Kisah Dibalik Batalnya Ronaldo ke Manchester City

Feature | 28 August 2021, 15:25
Kisah Dibalik Batalnya Ronaldo ke Manchester City

"Jalan panjang Ronaldo balik ke United. Penuh dengan intrik..."

Libero.id - Setelah tiga hari negosiasi dengan pihak Manchester City dan Juventus, agen Cristiano Ronaldo, Jorge Mendes, tidak menemukan kesepakatan dan pada Kamis sore (26/8), Mendes kemudian bergegas untuk  menjalin dan menyambut komunikasi dengan Manchester United dan melihat apakah mantan klub Ronaldo itu masih memiliki ketertarikan dengan pemain berusia 36 tahun itu.

Dan tak lama, masa depan Cristiano Ronaldo akhirnya diselesaikan dalam hitungan jam. Jum'at Sore (28/8) Ronaldo dinyatakan kembali ke Manchester United.

12 tahun lamanya publik menunggu momen ini.  Harus melewati segenap drama lebih dulu. Bisa dikatakan United beruntung karena kelihatannya Ronaldo sudah hampir pasti ke Manchester City.
Lalu bagaimana semua bisa berubah?

Ronaldo Isyaratkan  Tidak Ke Real Madrid atau Man City atau Perpanjang di Juventus 

Mendes secara informal mendekati beberapa klub besar Eropa termasuk Real Madrid, PSG, City dan Chelsea, tetapi mula-mula ia tidak menerima tawaran yang memungkinan untuk membawa pemainnya itu pindah. 

Meski diisukan bakal ke Real Madrid, Ronaldo sendiri bahkan merilis pernyataan dan mengkritik media Spanyol pada 18 Agustus setelah laporan memberitakan kembalinya sang bintang ke Madrid. “Kisah saya di Real Madrid telah tertulis. Sudah direkam. Dalam kata-kata dan angka, dalam piala dan gelar, dalam catatan dan berita utama,” tulisnya di Instagram.

10 Foto Bewar Abdullah, Pria yang Sangat Mirip Cristiano Ronaldo

10 Foto Bewar Abdullah, Pria yang Sangat Mirip Cristiano Ronaldo

Namun setelah Manchester City menyerah untuk gaet Harry Kane, situasinya tiba-tiba berubah, City tiba-tiba diberitakan mengincar Ronaldo sebagai pengganti Kane.

Namun ternyata tidak semua pihak City yakin dengan kebutuhan mendatangkan pemain berusia 36 tahun itu, Pep mungkin akan berpifik dua kali dan lebih memilih mendatangkan pemain muda potensial.

Ronaldo sendiri dalam beberapa kesempatan menyatakan bahwa hatinya masih tertambat untuk Manchester United.

Langkah Taktis Agen Cristiano Ronaldo

Wakil presiden Juventus, Pavel Nedved menepis laporan bahwa Ronaldo akan pergi dan bersikeras Ronaldo akan bertahan. “Kita tidak boleh mencoba untuk membuat cerita sensasional yang tidak ada,” kata mantan gelandang Republik Ceko. “Saya benar-benar dapat memastikan Ronaldo akan tetap di Juventus musim ini.”

Bagaimanapun, itu jauh dari kenyataan ketika Mendes melakukan strateginya agar pemain megabintang itu bisa keluar. 

Mendes melakukan pertemuan yang cukup tegang, dimana direktur olahraga Juventus, Federico Cherubini, tetap bersikeras menginginkan bayaran sekitar 30 juta euro / Rp .509 miliar untuk menyeimbangkan pembukuan mereka demi mematuhi aturan financial fair play.

Sementara itu, Mendes juga mulai bernegosiasi dengan City, yang masih bersikeras bahwa mereka hanya akan mengambil Ronaldo dengan status bebas transfer.

Namun, City yang juga telah membuat Raheem Sterling dan Bernardo Silva masuk etalase transfer, masih belum siap untuk mengajukan tawaran resmi setelah menolak proposal Juve untuk memasukkan Gabriel Jesus dalam kesepakatan itu. Ketika tidak ada kesepakatan yang dapat dicapai, pihak Ronaldo dikabarkan menerima telepon dari Old Trafford.

Dalam beberapa jam, langkah itu dipercepat berkat serangkaian bujukan  dari Sir Alex Ferguson, Bruno Fernandes dan Rio Ferdinand. United dan Mendes mencapai kesepakatan lisan mengenai persyaratan pribadi untuk kontrak dua tahun pada Kamis malam, mereka sudah mulai menegosiasikan biaya dengan Juventus.

Setelah menolak tawaran 12 juta euro / Rp. 204 miliar juve akhirnya menerima 15 juta euro / Rp.  254 miliar di muka serta bonus yang bisa mencapai 8 juta euro / Rp. 136 miliar dengan kemungkinan total menjadi 20 juta euro / Rp 340 miliar. 

Sementara itu, Ronaldo telah pergi ke tempat latihan Juventus, untuk mengemasi barang-barangnya dan memberi tahu Allegri dan rekan satu timnya bahwa dia akan pergi ke Manchester United.

(diaz alvioriki/gie)

  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Komentar

(500 Karakter Tersisa)

Foto

10 Foto Ada Hegerberg, Pemenang Ballon d'Or Wanita Pertama

Klasemen