10 Pelatih Muda, Siapa Terbaik di Dunia Saat Ini?

"Xabi Alonso dipercaya bakal bersinar suatu saat nanti."

Feature | 03 June 2021, 20:05
10 Pelatih Muda, Siapa Terbaik di Dunia Saat Ini?

Libero.id -
Libero.id – Karier di dunia sepakbola bukan hanya tentang 11 orang yang berlaga di lapangan hijau. Lebih jauh dari itu, terdapat seorang pelatih yang tidak kalah populer mendapatkan sorotan dalam hal progres kariernya.

Pelatih sepakbola terkadang lahir dari mantan pesepakbola profesional. Sebagian di antara mereka dikenal sebagai pelatih yang sukses dan punya karier tidak kalah bersinar dibandingkan saat mereka menjadi pemain pro.

Sebut saja Xabi Alonso, seorang yang dikenal sebagai pesepakbola cerdas, berbakat, dan selalu diandalkan di tim. Namun, terdapat satu hal menarik dari mantan gelandang Bayern Muenchen, Liverpool, dan Real Madrid tersebut.

Alonso ternyata sangat cerdas dan memiliki pemahaman sangat dalam terkait strategi. Dia mengetahui betul bagaimana cara meracik performa tim agar selalu tampil maksimal. Karena itu, tidak mengherankan apabila Alonso membawa kecerdasan itu ke dalam dunia kepelatihan dengan pencapaian sangat mengesankan.

Alonso, berusia 39 tahun, memang dianggap sebagai pemula. Walau begitu, dirinya sudah tercatat dalam sejarah sebagai pelatih yang cukup andal. Alonso membimbing tim Real Sociedad B kembali ke kasta kedua sepakbola Spanyol untuk pertama kalinya dalam 50 tahun. 

Mantan gelandang elite dunia tersebut telah membangun tim muda Sociedad menjadi lebih dinamis hanya dalam tempo dua musim. Kesuksesannya tidak luput dari kemampuan Alonso memahami timnya dengan baik.

Kemampuan itu pula yang membuatnya menjadi kandidat favorit untuk menggantikan Marco Rose sebagai pelatih Borussia Monchengladbach. Pemain yang sukses membawa Spanyol sebagai pemenang Piala Dunia 2010 tersebut dilaporkan membuat kesan yang baik dalam wawancara kerja, tepatnya saat mempresentasikan visi luar biasa untuk The Foals.

Namun, beberapa laporan mengklaim Alonso memutuskan tidak mengambil alih kursi kepelatihan di Gladbach. Dia justru menandatangani kontrak baru dengan Real Sociedad.

Selain dikaitkan bersama Gladbach, Alonso juga sempat dikabarkan mendapat tawaran menangani Real Madrid. Namun, posisi pelatih kepala akhirnya dipegang Carlo Ancelotti.

Alonso dipercaya bakal menjadi pelatih hebat, apalagi dirinya pernah ditangani pelatih berkualitas seperti Carlo Ancelotti, Jose Mourinho, hingga Rafael Benitez.

Capaian awal yang begitu mengesankan menjadi bukti tak terbantahkan kapasitas Alonso dalam hal kemampuan manajerialnya. Hanya masalah waktu sampai mantan gelandang itu mendapatkan pekerjaan puncak di suatu tempat. Dia mungkin membidik lebih tinggi kesempatan melatih selain Gladbach.

Bayern, misalnya. Tim penguasa Bundesliga itu bisa jadi tujuan Alonso di masa depan. "Saya pikir kami harus berusaha membawa Xabi Alonso kembali ke Bayern. Saya akan terus menunggu kesempatan," kata Ketua Bayern, Karl-Heinz Rummenigge dalam sebuah wawancara dua tahun lalu. “Dia adalah pemain luar biasa, dapat berbicara empat bahasa, bahkan bahasa Jermannya sangat lancar. Dia adalah potret kepribadian hebat yang nyata. Saya ingin dia kembali ke Bayern suatu hari nanti, dia adalah pria sejati.”

Alonso dapat mengikuti jejak seperti Rose, Julian Nagelsmann, Roberto de Zerbi, hingga Ruben Amorim. Nama terakhir layak masuk hitungan, karena pelatih muda berusia 36 tahun itu memimpin Sporting CP meraih gelar liga pertama mereka dalam hampir 20 tahun musim ini.

Alonso tampaknya akan menjadikan namanya sebagai salah satu yang terbaik. Dia sepertinya menunggu kesempatan tepat dan menunjukkan kesabaran setelah menolak sejumlah tawaran menggiurkan.

Itu berkaca dari sejumlah klub besar yang mengambil risiko dengan menunjuk mantan pemain, meski terbukti tak memiliki performa apik belakangan ini. Sebut saja Mikel Arteta, Ole Gunnar Solskjaer, dan Frank Lampard di Liga Premier.

Alonso memang belum teruji di level atas sebagai pelatih, namun dia cukup sukses membuktikan awal yang sangat baik di divisi bawah Liga Spanyol. Itu menjadi debut sukses karier kepelatihannya.

Ujian sesungguhnya Alonso akan datang ketika mengambil langkah besar menjadi pelatih level elite. Itu akan terwujud ketika dirinya memilih menangani tim papan atas suatu saat nanti.

 
Daftar 10 Pelatih Muda Terbaik di Dunia Saat Ini

1. Julian Nagelsmann

2. Marco Rose

3. Ruben Amorim

4. Roberto de Zerbi

5. Steven Gerrard

6. Diego Martinez

7. Xabi Alonso

8. Raul Gonzalez

9. Gerardo Seoane

10. Mikel Arteta

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network