Selamat Ulang Tahun!

Kisah Scott Carson, Kiper Veteran yang Baru Main Sekali dalam 10 Tahun Terakhir

"Kiper utama dihukum FIFA. Kiper kedua kena Covid-19. Jadilah kiper ketiga dapat durian runtuh."

Biografi | 09 September 2021, 18:53
Kisah Scott Carson, Kiper Veteran yang Baru Main Sekali dalam 10 Tahun Terakhir

Libero.id - Setelah 14 Mei 2021 mencatatkan pertandingan Liga Primer pertama dalam satu dekade, Scott Carson berpotensi tampil untuk keduanya kalinya pada Sabtu (11/9/2021). Itu karena Manchester City dihadapkan pada krisis kiper saat melawan Leicester City.

Pep Guardiola sedang pusing. Pasalnya, FIFA memberikan hukuman ke tim Liga Premier yang enggan melepaskan pemain untuk berlaga bersama timnas di jeda internasional pekan ini. Dua pemain Manchester City, Ederson Moraes dan Gabriel Jesus, termasuk yang mendapatkan larangan tampil lima hari.

Tanpa Ederson sebenarnya bukan masalah besar bagi Guardiola. Pasalnya, kiper kedua Man City adalah Zack Steffen, yang memiliki kemampuan sama baiknya dengan Ederson. 

Tapi, saat Guardiola bertanya kepada dua pelatih kipernya, Xabier Mancisidor dan Richard Wright, jawaban yang didapat sangat mengejutkan. Kiper cadangan asal Amerika Serikat (AS) tersebut ternyata sedang terpapar Covid-19 sehingga harus isolasi sampai sembuh.

Situasi itu membuat Guardiola terjebak dengan hanya memiliki Carson sebagai pilihan ketiga dan satu-satunya. Sebenarnya, dia bisa memanggil kiper tim cadangan The Citizens, Josh McNamara atau Mikki van Sas. Tapi, sepertinya itu sulit dan butuh proses administrasi yang rumit.

Jika Guardiola akhirnya memilih Carson, ini akan menjadi pemandangan unik. Pasalnya, sangat lama Carson tidak bermain di Liga Premier. Dalam 10 tahun terakhir, penjaga gawang berusia 36 tahun itu hanya bermain satu kali di kompetisi kasta tertinggi Inggris. Itu terjadi melawan Newcastle United, 14 Mei 2021.

10 Foto Nadia Faccenda, Model Cantik Pacar Kiper Chelsea

10 Foto Nadia Faccenda, Model Cantik Pacar Kiper Chelsea

"Saya sempar berpikir hari-hari saya di Liga Premier sudah berakhir. Tapi, untungnya saya tidak pernah menyerah dan saya punya kesempatan malam ini. Saya terkejut. Tapi, sejak saya berada di sini. Saya hanya berusaha bekerja sekeras mungkin dan berada di sana jika diperlukan dan untungnya pelatih telah melihat itu dan memberi saya permainan," kata Carson saat itu, dilansir The Sun.

Carson menghabiskan banyak waktunya di kompetisi selain Liga Premier. Pada 2011-2013 dia ada di Turki untuk membela Bursaspor. Lalu, pada 2013-2015 main untuk Wigan Athletic dan pada 2015-2019 memperkuat Derby County. Keduanya bermain di Championship Division.

Carson baru bergabung ke Etihad Stadium pada 8 Agustus 2019 dengan status pinjaman untuk dua musim sebagai kiper ketiga. Statusnya baru menjadi permanen di Man City pada 1 Juli 2021.

Dengan sengketa yang terjadi antara Asosiasi Sepakbola Brasil (CBF), FA, dan Liga Premier, bisa dipastikan Carson mendapatkan sedikit keuntungan. Sebab, di bawah peraturan FIFA, skorsing lima hari secara otomatis dialamatkan kepada pemain jika asosiasi nasional memintanya untuk diberlakukan.

Larangan itu berlaku selama lima hari setelah Brasil memainkan pertandingan internasional terakhir melawan Peru pada Jumat (10/9/2021) pukul 01.30 waktu Inggris. Artinya, sanksi itu akan berakhir pada Rabu (15/9/2021) pukul 01.30 waktu Inggris. 

Jadi, Ederson dan Gabriel baru bisa main beberapa jam kemudian saat Man City bertemu RB Leipzig di Liga Champions.

Sementara kasus Steffen berbeda lagi. Dia dinyatakan positif Covid-19 pada Senin (6/9/2021) setelah menghabiskan waktu bersama timnas negaranya. Uniknya, Steffen sudah mendapatkan dua dosis vaksin dari produsen asal Negeri Paman Sam yang dianggap sebagai vaksin terbaik di dunia.

(atmaja wijaya/anda)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=HgyPUs_08U4

Artikel Pilihan