Selamat Ulang Tahun!

10 Bek Paling Banyak Bikin Gol Sepanjang Sejarah

"Ternyata Sergio Ramos hanya ada di peringkat keenam. Bukan yang pertama."

Feature | 03 April 2021, 06:00
10 Bek Paling Banyak Bikin Gol Sepanjang Sejarah

Libero.id - Mari ucapkan selamat ulang tahun ke-35 pada Sergio Ramos. Bek andalan dan calon legenda hidup Real Madrid itu baru saja merayakan hari dimana dia bertambah usia. Ramos lahir di daerah Camas pada 30 Maret 1986

Namun terlepas dari usianya yang tak lagi muda, Ramos dinilai masih menjadi salah satu bek tengah terbaik dunia---jika bukan yang terbaik.

Mula-mula Ramos mengawali karier di Sevilla, lalu pada 2005 dia pindah ke Bernabeu, itu artinya Ramos telah menghabiskan 16 tahun dalam balutan seragam dengan logo klub yang sama.

Selama waktu itu, pemain yang setia di posisi bek ini sudah mencetak 101 gol yang luar biasa, hanya dalam 670 penampilan. Dengan begitu tidak diragukan lagi bahwa Ramos adalah salah satu bek dengan jumlah gol yang tak bisa dibilang sedikit.

Namun kenyataannya angka itu tak cukup membuatnya untuk berada di posisi teratas sebagai bek paling produktif dalam hal mencetak gol. Lantas bek mana yang paling banyak mencetak gol dalam sejarah sepak bola?

Mari kita telusuri, daftarnya ada di bawah ini :

10. Franz Beckenbauer (109 gol)

Libero.id

Kredit: instagram.com/franzbeckenbauer

Salah satu pemain terhebat sepanjang masa, Franz Beckenbauer mencetak total 109 gol selama 19 tahun kariernya yang termasyhur. Termasuk 14 gol saat dirinya membela timnas Jerman Barat. Beckenbauer menghabiskan sebagian besar kariernya bersama Bayern Munich.

9. Roberto Carlos (113 gol)

Legenda Brasil ini mencetak beberapa gol ajaib selama kariernya, termasuk tendangan bebasnya yang seolah menantang hukum fisika saat melawan Prancis pada Tournoi de France 1997. Total pemilik kepala pelontos ini telah mencetak 113 gol dan kebanyakan untuk Real Madrid.

8. Paul Breitner (113 gol)

Salah satu dari hanya empat pemain yang mencetak gol di dua edisi final Piala Dunia berbeda, dialah Paul Breitner, nama legendaris yang pernah membuat berdecak kagum publik sepak bola terutama Jerman .Dia mencetak 103 gol klub (kebanyakan untuk Bayern Munich) ditambah 10 untuk negaranya.

7. Steve Bruce (113 gol)

Melihat Steve Bruce di tempat ketujuh dalam daftar ini mungkin mengejutkan banyak pihak. Sebab meskipun bek terkenal, nyatanya Bruce tidak pernah memenangkan satu trofi pun selama kariernya.

Tapi dia adalah bek tengah yang produktif. Dia mencetak total 51 gol untuk Manchester United , termasuk 19 gol yang luar biasa di semua kompetisi selama kampanye musim 1990-91.

6. Sergio Ramos (128 gol)

Libero.id

Kredit: instagram.com/sergioramos

Sergio Ramos yang baru saja berulang tahun masih bisa membayangkan dirinya naik sedikit lebih jauh ke daftar ini sebelum akhirnya dia mengakhiri kariernya yang gemerlap. Bek asal Spanyol itu mencetak gol ke-101 di Real Madrid saat menang 3-1 atas Atalanta di Liga Champions awal bulan ini.

Dan tahun-tahunnya masih panjang. Dan dia tidak menunjukkan kelambatan.

5. Graham Alexander (130 gol)

Salah satu pengambil penalti terbaik sepak bola Inggris yang pernah ada, ya banyak gol Graham Alexander datang dari titik penalti.

Meski begitu, mantan pemain Skotlandia itu juga menyumbang gol yang cukup banyak dari permainan terbuka. Sebagai bek kanan yang handal, sayangnya Alexander tak melakukan hal serupa di negaranya, meski punya kesempatan 40 kali. Tak satupun bola yang dia jebloskan ke gawang lawan saat membela negaranya

 
4. Laurent Blanc (153 gol)

Ini adalah salah satu statistik paling gila dalam sepak bola: Laurent Blanc adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa Montpellier dengan 84 gol. Sayangnya Blanc kurang produktif dengan delapan klub lain yang pernah dia bela - termasuk Barcelona dan Manchester United - tetapi secara total Blanc mengakhiri kariernya dengan 153 gol, dan itu yang sangat mengesankan.

3. Fernando Hierro (163 gol)

Bek dengan skor tertinggi ketiga sepanjang masa adalah mantan bek tengah Real Madrid dan Spanyol Fernando Hierro. Pemain asal Spanyol itu mencetak lebih dari 100 gol untuk Los Blancos, ditambah 29 untuk negaranya. Dia juga mencetak satu gol untuk Bolton Wanderers di akhir kariernya.

2. Daniel Passarella (175 gol)

Dia merupakan bek tengah kelas dunia, Daniel Passarella adalah kapten tim Argentina yang menjuarai Piala Dunia 1978. Dia mencetak 22 gol untuk negaranya, sementara yang lainnya sebagian besar dicetak untuk River Plate dan Fiorentina.

1. Ronald Koeman (253 gol)

Libero.id

Kredit: instagram.com/ronaldkoeman

Siapa sangka nama ini bertengger di posisi paling atas. Dia adalah Ronald Koeman, mantan pemain Barcelona yang saat ini menjadi juru taktik untuk klub itu.

Koeman menggemas 253 gol luar biasa atas namanya.

Koeman mencetak 26 gol dalam satu musim untuk PSV selama kampanye 1987-88. Dia kemudian mencetak dua digit gol demi gol di masing-masing dari enam musimnya sebagai pemain Barça, yang totalnya 239 gol, Koeman juga mencetak 14 gol untuk timnas Belanda.




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=uZiDnSmspvE

Artikel Pilihan