Dimana Mereka Sekarang? Tim Barcelona B Asuhan Pep Guardiola

"Mendekam bersama klub gurem."

Analisis | 08 September 2021, 19:27
Dimana Mereka Sekarang? Tim Barcelona B Asuhan Pep Guardiola

Libero.id - Sebagai pelatih sepakbola, butuh ketekunan dan kesabaran dalam mengatur setiap pemain. Tugas pelatih tidak hanya mengatur strategi, tetapi juga mengatur tumbuh dan berkembangnya talenta-talenta muda yang kelak menjadi pemain hebat.

Tidak banyak pelatih yang bisa seperti itu, namun salah satu yang sukses adalah Pep Guardiola. Pelatih asli Catalunya itu menjadi salah satu pelatih yang sukses melahirkan generasi hebat.

Jauh sebelum melatih Bayern Muenchen, dan Manchester City hingga meraih gelar yang tak terhitung jumlahnya, Guardiola menghabiskan musim yang gigih bersama skuad Barcelona B di kasta keempat Spanyol pada musim 2007/2008.

Tidak mengherankan karena kinerja Guardiola berjalan sukses. Setelah awal yang sulit, tim muda Barcelona menampilkan pemain yang kemudian mencapai hal-hal hebat bersama Guardiola. Mereka memenangkan grup di Divisi Tercera sebelum pindah ke babak play-off, di mana mereka mendapatkan promosi ke Divisi B Segunda.

Setelah lolos melalui semifinal, tim racikan Guardiola menghadapi UD Barbastro di final grup hingga keluar dengan nyaman di puncak melalui dua leg. Mereka menang 2-0 dan 1-0 di leg kedua.

Berikut Daftar Pemain Didikan Guardiola di Barcelona B.

Oier Olazabal

Pada saat Marca B menghadapi Barbastro pada 15 Juni 2008, Olazabal telah melakukan cukup banyak menjalani debut tim senior. Dia tampil dalam hasil imbang 2-2 melawan Alcoyano di Copa del Rey.

Musim berikutnya, dengan Guardiola sebagai pelatih tim utama, Olazabal membuat debut senior lainnya, meski itu adalah yang terakhir.

Olazabal bertahan di Barcelona sebagai pilihan ketiga atau keempat di tim utama dan pemain reguler di tim B hingga 2014. Namun, dengan peluang terbatas, dia kemudian pindah hingga menghabiskan waktu sebagai opsi cadangan di Granada dan Real Sociedad.

Dua musim di Levante membawa lebih banyak peluang, tetapi setelah tidak disukai lagi, dia pindah kembali ke Catalunya bersama Espanyol pada 2019.

David Corcoles

Bek kanan itu adalah pemain berusia 22 tahun yang relatif berpengalaman pada awal musim 2007/2008. Dia melakoni itu setelah menghabiskan waktu di Hercules dan empat musim bersama tim B Valencia.

Sementara di Barcelona, dia merupakan pemain tim B daripada prospek jangka panjang.

Dia tidak pernah mendapat kesempatan dengan tim utama. Setelah satu musim dengan Barcelona B, dia pergi untuk memulai karier di tim liga yang lebih rendah seperti Recreativo, Albacete, Racing Santander, dan Vilamarxant, di mana dia pensiun pada akhir musim 2020/2021.

Chico Flores

Mantra Flores di Barcelona singkat dan manis. Dia datang dengan status pinjaman pada awal 2008, membantu tim Guardiola promosi dan kemudian kembali ke klub induk Cadiz.

Flores kemudian mulai bepetualang, menghabiskan waktu di Italia, Qatar, Rusia dan Wales. Dia bermain dua musim di Liga Premier bersama Swansea serta di negara asalnya Spanyol.

Di Inggris, Flores mungkin paling diingat karena ditertawakan oleh Sam Allardyce setelah jatuh di teater. Tapi, Flores tertawa terbahak-bahak ketika Allardyce mendapat pujian dari FA sebagai pelatih Inggris pada 2016.

Xavi Torres

Torres adalah bek sekaligus gelandang bertahan yang memainkan dua pertandingan untuk tim senior Barcelona di musim pertama Guardiola. Sebelum melakoni itu, Torres menghabiskan bersama Malaga, Levante, Getafe, dan Betis.

Dia sempat bermain bersama dengan Perth Glory dan klub Kuwait Al-Arabi, namun kembali ke Spanyol bersama Lugo pada 2020. Keberadaannya turut membantu klub menghindari degradasi ke tingkat ketiga.

Victor Espasandin

Seperti Corcoles, Espasadin adalah pemain skuad berusia 22 tahun untuk Barca B. Dia tidak pernah tampil untuk tim utama.

Setelah pindah dari Barca B pada 2010, Espasandin menghabiskan satu tahun di Siprus dan lima tahun lagi di divisi empat Spanyol sebelum mengakhirinya.

Namun, pada tahun 2018, dia muncul kembali di Selandia Baru bersama Metro FC, yang bermain di Divisi Satu Liga Sepak Bola Regional Utara. Kedengarannya glamor.

Sergio Busquests (Marc Valiente, 75)

Mari kita pergi dengan pemain pengganti sebelum starter. Valiente termasuk dalam scenario itu walau datang dari La Masia bersama Lionel Messi dan Cesc Fabregas.

Setelah gagal maju ke tim utama, dia pindah ke Sevilla. Dia kembali terjebak bermain dengan tim B. Namun, setelah pindah ke Real Valladolid, dia akhirnya membuktikan dirinya sebagai pemain profesional senior. Dia menghabiskan lima tahun bersama klub asal Kota Madrid tersebut.

Setelah itu dia melakukan tur, bermain bersama Maccabi Haifa, Eupen di Belgia, dan Partizan Belgrade sejak 2015. Dia sekarang di Sporting Gijon di tingkat kedua.

Dimas Delgado

Delgado cocok seperti Espasandin dan Corcoles, yakni bermain di level bawah liga Spanyol diikuti dua musim di A-League bersama Western Sydney Wanderers.

Delgado melakukannya bersama Bengaluru FC di ISL. Itu membuktikan langkah yang menginspirasi Delgado saat mengakhiri kariernya di India.

Dia pensiun pada 2021 setelah empat musim di India Selatan. “Ketika saya datang ke sini, saya tidak pernah membayangkan bahwa saya akan menghabiskan mungkin empat musim terbaik dalam hidup saya sebagai pesepakbola,” tuturnya.

“Sebagai pemain, saya menikmati setiap hari di sini, karena kalian semua di klub. Keluarga saya juga sangat menikmatinya karena kalian. Jadi, terima kasih banyak. Saya tidak akan pernah melupakan ini."

Victor Vazquez (Abraham Gonzalez, 51)

Lulusan La Masia lainnya, Vasquez dinilai sangat tinggi, bahkan bersaing dengan Lionel Messi untuk dilihat sebagai bintang tim yunior.

“Saya ingat Messi dan Victor sejauh ini adalah pemain terbaik di tim kami. Kadang-kadang mereka akan masuk untuk duel head-to-head. Jika satu mencetak empat dalam satu pertandingan, yang lain akan mencetak lima,” kata Cesc Fabregas.

Namun, karier Vazquez tidak berjalan seperti rekannya asal Argentina tersebut. Tiga penampilan di tim utama dan satu gol untuk Barca diikuti oleh empat setengah musim dengan Club Brugge, serta mantra di Meksiko, Kanada, dan Qatar.

Baru-baru ini ia telah ditemukan kembali di MLS menampilkan daya cipta lini tengah menyerang dan sihir tendangan bebasnya dengan LA Galaxy.

Sementara itu, Abraham membuat satu penampilan senior Barcelona. Dia kemudian menghabiskan sebagian besar kariernya di Spanyol dan Meksiko. Dia pindah ke Siprus pada 2020, di mana dia tetap bersama AEK Larnaka.

Pedro

Lima gelar La Liga, tiga Copa del Rey, tiga Liga Champions, dua Piala Dunia Antarklub, satu Liga Inggris, satu Piala FA, satu Liga Europa, satu Piala Eropa, dan satu Piala Dunia.

Karir yang layak

Emilio Guera

Barcelona sudah menjadi klub kesepuluh Guerra ketika dia tiba pada usia 25 tahun 2007. Dia tergabung di tim B asuhan Guardiola. Dia menambahkan 11 lagi sejak itu, termasuk laga kedua kontra Atletico Madrid dan tim lapis kedua Rumania.

Guerra masih menancapkan diri dengan UD Torre Del Mar di Divisi Tercera.

Gai Assulin

Assulin adalah bakat luar biasa dan salah satu dari banyak keajaiban yang dibebani dengan label 'Messi baru' yang malang. Dia mencetak 10 gol untuk Barca B musim itu dan diberi caps senior oleh Israel pada usia 16 tahun.

Assulin ditanya tentang musimnya di bawah Guardiola oleh Sky Sports. “Itu jelas merupakan waktu terbaik dalam karier saya. Bukan hanya gol, saya sangat menikmati bermain di bawah orang yang hebat,” kata Assulin pada 2018.

“Dia sangat dekat dengan semua pemain. Saya pikir itulah salah satu alasan mengapa kami memberikan segalanya. Semua orang menikmati gaya permainannya. Dia memberi kami banyak kebebasan,” tuturnya.

Sayangnya, karier Assulin tidak pernah dimulai dari sana. Dia pindah ke Manchester City tanpa membuat penampilan tim utama untuk Barca dan akhirnya membuat debut profesional seniornya di Championship saat dipinjamkan ke Brighton.

Dari sana, Assulin menjadi pekerja harian, sebagian besar keluar di tingkat kedua Spanyol, dengan mantra di Israel, Kazakhstan bersama Andrey Arshavin dan Rumania. Dia sekarang bermain untuk Crema di Serie D Italia.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network