5 Momen Bersejarah dalam Karier Lionel Messi

"Hanya Messi seorang yang mampu melakukan semua ini. Hormat."

Feature | 28 July 2021, 14:49
5 Momen Bersejarah dalam Karier Lionel Messi

Libero.id - Lionel Messi adalah bakat hebat yang hanya muncul sekali dalam satu generasi dan dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah ada yang sulit untuk mencari gantinya.

Messi memiliki karier yang sangat baik untuk Barcelona tapi sedikit agak beda di level timnas Argentina, itu anggapan umum orang-orang. Meski baru-baru ini Messi menepis anggapan kedua, dengan memberikan Argentina trofi Copa America.

Namun tetap saja, nama Messi lebih terkenang di Barcelona. Selama hampir dua dekade bergabung dengan Blaugrana, La Pulga  telah mengumpulkan hampir seribu kontribusi gol (672 gol, 305 assist) dalam 778 pertandingan di semua kompetisi untuk klub, memenangkan sepuluh gelar La Liga dan dua treble kontinental. 

Messi  telah menciptakan banyak momen yang tak terlupakan di lapangan. Pada catatan itu, mari kita lihat 5 momen bersejarah dalam karier pemain Lionel Messi ;


5. Mencetak Hat-trick ke Gawang Real Madrid (2007)

Lionel Messi mengumumkan dirinya di panggung besar dengan hat-trick yang menakjubkan melawan musuh bebuyutan Barcelona, ​​Real Madrid dalam pertandingan La Liga pada tahun 2007.

Dua kali Real Madrid mencetak gol, dan dua kali Messi menyamakan kedudukan  saat babak pertama yang hingar-bingar berakhir dengan bai, meskipun Barcelona kehilangan satu pemain. Real Madrid memanfaatkan keunggulan jumlah mereka untuk memimpin untuk ketiga kalinya dalam pertandingan. 

Tapi Messi lagi-lagi muncul sebagai monster. Ronaldinho memberikan umpan melewati jantung pertahanan Real Madrid  kepada Messi, Messi membuat dua bek tengah Madrid terpuruk di lapangan sebelum melepaskan sepakan datar melewati Iker Casillas - semuanya dalam sekejap mata.

Untuk ketiga penyelesaiannya, Messi menunjukkan ketenangan, mengabaikan usianya yang saat itu baru 19 tahun. Ia sekarang telah mengumpulkan lebih dari 50 hat-trick untuk klub dan negara, tetapi yang satu ini akan tetap istimewa.

4.  Pemain Pertama yang Mencetak 5 gol dalam Satu Laga Liga Champions (2012)

Setelah menang 3-1 di leg pertama tandang, satu kaki Barcelona asuhan Lionel Messi melaju ke perempat final Liga Champions 2011-12 ketika Bayer Leverkusen tiba di Camp Nou. Namun, sedikit yang bisa dibayangkan para pengunjung apa yang akan menimpa mereka malam itu.

Messi membuka skor pada menit ke-25 dengan melakukan lob kepada Bernd Leno setelah  menerima umpan indah dari Xavi. 
Beberapa saat kemudian, Messi menggandakan keunggulan timnya dengan penyelesaian kaki kiri yang khas, kali ini menerima umpan dari Andres Iniesta. 

Lalu ketika Cesc Fabregas mengangkat bola melewati pertahanan tim tamu, Messi mencungkil Leno untuk kedua kalinya pada malam itu untuk melengkapi hat-tricknya. 

Tapi pemain Argentina itu belum selesai untuk malam itu. Messi mencetak dua gol lagi, yang kedua tendangan melengkung yang mewah, untuk menjadi pemain pertama yang mencetak lima gol dalam satu pertandingan Liga Champions.  Penghinaan itu lengkap untuk Leverkusen, yang kalah 1-7 pada malam itu dan agregat 2-10.


3. Gol Sundulan vs Manchester United di Final Liga Champions (2009)

Lionel Messi telah mencetak banyak gol luar biasa selama kariernya yang termasyhur. Namun golnya melawan juara bertahan Manchester United di final Liga Champions 2009 di Roma tetap menjadi gol yang spesial.

Memimpin 1-0 setelah gol awal Samuel Eto'o, Barcelona harus menunggu hingga menit ke-70 untuk membuat skor berubah lagi. Xavi mengirim umpan silang ke tiang jauh, di mana Messi melompat dengan sangat indah, i menyundul bola dan melewati Edwin Van der Sar yang putus asa.

Tidak mungkin pemain Argentina bertubuh kecil itu bisa mengalahkan dua lawan tangguh dalam duel udara, namun Messi melakukan hal itu.

Messi menyebut momen itu sebagai gol 'terbaik' dalam kariernya ketika dia berkata:

“Saya tidak melihat gol untuk keindahannya, tetapi pentingnya. Gol terbaik dalam karier saya adalah sundulan di final Liga Champions." ungkap Messi.

2. Pemain Pertama Meraih 4 Ballon d'Or Berturut-turut (2012)

Dari 2009 hingga 2012, Lionel Messi adalah pemain terbaik di planet ini, ia memenangkan penghargaan Ballon d'Or yang didambakan selama empat tahun berturut-turut. Untuk menempatkan pencapaian itu ke dalam konteks, hanya orang Prancis Michel Platini yang pernah meraih Ballon d'Or tiga kali berturut-turut, dari tahun 1983 hingga 1985. Pada tahun 2012, ia mencetak rekor 91 gol di semua kompetisi untuk klub dan negara. 

1. Gekar Pertama di Timnas Senior Argentina (2021)

Lionel Messi mengakhiri penantian panjang untuk trofi internasional perdananya bersama Argentina ketika La Albiceleste menang dengan satu gol di final Copa America 2021 melawan Brasil. Sebelumnya, Messi berakhir di pihak yang kalah dalam empat final turnamen besar berturut-turut - tiga kali di Copa America (2007, 2015-16) dan sekali di Piala Dunia FIFA (2014) - bersama Argentina.

Spesialnya lagi, Messi mencetak empat gol dan lima assist dalam turnamen itu. Kebetulan, itu terjadi tepat lima tahun setelah saingan beratnya Cristiano Ronaldo memenangkan gelar besar pertamanya - Euro 2016 bersama Portugal.

Padahal kalau boleh adil pada Olimpiade 2008, Messi juga menghantarkan Argentina juara ketika itu mengalahkan  Nigeria.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network