Salah satu kehebatan Pep sebagai pelatih adalah insting dalam merekrut pemain baru.
Guardiola merupakan salah satu pelatih terbaik di dunia, baik kala masih bersama Barcelona, Bayern Muenchen, dan kini di Manchester City.

Selain bergelimang trofi, Guardiola juga kerap bermain ciamik sehingga mampu menghibur para penggemar dengan permainan menyerang nan atraktif.

Salah satu kemampuannya sebagai seorang pelatih ideal adalah insting dalam merekrut pemain baru.

Selama menukangi 3 klub berbeda, Guardiola telah membuat sejumlah transfer brilian yang sangat berdampak pada klubnya. Berikut adalah 7 rekrutan terbaik Pep Guardiola sepanjang kariernya:

7. Thiago Alcantara | Barcelona - Muenchen | Gratis



Barcelona mengalami dua pukulan besar pada musim panas 2013 dimana mereka tidak hanya kehilangan sosok Pep Guardiola yang dicomot Bayern Muenchen, tapi juga Thiago Alcantara yang juga mengikutinya ke Jerman.

Thiago selalu menjadi pemain kunci bagi Guardiola dan kini menjadi salah satu gelandang terbaik di dunia.

Dia memainkan total 228 pertandingan, mencetak 31 gol untuk Bayern, dan juga membantu Bayern memenangkan 13 gelar utama, salah satunya trable di musim lalu.

6. Javier Mascherano | Liverpool - Barcelona | 18 juta pounds



Mascherano adalah pemain penting bagi Barcelona. Awalnya ia direkrut sebagai gelandang bertahan, tapi kemudian pemain Argentina itu dengan cepat beralih posisi sebagai bek tengah.

Dia bermain untuk Barcelona selama 8 musim dan berpartisipasi dalam 334 pertandingan dengan bergelimang trofi, salah satu yang paling dikenang adalah treble winners di musim 2014/2015.

5. Joshua Kimmich | Stuttgart - Muenchen | 7,65 juta pounds



Banyak orang mengira ini adalah perekrutan yang sangat berisiko ketika Guardiola membawa sosok "antah berantah" bernama Joshua Kimmich ke Bayern Muenchen pada 2015.

Namun, kendati harganya murah, namun performanya tak murahan sekaligus Guardiola membuktikan bahwa tindakannya tidak salah.

Kimmich telah bermain lebih dari 200 kali untuk Bayern Muenhen dan merupakan salah satu bek kanan paling terbaik di dunia saat ini.

Bahkan ia kerap dibandingkan dengan bek legendaris timnas Jerman dan Bayern Muenchen, Phillip Lahm berkat kemampuan versatille nya yang juga mampu bermain sebagai gelandang bertahan, bek tengah, bahkan sayap kanan sekalipun.

4. Ederson | Benfica - Manchester City | 35 juta pounds



Ketika Guardiola memulai karirnya di Manchester City, dia mengalami masalah di pos penjaga gawang.

Pelatih asal Spanyol itu tidak puas dengan penampilan Joe Hart, jadi dia menggantinya dengan Claudio Bravo, namun Bravo tidak memiliki kualitas yang diinginkan Pep sehingga ia beralih ke Williy Caballero.

Guardiola juga tidak yakin dengan Caballero, dan kemudian merekrut Edson. Penjaga gawang Brasil ini dengan cepat menunjukkan kualitasnya. Selama bertahun-tahun, dia menjadi penjaga gawang utama Manchester City.

3. Dani Alves | Sevilla - Barcelona | 31,95 juta pounds



Pada tahun 2008, 32 juta pounds yang dihabiskan untuk seorang bek adalah angka yang cukup masuk akal.

Dani Alves terbukti mampu menjawab banderol harga yang melekat padanya. Selama di Barcelona, Alves menjelma menjadi salah satu bek kanan terbaik di dunia. Dalam delapan musim di Camp Nou, dia mencetak 21 gol dalam 391 pertandingan.

2. Gerard Pique | Manchester United - Barcelona | 4,5 juta pounds



Setelah gagal beradaptasi dengan tuntutan fisik di sepakbola Inggris, Guardiola memboyong Pique kembali ke Spanyol.

Fakta membuktikan bahwa transfer ini merupakan strategi yang brilian. Saat berpasangan dengan Carles Puyol, Pique dengan cepat menjadi bek tangguh di Barcelona.

Dalam 12 tahun, Pique mencatatkan 531 pertandingan untuk El Barca, mencetak 47 gol. Ia masih menjadi salah satu bek tangguh dengan kemampuan yang tidak perlu diragukan lagi.

1. Robert Lewandowski | Dortmund - Muenchen | Gratis



Merekrut Pique seharga 4,5 juta pounds adalah strategi yang bagus, namun membeli salah satu penyerang terbaik di dunia dengan gratis terlebih ia berasal dari pesaing terberat adalah langkah yang sangat luar biasa.

Gol demi gol Lewandowski memastikan Bayern memenangkan gelar Bundesliga selama tiga musim Guardiola di Bayern Munich. Total, ia telah mencetak 231 gol dalam 276 pertandingan Bayern.