun 2000. Dia kemudian bermain dalam 8 musim untuk klub Bavaria tersebut, memenangkan 12 trofi utama termasuk 5 gelar Bundesliga dan 1 trofi Liga Champions UEFA. Dia juga mewakili Prancis 58 kali.

Sagnol berada di Bayern Munich hingga 2009 tetapi tidak memainkan satu pertandingan pun pada musim 2008-09 karena cedera. Dia diyakini telah pensiun pada awal 2009 dalam usia 31. Nilai pasarnya saat itu 9,5 juta Euro.

5. Javier Saviola - 10 juta Euro

Javier Saviola bermain sebagai penyerang untuk sejumlah klub termasuk dua raksasa Spanyol, Barcelona dan Real Madrid, dan ia membuat lebih dari 500 penampilan.

Saviola bermain untuk Barcelona selama 4 musim sebelum pindah ke Real Madrid pada tahun 2007 dan memenangkan gelar La Liga bersama Los Blancos musim itu.

Saviola terakhir bermain untuk River Plate pada 2015 dan diyakini telah pensiun pada Januari 2016, pada usia 34, dengan nilai pasar saat itu diperkirakan 10 juta Euro.

4. Marcelinho Paraiba - 10 juta Euro

Mercelinho Paraiba bermain untuk lebih dari 20 klub. Tugas terpanjangnya adalah bersama Hertha BSC di Bundesliga, di mana dia bermain dari 2001 hingga 2006. Selama waktunya di Jerman, dia secara luas dipuji sebagai salah satu playmaker terbaik di liga.

Dia terakhir bermain sebagai pesepakbola profesional untuk Treze pada Desember 2020. Nilai pasarnya saat itu adalah 10 juta Euro. Marcelinho Paraiba saat ini menjadi manajer Treze.

3. Philipp Lahm - 11 juta Euro

Libero.id

Kredit: fcbayern.com

Philipp Lahm menghabiskan sebagian besar kariernya di Bayern Munich. Sebagai produk akademi muda klub, Lahm mulai bermain secara reguler untuk raksasa Jerman itu pada 2005 dan mulai menjadi kapten klub pada Januari 2011.

Ia memenangkan 21 trofi utama bersama Bayern, termasuk 8 gelar Bundesliga dan 1 gelar Liga Champions UEFA.

Lahm juga merupakan andalan timnas Jerman dengan 113 kali bermain dan menjadi kapten tim ketika Piala Dunia FIFA 2010. Di bawah kepemimpinannya, Jerman mencapai semifinal UEFA Euro 2012 dan memenangkan Piala Dunia FIFA 2014. Ketika dia pensiun, Lahm bernilai 11 juta Euro.

2. Zinedine Zidane - 12,5 juta Euro

Libero.id

Kredit: realmadrid.com

Sebelum Zinedine Zidane menjadi salah satu pelatih paling sukses di dunia, dia adalah salah satu pesepakbola terhebat yang pernah dilihat dalam cabang olahraga ini.

Zidane pernah bermain untuk Cannes, Bordeaux, Juventus dan Real Madrid, dan ia membangun statusnya sebagai seorang legenda di klub terakhir.

Dia membuat lebih dari 600 penampilan dan memenangkan 13 trofi utama.
Dia pensiun pada tahun 2006 (pada usia 34) setelah kepalanya menanduk Marco Materazzi di final Piala Dunia FIFA 2006,
Pada saat pensiun, nilai pasar Zidane diperkirakan 12,5 juta Euro.

1. Andre Schurrle - 20 juta Euro

Andre Schurrle bermain untuk beberapa klub Inggris dan Jerman selama kariernya termasuk Chelsea, Fulham, Borussia Dortmund dan Bayer Leverkusen. Dia membuat lebih dari 370 penampilan. Di level negara, Schurrle merupakan bagian dari tim pemenang Piala Dunia FIFA 2014.

Schurrle juga memenangkan Liga Premier bersama Chelsea pada musim 2014-15. Pada Juli 2020, Schurrle dan Borussia Dortmund sepakat untuk mengakhiri kontraknya dan dia mengumumkan keputusannya untuk pensiun pada usia yang masih sangat muda yakni 29 tahun. Nilai pasarnya saat itu diyakini mencapai 20 juta Euro.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network