Alasan Peraih Medali Emas China ini bakal Menghadapi Penyelidikan

"Memang menggunakan badge Mao Zedong dilarang."

Berita | 04 August 2021, 17:55
Alasan Peraih Medali Emas China ini bakal Menghadapi Penyelidikan

Libero.id - Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengatakan sedang menyelidiki dua atlet sepeda China yang mengenakan lencana, khususnya badge yang menampilkan gambar mantan pemimpin China, Mao Zedong, selama upacara pengalungan medali.

Seorang juru bicara mengatakan IOC telah menghubungi Komite Olimpiade China untuk laporan tentang insiden tersebut. Pasangan - Bao Shanju dan Zhong Tianshi – terlihat mengenakan badge itu setelah memenangkan sprint putri pada Senin (2/8/2021).

Gerakan seperti itu berpotensi melanggar aturan Olimpiade yang melarang pernyataan politik. Pasal 50 Piagam Olimpiade mengatakan "tidak ada jenis demonstrasi atau propaganda politik, agama atau rasial yang diizinkan di situs, venue, atau area Olimpiade mana pun".

Aturan dilonggarkan bulan lalu untuk memungkinkan para atlet "mengekspresikan pandangan mereka" sebelum dan sesudah bertanding, membuka jalan bagi para atlet untuk berlutut untuk menyoroti rasisme tanpa menghadapi sanksi.

Tapi, larangan tetap ada saat gerakan atau pernyataan selama kompetisi atau pada upacara medali.
Mao Zedong memerintah China dengan tangan besi dari 1949 hingga kematiannya pada 1976. Dia bertanggung jawab atas salah satu bencana kemanusiaan terbesar dalam sejarah ketika kampanye Lompatan Jauh ke Depan, yang bertujuan untuk memodernisasi pertanian dan industri China, menyebabkan kelaparan yang meluas dan kematian mencapai 45 juta orang.

Ditanya tentang atlet sepeda China, juru bicara IOC Mark Adams mengatakan komite sedang "meneliti masalah ini".

Miliaran lencana Ketua Mao diproduksi di China pada 1960-an. Mereka dibuat dalam volume yang sangat besar, sehingga akhirnya pembuatannya harus dibatasi karena menelan persediaan logam yang berharga.

Mereka dikenakan selama Revolusi Kebudayaan untuk menunjukkan kesetiaan kepada Mao, tetapi tetap menjadi hal yang biasa sampai sekarang.

Pemimpin China saat ini, Xi Jinping, telah berusaha untuk menampilkan citra Mao, mengenakan setelan abu-abu yang dipopulerkan oleh Mao di sebuah acara yang menandai seratus tahun berdirinya partai tersebut.

IOC juga sedang menyelidiki aksi atlet tolak peluru Amerika Serikat, Raven Saunders, menyilangkan tangannya menjadi bentuk X saat mengumpulkan medali perak.

Saunders, yang berkulit hitam, mengatakan sikapnya adalah "persimpangan tempat semua orang yang tertindas bertemu".

IOC telah meminta tim AS untuk rincian lebih lanjut. Saunders mendapat dukungan luas atas tindakannya, termasuk dari penyelenggara Olimpiade AS, sesuatu yang menurut IOC akan diperhitungkan.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network