Daftar Atlet dengan Medali Terbanyak di Olimpiade, Ada yang Dapat 28 Medali

"Tidak ada satupun yang dari Indonesia atau Asia Tenggara."

Feature | 23 July 2021, 14:42
Daftar Atlet dengan Medali Terbanyak di Olimpiade, Ada yang Dapat 28 Medali

Libero.id - Olimpiade Tokyo 2021 yang telah lama ditunggu-tunggu, akhirnya berlangsung juga, beberapa cabang olahraga seperti sepak bola telah digelar, namun secara resmi kompetisi akan  dimulai pada hari Jumat ini (23/7).

Atlet dari seluruh dunia akan berusaha untuk menuliskan nama mereka dengan tinta emas dalam catatan sejarah Olimpiade. Dalam kaitannya dengan hal itu. Di sini, kita melihat atlet mana yang paling banyak memenangkan medali dalam sejarah Olimpiade.

Olympian (sebutan untuk atlet yang mengikuti kompetisi) paling sukses sepanjang masa ternyata datang dari cabang olahraga renang, ia adalah perenang Amerika Serikat, Michael Phelps, yang mengumpulkan 28 medali, yang masing-masing terdiri dari : 23 medali emas, 3 perak, dan 2 perunggu.

Medali-medali itu Phelps kumpulkan dari olimpiade satu ke olimpiade berikutnya.

6 medali emas dan 2 medali perunggu di Athena 2004, kemudian Phelps menyapu bersih 8 medali emas di Beijing empat tahun kemudian.

Di London 2012 ia menambahkan 4 medali emas dan 2 medali perak, sebelum mengakhiri kariernya di Olimpiade dengan 5 medali emas dan 1 medali perak di Rio de Janeiro pada 2016 .

Larisa Latynina: Olympian wanita paling sukses

Tepat di belakang Phelps dalam daftar Olympian paling sukses sepanjang masa adalah pesenam Soviet, Larisa Latynina , yang mengumpulkan 18 medalinya antara tahun 1956 dan 1964, dan itu berarti ia adalah Olympian wanita paling sukses sepanjang masa.

Di Melbourne 1956 ia memenangkan 4 medali pertamanya dari 9 medali emasnya, 1 dari 5 medali peraknya, dan yang pertama dari 4 medali perunggu.

Kemudian Latynina menambahkan kesuksesan ini di Roma empat tahun kemudian, dengan 3 medali emas, 2 medali perak dan 1 medali perunggu, sebelum memenangkan 2 medali emas, 2 medali perak dan 2 medali perunggu di Tokyo pada tahun 1964.

Berikutnya, tempat ketiga dalam klasemen sepanjang masa kita akan melihat dua atlet hebat Olimpiade dengan masing-masing mengumpulkan 15 medali: adalah pemain ski Norwegia Marit Bjorgen dan pesenam Soviet Nikolay Andrianov .

Di tempat keempat, ada empat atlet yang masing-masing memiliki 13 medali: pemain ski Norwegia Ole Einar Bjorndalen , pesenam Soviet Boris Shaklin, pesenam Italia Edoardo Mangiarotti, dan pesenam Jepang Takashi Ono .

Lalu di tempat kelima, sembilan atlet masing-masing memiliki 12 medali: atlet Finlandia Paavo Nurmi ; Pendayung Jerman Birgit Fischer-Smith ; Pemain ski Norwegia Bjorn Daehlie ; pesenam Jepang Sawao Kato ; Perenang Amerika Serikat Jennifer Thompson, Ryan Lochte, Dara Torres dan Nathalie Coughlin dan pesenam Rusia Aleksey Nemov .

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network