Selamat Ulang Tahun!

10 Pesepakbola dengan Kekayaan Bersih Tertinggi di Dunia Tahun ini

"Peringkat teratas bukan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi."

Feature | 25 August 2021, 00:10
10 Pesepakbola dengan Kekayaan Bersih Tertinggi di Dunia Tahun ini

Libero.id - Sepakbola tidak habis-habisnya menciptakan cerita, bahkan sebagian di antaranya terukir menjadi sejarah yang tak terlupakan sepanjang masa. Sepakbola bukan hanya tentang gol. Lebih jauh dari itu, sepakbola adalah tentang karier, cita-cita, dan gaya hidup.

Salah satu yang menarik untuk dikulik dari sepakbola adalah tentang gaya hidup mewah para superstar yang terlibat di dalamnya. Upah bernominal fantastis yang diberikan kepada pemain elite membuat mereka menjadi Sultan (sebutan untuk orang kaya raya).

Sebagian di antara pesepakbola terkaya di dunia memiliki total kekayaan senilai lebih dari USD 200 juta atau setara dengan lebih dari Rp 2,8 triliun. Tidak hanya itu, mereka juga piawai dalam berinvestasi hingga memiliki puluhan aset bernilai jutaan dolar.

Selain mendapatkan upah reguler yang besar di klub masing-masing, pesepakbola juga berkontribusi terhadap kekayaan bersih mereka secara keseluruhan melalui investasi, real estate, dan kesepakatan komersial bersama sponsor. Selain itu, beberapa dari mereka terjun ke bisnis di dalam dan di luar dunia sepakbola.

Sepanjang tahun lalu, banyak pesepakbola mengalami keuntungan dan kerugian dalam kekayaan bersih mereka. Namun, beberapa nama top dunia sepakbola seperti Neymar, Messi, dan Ronaldo adalah nama besar yang pasti masuk dalam daftar ini. Namun, siapakah sebenarnya yang paling kaya di antara mereka?

Berdasarkan data real time yang dikutip dari celebritynetworth.com, berikut adalah daftar 10 pesepakbola dengan kekayaan bersih tertinggi di dunia tahun ini. Masihkah Neymar, Messi, dan Ronaldo menjadi yang teratas? Berikut ulasannya.

10 Foto Estelle Bergkamp, Anak Dennis Bergkamp Pacar Pemain Cadangan MU

10 Foto Estelle Bergkamp, Anak Dennis Bergkamp Pacar Pemain Cadangan MU

10. Thierry Henry – USD 130 juta (Rp 1,8 triliun)

Thierry Henry tidak diragukan lagi merupakan salah satu pesepakbola terhebat yang pernah menghiasi kompetisi Liga Premier. Pria berpaspor Prancis itu menikmati delapan tahun yang tak terlupakan bersama Arsenal di London Utara.

Selain memenangkan penghargaan Sepatu Emas Liga Premier terbanyak (4 kali), Henry juga merupakan anggota berpengaruh dari tim 'tak terkalahkan' Arsenal pada musim 2003/2004.

Sementara karier bermainnya yang termasyhur tidak memerlukan pengenalan, tidak banyak orang yang menyadari keuntungan yang dicapai oleh Henry di luar olahraga. Meskipun dia pensiun pada 2014, legenda Arsenal itu secara substansial memperoleh keuntungan dalam kekayaan bersihnya secara keseluruhan.

Henry adalah salah satu atlet paling berharga di dunia selama puncaknya. Terbukti, dari dukungan dan sponsor yang dia daftarkan, merek olahraga besar seperti Nike, Reebok, dan Puma semuanya mendukung Henry pada tahap tertentu. Dia juga muncul di sampul video game populer seperti FIFA dan PES, sekaligus menjadi brand ambassador untuk headphone Gillette dan Beats.

Henry saat ini adalah asisten pelatih Belgia dan sedang bekerja untuk menikmati karier yang lebih panjang dalam manajemen sepakbola.

9. Gareth Bale – USD 145 juta (Rp 2 triliun)

Gareth Bale menyaksikan peningkatan kekayaan bersihnya dibandingkan tahun lalu. Namun, bintang Real Madrid itu harus turun ke urutan kesembilan dari tempat kedelapan karena keuntungan signifikan yang dibuat oleh superstar sepakbola lain dalam daftar ini.

Meskipun mengalami penurunan performa di lapangan dalam beberapa tahun terakhir, Bale masih mengantongi gaji besar dan memiliki beberapa kontrak komersial dengan sponsor ternama dunia. Dengan demikian, pemain berpaspor Wales tersebut terus menambah kekayaan bersihnya.

Berdasarkan laporan finansial para superstar sepakbola dunia, Bale saat ini menghasilkan setidaknya sekitar USD 33 juta atau senilai dengan Rp 475 miliar per tahun dalam bentuk upah di Real Madrid. Sang penyerang kebanggaan Wales juga telah mendapatkan banyak uang dengan menjadi brand ambassador Adidas, Lucozade, EA Sports, dan BT Sport. Dia juga menghasilkan banyak uang melalui Instagram, di mana dia menerima USD 185.000 (Rp 2,6 miliar) sekali publish di Instagram pribadinya.

Bale, yang telah memenangkan tiga gelar Liga Champions berturut-turut bersama Madrid kini bekerja untuk menghidupkan kembali bentuk terbaiknya di Bernabeu di bawah asuhan Carlo Ancelotti.

8. Ronaldo Luis Nazario de Lima – USD 160 juta (Rp 2,3 triliun)

Tidak banyak orang yang akan melupakan kegembiraan mutlak menyaksikan Ronaldo di masa jayanya. Legenda Brasil itu dianggap sebagai pemain terbaik di dunia selama tahun-tahun puncaknya dan memenangkan Ballon d'Or dua kali.

Ronaldo juga memecahkan rekor biaya transfer dua kali saat pindah ke Barcelona dan Inter di awal kariernya. Begitu dia muncul ke panggung dengan kualitas yang tak terbantahkan, Nike dengan cepat mengontrak Ronaldo. Striker itu menyetujui kontrak 10 tahun dan kesepakatan dukungan seumur hidup dengan merek produk olahraga ternama tersebut. Kerja sama mereka ditaksir bernilai sekitar USD 180 juta atau setara dengan Rp 2,5 triliun.

Ronaldo juga muncul dalam iklan untuk Snickers dan Pirelli dan dia terus mendapatkan pendapatan yang signifikan dari merek-merek ternama tersebut. Meskipun cedera merusak peluangnya untuk naik kelas menjadi pesepakbola yang lebih tinggi, mantan bintang Real Madrid itu akhirnya meninggalkan jejaknya di dunia sepakbola.

Beberapa tahun yang lalu, tepatnya pada 2018, Ronaldo mengakuisisi kepemilikan mayoritas klub Spanyol, Real Valladolid. Meski klub tersebut terdegradasi dari La Liga musim lalu, pemain asal Brasil itu tetap mengabdikan diri untuk membangun tim yang kuat di sana.

7. Wayne Rooney – USD 170 juta (Rp 2,47 triliun)

Superstar sepakbola berkebangsaan Inggris, Wayne Rooney, adalah pahlawan di Manchester United. Setelah pindah ke Old Trafford dari klub masa kecil, Everton, pada 2004, Rooney mencapai ketinggian yang tak tertandingi bersama Setan Merah.

Selain memenangkan 16 trofi, termasuk lima gelar Liga Inggris dan Liga Champions bersama MU, Rooney juga menjadi pencetak gol terbanyak klub sepanjang masa.

Setelah meninggalkan MU, Rooney memutuskan untuk berkarier di MLS dan dilaporkan menerima gaji USD 30 juta atau senilai dengan Rp 432 miliar. Selama bertahun-tahun, Rooney telah dipercaya menjadi bintang iklan beberapa merek produk ternama seperti Nike, Nokia, Coca-Cola, dan Ford.

Selain itu, Rooney juga telah melakukan investasi profesionalnya di dunia real estate. Dia memiliki properti di AS dan Barbados. Sejak mengakhiri karier bermainnya, Rooney telah pindah ke karier manajerial. Dia saat ini bertanggung jawab atas klub Championship, Derby County.

6. Zlatan Ibrahimovic – USD 190 juta (Rp 2,7 triliun)

Tidak dapat disangkal Zlatan Ibrahimovic adalah superstar sepakbola global yang sangat sensasional. Pemain asal Swedia itu telah menikmati karier yang gemilang, mewakili beberapa klub terbesar di Eropa selama bertahun-tahun.

Meskipun dia sering blak-blakan dan keras kepala, Ibrahimovic telah mengumpulkan banyak aset dengan bakatnya di lapangan. Antara 2004 dan 2014, sang striker adalah atlet resmi Nike Mercurial. Karena itu, Ibrahimovic mempromosikan merek tersebut secara ekstensif dan menerima jumlah yang besar sebagai bagian dari kesepakatan dukungan.

Namun, sejak meluncurkan merek pakaian olahraga resminya bernama AZ pada 2016, Ibrahimovic belum menandatangani kesepakatan untuk menjadi duta merek lain semacam itu.

Pencetak gol terbanyak Swedia sepanjang masa itu terus muncul dalam iklan minuman olahraga Nivea, Xbox, dan Vitamin Well. Baru-baru ini, Ibrahimovic juga mempromosikan mobil Volvo. Dia muncul di beberapa iklan televisi untuk produsen mobil yang berbasis di Swedia tersebut.

Pada usia 39 tahun, Ibrahimovic saat ini berpenghasilan tertinggi di AC Milan dan memiliki satu tahun tersisa di kontraknya dengan klub asal Kota Mode.

5. Neymar – USD 200 juta (Rp 2,8 triliun)

Neymar dengan mudah menjadi salah satu pesepakbola paling laku di dunia saat ini. Pemain Brasil itu telah menjadi poster boy of endorsement sejak kemunculannya yang meroket di Santos.

Selain mengantongi gaji besar di Paris Saint-Germain, Neymar baru-baru ini bergabung dengan apparel raksasa asal Jerman, Puma, sebagai duta global mereka. Selanjutnya, penyerang itu juga telah mempromosikan merek-merek seperti Panasonic, Volkswagen, Claro, Unilever, dan Santander.

Neymar dilaporkan telah memperoleh USD 40 juta murni dari endorse selama empat tahun terakhir. Setelah setuju untuk memperpanjang kontraknya dengan PSG hingga 2025, dia berhak mendapatkan nilai lebih di masa depan.

Mempertimbangkan reuni dengan Lionel Messi musim panas ini, Neymar juga bisa berada dalam kampanye yang tak terlupakan di lapangan.

4. David Beckham – USD 450 juta (Rp 6,4 triliun)

Tidak banyak pesepakbola yang berhasil membangun aura bintang yang sangat kuat dan sukses membangun brand pribadinya mendunia seperti David Beckham. Legenda Manchester United itu tetap menjadi salah satu ikon global terbesar di dunia sepakbola, bahkan setelah pensiun.

Sementara prestasinya di lapangan menunjukkan kemampuannya dengan bola di kakinya, kehidupan Beckham di luar sepak bola adalah contoh ideal bagi siapa pun dalam hal manajemen aset.

Orang Inggris itu, bersama istrinya Victoria, telah membangun daya tarik global dan nilai merek yang besar. Pada puncaknya, Beckham dengan mudah menjadi pesepakbola paling dicari di dunia endorsement dengan klien seperti Pepsi, Calvin Klein, Adidas, dan Gillette.

Diperkirakan dia juga memperoleh setidaknya USD 255 juta atau senilai dengan Rp 3,6 triliun sebagai bagian dari akumulasi total upahnya selama menjadi pesepakbola professional. Ditambah dengan dukungan dan lisensi selama enam musim dengan LA Galaxy di MLS. Beckham juga telah aktif terlibat dalam dunia bisnis real estate dan mengantongi keuntungan hampir USD 15 juta atau senilai dengan Rp 216 miliar ketika dia menjual rumahnya di Beverly Hills pada 2018. Dia baru-baru ini mengakuisisi properti yang diyakini bernilai hampir USD 60 juta (Rp 864 miliar) di Inggris dan luar negeri.

Beckham juga memiliki tim MLS bernama Inter Miami, dan juga menjadi pemilik sebagian Salford City dengan rekan setimnya di 'Class of 92' di Manchester United.

3. Cristiano Ronaldo – USD 500 juta (Rp 7,2 triliun)

Cristiano Ronaldo telah membawa standar baru untuk menjadi superstar sepakbola dunia sejak menjadi sorotan saat pindah ke Manchester United dari Sporting Lisbon. Pemain asal Portugal itu secara global dianggap sebagai salah satu pemain terhebat sepanjang masa dan tidak menunjukkan tanda-tanda melambat seiring bertambahnya usia.

Pada saat penulisan, Ronaldo telah memenangkan lima penghargaan Ballon d'Or dan merupakan pencetak gol terbanyak bersama (Ali Daei) sepanjang masa di sepakbola internasional. Bintang Juventus ini juga telah memenangkan Liga Champions pada lima kesempatan terpisah. Sementara juga mengangkat trofi Euro (2016) dan UEFA Nations League (2018) bersama Portugal.

Ronaldo juga menikmati kehidupan yang gemerlap di luar sepakbola. Dia pada dasarnya tidak pernah
jauh dari sorotan dan telah mendukung beberapa merek selama bertahun-tahun. Beberapa merek terkenal yang dia promosikan adalah Nike, Herbalife, dan Unilever.

Dilaporkan Ronaldo menyetujui kesepakatan seumur hidup dengan Nike pada 2016 senilai USD 1 miliar (Rp 14 triliun) dan menerima bonus penandatanganan sebesar USD 100 juta. Banyak orang percaya Ronaldo bisa segera memasuki daftar para Sultan yang memiliki kekayaan senilai USD 1 miliar dalam hal kekayaan bersih, apalagi mengingat profil bisnisnya sebagai bintang iklan berbagai merek ternama dan bisnis individunya yang mendunia.

2. Lionel Messi – USD 600 juta (Rp 8,6 triliun)

Lionel Messi telah menikmati keuntungan yang signifikan dalam kekayaan bersihnya selama 12 bulan terakhir. Pemain asal Argentina itu berada di urutan keempat dengan USD 400 juta atau senilai dengan Rp 5,7 triliun tahun lalu, tetapi dia telah melompat ke posisi kedua sekarang.

Selain menghasilkan hampir USD 40 juta atau setara dengan Rp 576 miliar per tahun setelah pajak atas kontrak barunya di PSG, Messi juga memiliki beberapa brand endorsement. Sejak 2006, Messi telah disponsori oleh Adidas. Dia adalah pendukung merek terkemuka dan memiliki perjanjian seumur hidup dengan produsen produk olahraga tersebut.

Messi juga muncul di sampul video game Pro Evolution Soccer selama tiga tahun berturut-turut dari 2009 hingga 2011, membantu pengembang dengan trailer dan juga merekam data gerakannya.

Setelah kepindahannya ke PSG, Messi bisa mendapatkan dukungan lebih lanjut dari sponsor yang terkait dengan klub. Dengan demikian, legenda hidup kebanggaan Argentina tersebut hanya perlu memperluas asetnya dari waktu ke waktu untuk menjadikannya semakin Sultan.

1. Faiq Bolkiah - USD20 miliar (Rp 288 triliun)

Karena garis keturunannya, Faiq Bolkiah terus menjadi pesepakbola dengan kekayaan bersih tertinggi di dunia. Faiq Bolkiah bahkan sudah berstatus Sultan sejak lahir. Pria berusia 23 tahun itu adalah putra Jefri Bolkiah, Pangeran Brunei, dan keponakan Hassanal Bolkiah, yang merupakan Sultan Brunei saat ini.

Kembali pada 2019, Bolkiah menandatangani kontrak satu tahun dengan akademi muda Southampton. Namun, sang gelandang gagal menembus tim utama di klub tersebut. Sejak meninggalkan The Saints, Bolkiah telah menjalankan tugas dengan tim muda di Arsenal dan Chelsea.

Dia menandatangani kontrak profesional pertamanya di Leicester City, di mana dia dikontrak hingga 2020. Setelah meninggalkan The Foxes tanpa tampil di level senior, Bolkiah bergabung dengan Maritimo dari Portugal dengan status bebas transfer.

Kapten tim nasional Brunei, Bolkiah, saat ini bermain untuk tim cadangan di Maritimo. Meskipun tidak menikmati kesuksesan terbaik dalam sepakbola profesional, status Bolkiah sebagai numero uno di antara pesepakbola dalam hal kekayaan bersih akan tetap tak terbantahkan untuk waktu yang lama.

(muhammad alkautsar/yul)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=3HhTsB9sW4g

Artikel Pilihan