10 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Liga Premier, Lampard Nomor 5

"Tinggal satu pemain yang masih aktif merumput di Liga Premier."

Feature | 11 August 2021, 17:40
10 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Liga Premier, Lampard Nomor 5

Libero.id - Sejak pertama kali Liga Premier ditampilkan oleh Inggris untuk dunia sepakbola, telah hadir sederet striker top yang dilahirkan. Tetapi, siapa yang paling banyak mencetak gol di salah satu kompetisi terbaik tersebut?

Banyak pihak menilai Harry Kane dan Sergio Aguero adalah nama-nama terbaru yang menduduki puncak daftar pencetak gol terbanyak di Liga Premier, tetapi bagaimana jika yang dibandingkan adalah pemain di sepanjang sejarah Liga Premier. Apakah Kane dan Aguero menjadi yang terdepan?

Setelah kick-off perdana pada 1992, Liga Premier telah menjadi salah satu divisi paling elit dengan kualitas kompetisi paling kompetitif di Eropa. Kualitas tersebut semakin luar biasa dan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Berikut adalah 10 pencetak gol terbanyak dalam sejarah Liga Premier dan statistik di balik setiap pemainnya:

(Harap dicatat bahwa catatan ini diambil sebelum pertandingan Liga Premier 2021/2022 dan kami akan terus memperbarui halaman ini sepanjang musim)

10. Michael Owen - 150 gol

Ini kasus yang mungkin terjadi pada Michael Owen. 150 gol adalah total yang sangat bagus, cukup untuk memasukkannya ke dalam daftar. Tetapi, dia bisa saja mencetak lebih banyak gol jika bukan karena cedera serius dan pindah ke Real Madrid.

Pada hari itu dia adalah pencetak gol yang sangat baik, musim terbaiknya di Liga Premier datang pada 2001/2002, di mana dia mencetak 19 gol dalam 29 pertandingan. Dia mencapai angka ganda dalam kompetisi hanya dalam waktu sembilan musim, yang merupakan bukti bagaimana konsistennya seorang Owen ketika dia dalam kondisi fit.

9. Jermain Defoe - 162 gol

Seorang pria dari banyak klub, yang pada usia 38 masih terlibat dalam permainan di tingkat tinggi setelah memenangkan Liga Utama Skotlandia dengan Rangers musim lalu. Defoe layak mendapat pujian karena berhasil mencapai angka ganda di Liga Premier dengan tiga klub berbeda, seperti West Ham, Tottenham, dan Sunderland selama 15 tahun.

Musim terbaik Defoe di Premier League adalah pada musim 2015/2016, di mana dia mencetak 15 gol dalam 22 pertandingan untuk Sunderland. Defoe mungkin bukan nama terbesar dalam daftar tersebut, tetapi konsistensinya yang luar biasa dalam jangka waktu lama patut diapresiasi. Dia layak mendapat tempatnya dalam daftar 10 pencetak gol terbanyak.

8. Robbie Fowler - 163 gol

Fenomena Liverpool lainnya, mirip dengan Michael Owen. Fowler membuat tanda di tahun-tahun awal Liga Premier. Pada awal kariernya, dia mencetak 25 gol di musim 1994/1995, dan lebih baik daripada 28 gol musim kemudian.

Fowler tidak pernah berhasil mencetak 20 gol dalam satu musim Liga Premier lagi, meskipun dia berhasil menyumbangkan angka ganda di Leeds dan Manchester City. Ini menjadi hari-hari awal Fowler yang paling diingat, ketika gol-golnya bersinar di liga.

7. Harry Kane - 167 gol

Satu-satunya pemain dalam daftar yang belum pensiun. Itu menunjukkan betapa konsistennya Kane untuk Tottenham ketika pada usia 28 tahun dia adalah pencetak gol terbanyak ketujuh dalam sejarah Liga Premier. Kane telah mencapai dua kali lipat jumlah golnya hanya dalam tujuh musim terakhir Liga Premier. Total jumlah tertingginya datang di musim 2017/2018, di mana dia mencetak 30 gol.

Kane bisa menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah Liga Premier jika dia bisa tetap bugar, karena kecakapan mencetak gol sepertinya tidak berhenti seiring bertambahnya usia. Mungkin, hanya cedera atau pindah ke luar negeri yang bisa menghentikan Kane menjadi pemain top baru dalam daftar pencetak gol.

6. Thierry Henry - 175 gol

Seorang ikon Arsenal, Thierry Henry adalah bagian penting dari salah satu tim Liga Premier paling legendaris sepanjang masa. Arsenal tak terkalahkan musim 2003/2004. Tidak mengherankan karena musim itu adalah momen liga terbaiknya bersama The Gunners. Henry mencetak 30 gol saat Arsenal menyelesaikan penampilan liga tak terkalahkan.

Henry tidak berhenti mencetak gol setelah musim tak terkalahkan, dan dia sukses mencetak 25 dan 27 gol dalam dua musim berikutnya. Segera setelah itu, waktunya yang luar biasa di Arsenal berakhir ketika dia pindah ke Barcelona, tetapi Henry kembali secara emosional ke klub di musim 2011/2012. Dia mencetak satu gol dalam dalam empat pertandingan.

5. Frank Lampard - 177 gol

Satu-satunya gelandang yang ada dalam daftar, Lampard memulai kariernya di West Ham walau hari-hari terbaiknya saat membela Chelsea. Dia adalah anggota kunci dari tim asuhan Jose Mourinho yang mendominasi permainan Inggris pada pertengahan 2000-an, memenangkan dua gelar liga dan sejumlah trofi.

Lampard mencetak dua kali lipat lebih banyak dari jumlah golnya di Liga Premier dalam 10 musim berturut-turut yang luar biasa, dengan musim terbaiknya terjadi pada musim 2009/2010. Dia mencetak 22 gol sekaligus membantu The Blues meraih gelar liga. Lampard bisa dianggap sebagai gelandang terbaik dalam sejarah Liga Premier. Dengan rekornya, sulit untuk membantah pencapaian besar seorang Lampard.

4. Sergio Aguero - 184 gol

Waktu Aguero di Manchester City berakhir musim panas ini. Sang striker tidak hanya menjadi salah satu pencetak gol terbaik Man City, tetapi juga salah satu yang terbaik di Liga Premier.

Kecakapan gol Aguero mungkin telah berkurang di musim terakhirnya bersama klub, karena dia hanya mencetak empat gol di liga. Tetapi, sebelumnya dia adalah mesin gol. Aguero mencetak lebih dari 20 gol di Liga Inggris dalam enam dari 10 musimnya di klub.

Kampanye terbaiknya adalah pada 2014/2015. Pemain asal Argentina itu sukses mencetak 26 gol. Tidak peduli siapa yang direkrut Pep Guardiola untuk menggantikan Aguero, Kun akan menjadi sosok yang sangat sulit digantikan.

3. Andrew Cole - 187 gol

Seorang pemain yang rekor golnya mungkin sedikit dilupakan karena masa kejayaannya lebih dari 20 tahun yang lalu. Cole layak untuk dikenang tidak hanya karena perannya dalam peraih treble Manchester United 1999, tetapi juga seberapa baik penampilannya untuk Newcastle asuhan Kevin Keegan.

Di musim pertamanya di Premier League, Cole mencetak 34 gol untuk Newcastle. Sampai akhirnya dia pindah ke Old Trafford. Dia juga berhasil mencetak gol dengan jumlah dua digit untuk Manchester United (selama lima musim berturut-turut) dan masing-masing sekali untuk Blackburn dan Fulham. Harus diakui bahwa dia adalah pencetak gol yang sangat konsisten.

2. Wayne Rooney - 208 gol

Statistik Wayne Rooney selama waktunya di Manchester United benar-benar sesuatu untuk dilihat. Dia mencapai angka ganda di Liga Premier 11 musim berturut-turut, dan berhasil mencetak 10 gol di liga ketika dia kembali ke Everton.

Meskipun karier Liga Premier Rooney dimulai dan berakhir di Everton. Rooney akan tetap dikenang di MU, apalagi golnya membantu klub yang berbasis di Old Trafford itu memenangkan lima gelar liga. Musim terbaiknya datang pada 2011/2012. Dia mencetak 27 gol. Ironisnya, dalam satu tahun United tidak dinobatkan sebagai juara.

Kecemerlangan Rooney sebagai pencetak gol patut dikenang selama bertahun-tahun yang akan datang. Konsistensi seperti itu sangat sulit untuk ditandingi. Dari pemain saat ini, mungkin hanya Harry Kane yang mendekati.

1. Alan Shearer - 260 gol

Alan Shearer lebih dikenal sebagai cendekiawan akhir-akhir ini, tetapi di tahun-tahun awal Liga Premier dia adalah striker paling top yang tak terbantahkan jika itu soal mencetak gol. Fakta dia memimpin daftar pencetak gol terbanyak dengan lebih dari 250 gol menunjukkan betapa mematikannya seorang Alan Shearer.

Dalam empat musim Liga Premier bersama Blackburn, dia mencetak 30 gol di tiga kesempatan. Dia memamerkan jumlah golnya yang luar biasa itu saat bertugas di Newcastle, di mana dia berhasil mencetak lebih dari 20 gol selama empat musim berturut-turut. Jika bukan karena cedera, Shearer bisa saja menjadi pemain Liga Inggris pertama yang sukses mencetak 300 gol.

(muhammad alkautsar/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network