Alasan di Balik Hengkangnya Ilaix Moriba Menuju RB Leipzig

"Cara terbaik Barcelona melepas pemain berbakat."

Analisis | 01 September 2021, 00:21
Alasan di Balik Hengkangnya Ilaix Moriba Menuju RB Leipzig

Libero.id - Di detik akhir penutupan bursa transfer musim panas ini, Barcelona menyetujui kesepakatan dengan RB Leipzig senilai 16 juta euro (Rp 268 milliar) untuk melepaskan Ilaix Moriba.

Nominal kesepakatan untuk pemain berusia 18 tahun itu masih bisa bertambah hingga menjadi 2 juta euro (Rp 368 miliar) plus tambahan bonus lainnya.

Klub raksasa Catalunya itu bergegas melepas anak muda itu setelah Moriba dan pihak manajemen El Barca gagal mencapai kesepakatan mengenai kontrak baru.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu akan segera terbang ke Jerman untuk menjalani pemeriksaan medis. Moriba akan menandatangani kontrak dengan durasi empat tahun dengan opsi tambahan kontrak satu tahun.

Moriba dianggap sebagai salah satu anak muda paling berbakat yang lulus dari produk akademi La Masia dalam beberapa tahun terakhir. Pemain yang rela membela tim nasional Guinea ketimbang Spanyol itu membuat 18 penampilan senior Barcelona.

Karena itu, kehilangan dia di awal kariernya yang masih muda akan menjadi pukulan yang signifikan setelah musim panas yang sulit bagi Barcelona. 

Namun, di sisi lain, Barcelona akan merasa tidak punya banyak pilihan selain menguangkan Moriba sekarang. Pilihan itu dianggap paling tepat karena sang pemain masih belum mau menandatangani kontrak baru.

Barcelona merasa agen Moriba menuntut gaji yang terlalu tinggi, meskipun Moriba telah menandatangani kontrak tiga tahun senilai 1 juta euro setahun pada 2019. Itu merupakan gaji tertinggi yang diberikan kepada pemain muda Barcelona.

Sebagai akibat dari perselisihan tersebut, Moriba dibekukan dari pertandingan pra-musim untuk tim utama dan Barca B. Fakta itu membuat jalan keluar bagi pemain kelahiran Guinea ini hampir tak terhindarkan.

Manchester City, Chelsea, dan bahkan rival besar Real Madrid dikaitkan dengan kepindahan anak muda berbakat itu.

Namun, Leipzig yang menunjukkan minat serius, meskipun tawaran awal mereka sebesar 8 juta (Rp 134 miliar) sempat ditolak Barcelona.

Leipzig sejak itu menjual gelandang Marcel Sabitzter ke Bayern Muenchen, sehingga kemungkinan akan membebaskan dana tambahan yang memungkinkan mereka mencapai kesepakatan dengan Barcelona.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network