Selamat Ulang Tahun!

Peringkat 5 Momen Transfer Window Paling Ikonik dalam Sejarah

"Masih ingat ketika Luis Figo membelot ke Real Madrid dan Neymar ke PSG dengan biaya tal lazim?"

Analisis | 04 September 2021, 02:14
Peringkat 5 Momen Transfer Window Paling Ikonik dalam Sejarah

Libero.id - Dari musim ke musim setiap klub pasti berharap ada perbaikan dan sesuatu yang meningkat. Dan klub manapun punya kesempatan yang sama untuk mengubah segala sesuatunya itu pada saat bursa transfer tiba.

Dalam satu musim ada dua kali bursa transfer. Di liga-liga Eropa bursa transfer biasanya berlangsung dari Juni hingga Agustus dan diteruskan pada Januari tahun berikutnya. Kita biasa menyebut itu dengan istilah transfer musim panas dan dingin.

Tentu ada banyak peristiwa terjadi sepanjang itu. Dalam pada itu, kami telah melihat kembali bursa transfer paling seru dan ikonik dalam satu dekade belakangan :

5. Musim Panas Tahun 2000

Jendela transfer musim panas tahun 2000 
benar-benar membuat beberapa kejutan besar. Pertama, kapten Barcelona Luis Figo menyebrang ke klub rival, Real Madrid. Dan hal itu tak terlepas dari terpilihnya Presiden Los Blancos yang baru, Florentino Perez.

Dimana dalam janji politiknya, saat ia menang maka ia akan memboyong Figo.
Dan Figo menyetujui kesepakatan itu, berpikir bahwa tidak mungkin bagi Perez, yang tidak memiliki pengalaman waktu itu, untuk memenangkan pemilihan.

Anehnya, Perez memenangkan pemilihan, dan menandatangani Figo dari Barcelona seharga €60 juta / Rp. 1 trilliun yang merupakan rekor dunia pada saat itu.

4. Musim Panas 2014

Pada tahun 2014, banyak klub top Eropa mendatangkan pemain kelas dunia secara borongan atau dalam jumlah yang banyak sekaligus ke skuat mereka, dan bisa dibilang, dengan hitungan nilai mata uang pada saat itu, pembelian para pemain ini melibatkan uang yang besar.

Tiga klub diantaranya : Chelsea, Barcelona, 
Pertama Chelsea, mereka menandatangani pemain seperti Diego Costa (€38 juta / Rp. 644 miliiar), Cesc Fabregas (€33 juta / Rp. 559 miliar), Juan Cudrado (€31 / Rp. 525 miliar), dan Filipe Luis (€20 juta / Rp. 339 milliar). Mereka juag mendatangkan Didier Drogba secara cuma-cuma.

Sementara itu Barcelona, tak tanggung-tanggung juga, mereka menandatangani Luis Suarez dari Liverpool dengan biaya € 81,72 / Rp. 1,3 triliun.

Mereka juga membeli Ivan Rakitic seharga €19 juta / Rp. 322 milliar dari Sevilla dan Marc-Andre ter Stegen seharga €12 juta / Rp.203 milliar dari Borussia Monchengladbach. 

Real Madrid juga menandatangani Toni Kroos dari Bayern Munich(€25 juta / Rp. 423 milliar) dan James Rodriguez dari As Monaco(€75 / Rp. 1, 2 trilliun)

3. Musim Panas 2017

Harga untuk sebuah pemain mulai berubah pada musim panas 2017, itu berkat transfer ambisius Paris Saint-Germain terhadap Neymar.

Dimana kepindahan itu memicu klausul pelepasan € 222 juta / Rp. 3,7 triliun.
Transfer tersebut membuat pemain asal Brasil itu menjadi pemain termahal dalam sejarah.

Sementara itu, setelah menjual Neymar ke PSG, Barcelona langsung mengontrak Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho masing-masing seharga €135 juta / Rp. 2,2 trilliun).

2. Musim Panas 2009

Tahun dimana Cristiano Ronaldo pindah dari Manchester United ke Real Madrid dengan biaya transfer mencapai € 94 juta / Rp .1,5 trilliun).

Dan kemudian Cristiano Ronaldo mencetak 450 gol untuk Real Madrid antara, membantu klub meraih empat Liga Champions dan dua gelar La Liga di antara trofi lainnya.

Selain Ronaldo, Real Madrid menandatangani pemenang Ballon d'Or 2007 Kaka (€67 juta / Rp. 1,1 trilliun)  penyerang Lyon dan kapten klub saat ini Karim Benzema juga didatangkan (€35 juta / Rp. 593 milliar).

Ada juga  Xabi Alonso (€34.5 / Rp. 576 milliar) bek  Alvaro Arbeloa ( €4 / Rp. 67 milliar) dan beberapa pemain lainnya.

1. Musim Panas 2021

Tidak ada yang bisa menyangkal transfer musim panas yang baru saja berakhir ini rasa-rasanya akan sulit dilupakan.

Bayangkan saja  PSG  menolak tawaran Real Madrid lebih dari €220 juta / Rp. 3, 7 triliun untuk Kylian Mbappe. Romelu Lukaku, yang membawa Inter Milan meraih gelar Serie A  kembali ke klub lamanya, Chelsea, dengan mahar € 115 juta / Rp. 1,96 triliun.

David Alaba, Raphael Varane, Jack Grealish, Sergio Ramos, dan banyak pemain bintang lainnya pindah klub. 

Tapi di atas itu semua, tak ada yang lebih menyedot perhatian ketimbang Lionel Messi yang meninggalkan Barcelona dan dan bergabung dengan PSG dengan status free transfer.

Lalu Cristiano Ronaldo yang pindah ke klub lamanya, Manchester United, dengan biaya yang dilaporkan sebesar €15 juta /Rp. 254 miliar ditambah €8 juta / Rp. 135 miliar sebagai tambahan.

(gigih imanadi darma/gie)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=qKX8l_11M3A

Artikel Pilihan