Selamat Ulang Tahun!

Momen Debut Lewandowski dengan Timnas Polandia, Main di Full back Kanan

"Tidak ada yang menyangka jika pemain kurus itu akan menjadi bintang. Cek videonya!"

Biografi | 11 October 2021, 13:54
Momen Debut Lewandowski dengan Timnas Polandia, Main di Full back Kanan

Libero.id - Robert Lewandowski dikenal sebagai salah satu penyerang terbaik dunia di era sekarang. Ketajaman Lewi hadir saat berseragam Bayern Muenchen maupun Polandia. Uniknya, debutnya di tim nasional ternyata bukan menjadi striker.

Lewandowski lahir pada 21 Agustus 1988 dan dikenal pemain sepakbola profesional Polandia yang bermain sebagai striker untuk klub raksasa Bundesliga. Dia juga merupakan kapten tim nasional Polandia. 

Diakui karena penempatan posisi, teknik, dan penyelesaiannya, Lewandowski dianggap sebagai salah satu striker terbaik sepanjang masa, serta salah satu pemain paling sukses dalam sejarah Bundesliga. Dia telah mencetak lebih dari 500 gol karier senior untuk klub dan negara.

Setelah menjadi pencetak gol terbanyak di kasta ketiga dan kedua sepakbola Polandia bersama Znicz Pruszkow, Lewandowski pindah ke klub papan atas Lech Poznan untuk membantu tim memenangkan Ekstraklasa 2009/2010. 

Pada 2010, Lewandowksi pindah ke Borussia Dortmund. Di sana, dia memenangkan beberapa penghargaan, termasuk dua gelar Bundesliga berturut-turut dan pencetak gol terbanyak liga. Pada 2013, dia juga tampil bersama Dortmund di final Liga Champions 2012/2013. 

Sebelum dimulainya musim 2014/2015, Lewandowski setuju untuk bergabung dengan rival domestik Dortmund, Bayern, dengan status bebas transfer. Di sana, dia telah memenangkan gelar Bundesliga di masing-masing dari tujuh musim pertamanya. 

10 Pesepakbola yang Pernah Didakwa Kasus Pidana

10 Pesepakbola yang Pernah Didakwa Kasus Pidana

Lewandowski juga menjadi bagian integral dalam kemenangan Bayern di Liga Champions 2019/2020 sebagai bagian dari treble. Dia adalah satu dari hanya dua pemain, bersama Johan Cruyff, yang meraih treble Eropa, sekaligus menjadi pencetak gol terbanyak di ketiga kompetisi, dan pertama yang melakukannya sebagai pencetak gol terbanyak tunggal.

Bersama negara, Lewandowski telah mencatatkan lebih dari 120 caps dan menjadi anggota skuad Euro 2012, Euro 2016, Piala Dunia 2018, dan Euro 2020. Dengan 72 gol internasional, Lewandowski adalah pencetak gol sepanjang masa Polandia. 

Dia memenangkan Penghargaan Pencetak Gol Internasional Terbaik Dunia IFFHS 2015 dan 2020. Lewandwoski juga memenangkan Sepatu Emas Eropa 2020/2021. Dia juga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Polandia dengan rekor sembilan kali dan Tokoh Olahraga Polandia Tahun Ini dua kali.

Lewandowski telah mencetak lebih dari 280 gol di Bundesliga. Dia pencetak gol kedua tertinggi sepanjang masa dalam sejarah Bundesliga, di belakang hanya Gerd Mueller dengan 365 gol. Selain itu, dia telah memenangkan Penghargaan Pencetak Gol Terbanyak Bundesliga dalam enam musim. Yang paling menonjol di Bundesliga 2020/2021 ketika mencetak 41 gol. Itu memecahkan rekor Mueller dengan 40 gol pada 1971/1972.

Namun, sebelum semua kehebatan itu ditunjukkan, ternyata Lewandowski memulainya sebagai pemain belakang. Rekaman pada 2008 yang viral beberapa hari ini menunjukkan posisi Lewandowski saat menjalani debut dengan Polandia melawan San Marino. 

Itu terjadi pada 10 September 2008 atau tiga minggu setelah ulang tahunnya yang ke-20. Melawan San Marino, dia masuk sebagai pemain pengganti dan mencetak gol dalam kemenangan tandang 2-0 di Kualifikasi Piala Dunia 2010. Hanya Wlodzimierz Lubanski yang mencetak gol pada debutnya untuk tim nasional pada usia yang lebih muda dari Lewandowski, yaitu 16 tahun. 

Selain gol itu, yang menarik adalah posisi Lewandowski. Pelatih Polandia saat Leo Beenhakker, memainkan Lewandowski sebagai bek kanan dan mengenakan nomor punggung 13. 

Hal itu tentu saja berbeda dengan Lewandowski saat ini. Berposisi sebagai penyerang, Lewandwoksi saat ini juga menggenakan nomor punggung sembilan. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir dia adalah kapten Polandia, termasuk saat melakoni Kualifikasi Piala Dunia 2022.

(andri ananto/anda)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=uZiDnSmspvE

Artikel Pilihan