Selamat Ulang Tahun!

9 Pemain yang Jalani Debut Timnas di Usia 17 Tahun, Gavi Selanjutnya?

"Di usia 17 tahun sudah bermain untuk timnas senior. Kalau kamu di usia segitu ngapain?"

Analisis | 05 October 2021, 14:05
9 Pemain yang Jalani Debut Timnas di Usia 17 Tahun, Gavi Selanjutnya?

Libero.id - Gelandang muda Barcelona, Gavi, akan bermain untuk negaranya mengikuti jejak beberapa pemain hebat lain yang dimulai di usia 17 tahun.

Di tengah kondisi Barcelona yang sulit, pemain bernama lengkap Pablo Martin Paez Gavira itu mampu menunjukkan penampilan yang bagus dan konsisten di usia muda. Akibatnya, jebola La Masia tersebut mendapatkan kesempatan membela Spanyol asuhan Luis Enrique.

Jika pada akhirnya dimainkan di pertandingan UEFA Nations League melawan Italia, Gavira berpotensi mencatatkan rekor debut timnas senior termuda dalam sejarah dalam usia 17 tahun 2 bulan.

Sebalum Gavi, beberapa pemain hebat internasional juga memulai petualangan timnas di usia 17 tahun. Siapa saja mereka? Berikut ini daftar 9 pemain yang mendapatkan kesempatan menjalani penampilan perdana untuk negara saat baru menginjak usia 17 tahun:

10 Pesepakbola yang Pernah Didakwa Kasus Pidana

10 Pesepakbola yang Pernah Didakwa Kasus Pidana


1. Wayne Rooney (17 tahun 111 hari)

Rooney secara luas dianggap sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepakbola Inggris setelah menyelesaikan karier internasionalnya dengan rekor 53 gol dari 120 penampilan.

Perjalanan Wazza dimulai pada 2003, ketikamenjadi pemain termuda yang pernah mewakili The Three Lions pada usia 17 tahun dan 111 hari setelah turun dari bangku cadangan dalam pertandingan persahabatan melawan Australia. Rooney melanjutkannya dengan  memecahkan rekor pencetak gol termuda Inggris akhir tahun itu saat dimainkan di Kualifikasi Euro 2004 melawan Makedonia.


2. Theo Walcott (17 tahun 75 hari)

Pengalaman pertama Walcott di sepakbola internasional senior datang ketika menerima panggilan Sven-Goran Eriksson untuk Piala Dunia 2006. Mantan pemain sayap Southampton dan Arsenal itu melakukan debut dalam pertandingan persahabatan praturnamen melawan Hungaria dalam usia 17 tahun 75 hari. Dia memecahkan rekor Rooney.

Walcott akhirnya menjadi pemain pengganti pada Piala Dunia tahun itu dan kini telah mencatatkan 47 caps untuk negaranya, mencetak delapan gol, dan tampil di Euro 2012.


3. Giovanni Reyna (17 tahun 364 hari)

Reyna telah menikmati peningkatan pesat sejak bergabung dengan Akademi Borussia Dortmund 2019. Reyna sudah mewakili Amerika Serikat di level U-15, U-16, dan U-17. Kemudian, dia tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan tempat di tim senior.

Reyna dipanggil timnas pada November 2020 dalam pertandingan melawan Wales. Itu adalah sehari sebelum ulang tahunnya yang ke-18. Sejak itu, Reyna telah mencatatkan empat gol dalam sembilan pertandingan untuk negaranya. Dan, bulan ini dia juga dipanggil untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022.


4. Paulo Futre (17 tahun 204 hari)

Portugal telah membanggakan banyak pemain kelas dunia. Mulai dari Eusebio hingga Cristiano Ronaldo. Dan, Futre termasuk diantara mereka yang membuat kisah membanggakan untuk Portugal.

Mantan pemain sayap Sporting Lisbon dan Atletico Madrid itu menjalani debut timnas pada April 1983 dalam usia 17 tahun 204 hari. Jika ditotal, dia bermain 41 kali untuk Portugal selama 12 tahun karier internasional, mencetak enam gol, dan tampil di Piala Dunia 1986.


5. Jude Bellingham (17 tahun 136 hari)

Pemain muda terbaru yang melangkah ke panggung senior bersama Inggris adalah Bellingham. Dia memulai karirnya di Birmingham City pada 2019 sebelum dibeli Dortmund seharga 20 juta pounds (Rp388 miliar) setahun kemudian.

Gareth Southgate dengan cepat mengetahui bakat sang gelandang dan memberinya kesempatan internasional pertamanya pada November 2020 setelah James Ward-Prowse dan Trent Alexander-Arnold terpaksa menarik diri dari skuad karena cedera melawan Irlandia.

Saat itu, Bellingham berusia 17 tahun 136 hari untuk menjadi pemain termuda Inggris setelah Walcott dan Rooney.


6. Kacper Kozlowski (17 tahun 246 hari)

Kacper Kozlowski dilaporkan menarik perhatian dari klub-klub top di seluruh Eropa, meski saat ini bermain di Polandia dengan Pogon Szczecin. Liverpool termasuk di antara mereka yang dikaitkan dengan gelandang yang mengumumkan dirinya di panggung internasional pada Euro 2020.

Kozlowski dipanggil timnas setelah sebelumnya mewakili Polandia di level junior dan menjadi pemain termuda yang pernah bermain di Euro ketika datang dari bangku cadangan dalam hasil imbang 1-1 melawan Spanyol. Usianya 17 tahun 246 hari.


7. Eduardo Camavinga (17 tahun 303 hari)

Pendukung Prancis menyambut bintang baru pada September tahun lalu saat Eduardo Camavinga menerima panggilan pertama ke skuad Didier Deschamps. Gelandang itu muncul sebagai salah satu prospek muda paling cemerlang di Ligue 1 dengan Rennes. Dia melakukan debut untuk Les Bleus dalam kemenangan 4-2 atas Kroasia di Nations League.

Pada usia 17 tahun dan 303 hari, Camavinga menjadi debutan Prancis termuda dalam 96 tahun. Sejak itu, dia telah membuat dua penampilan lagi untuk negaranya sambil mendapatkan uang besar dari kepindahan ke Real Madrid.


8. Rafael Marquez (17 tahun 357 hari)

Marquez menikmati karier yang cemerlang di level tertinggi selama 22 tahun, dimulai di klub Meksiko, Atlas, sebelum akhirnya bermain di AS Monaco dan Barcelona. Bek tengah yang tinggi itu memainkan peran kunci dalam salah satu periode paling sukses dalam sejarah Barcelona.

Dia membuat penampilan pertamanya untuk Meksiko pada 1997, seminggu sebelum merayakan ulang tahun ke-18. Marquez kemudian menjadi pemain dengan caps terbanyak ketiga dalam sejarah Meksiko dengan 147 penampilan dan menjadi pemain keempat yang pernah bermain di lima Piala Dunia berturut-turut.


9. Ansu Fati (17 tahun 308 hari)

Fati telah menikmati awal yang luar biasa untuk karier profesionalnya. Penyerang muda itu dengan cepat memantapkan dirinya di Spanyol U-21 sebelum diminta untuk naik ke tim senior oleh Luis Enrique musim panas lalu. Fati menjadi pemain termuda kedua yang pernah mewakili La Furia Roja dalam usia 17 tahun 308 hari ketika tampil dalam pertandingan National League melawan Jerman.

(diaz alvioriki/anda)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=HgyPUs_08U4

Artikel Pilihan