Haaland juga menyebut tiga pemain sepak bola mana yang ia ikuti saat kecil.
Sejak tampil luar biasa bersama FC Salzburg, Erling Braut Haaland sekarang menjadi salah satu penyerang paling tajam di Benua Biru dengan menciptakan rekor mencetak gol yang luar biasa.

Musim ini saja, anak dari Alf-Inge Haland itu mencetak sepuluh gol dari delapan penampilan Bundesliga, serta enam gol dari empat pertandingan Liga Champions. Bakatnya dalam menyelesaikan umpan dan penempatan posisi yang baik di depan gawang lawan membuat segalanya tampak mudah untuk mencetak gol. Bahkan jika ada seorang bek kelas dunia sekalipun yang menghadangnya.

Namun, kendati kelihatan mudah di mata kita, penyerang timnas Norwegia itu rupanya masih menilai ada beberapa pemain bertahan, khususnya  bek tengah yang dianggapnya terbaik saat ini. Para fans Real Madrid, Liverpool, dan Napoli semua akan senang mendengar jawabannya.

"Saya pikir tiga bek tengah terbaik di dunia adalah Sergio Ramos, Virgil van Dijk dan Kalidou Koulibaly. Ketiganya sangat fisik, tetapi juga sangat cerdas di lapangan,” ujar pemain berusia 21 tahun itu kepada sportbible.com.

Menariknya, tidak ada dari ketiga pemain tersebut yang bermain di Bundesliga bersama Haaland, di mana pemain Norwegia itu telah melakukan prestasi luar biasa dalam mencetak gol - bisa jadi ia tidak menilai mereka begitu tinggi setelah melawan mereka setiap minggu.

Haaland juga menyanjung tinggi bos Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. Rekan senegaranya adalah manajer di Molde ketika Haaland bergabung dengan klub, dan penyerang itu telah dikaitkan dengan transfer ke Old Trafford sejak Solskjaer pindah ke Liga Premier.

Ditanya pemain sepak bola mana yang ia ikuti saat kecil, Haaland berkata: "Sebagai seorang anak, saya banyak menonton John Carew, saya juga mengikuti Solskjaer dan John Arne Riise."

Sejauh ini, Haaland terlihat sangat cocok jika bola berada di kakinya, bagai sepasang kekasih, Haaland dan bola adalah hubungan yang kemudian melahirkan gol demi gol.

Rasanya tak lama lagi, Haaland akan mengambil alih dominasi, ini bukan hanya soal bakat luar biasa, tetapi Haaland punya statistik kelas dunia yang jelas dan terukur.

Seorang Norwegia itu telah membuktikan pada musim debutnya 2019/20, di datangkan dari  Salzburg di paruh musim, Haaland langsung tancap gas dengan membukukan 13 gol liga dari 15 penampilan dan di antaranya menghasilkan hat-trick dari bangku cadangan. Tentu saja, itu awal yang menakjubkan untuk musim penuh pertamanya bersama Borussia Dortmund.

Dan mari kita lihat statistiknya musim ini, yang faktanya sama sekali tak mengendur.

Haaland telah mencetak lebih banyak gol daripada yang dia mainkan sebelumnya, tahun ini sepanjang kampanye musim 2020/21, pesepakbola 21 tahun itu membuat rekor baru dengan 17 gol hanya dari 13 pertandingan.

Dan bahkan jika Anda seorang pesimis yang mengabaikan kualitas papan atas kompetisi Liga Jerman, Anda juga bisa memastikan di level yang lebih atas,  lihatlah statistik Liga Champions Haaland untuk menyadari bahwa rekornya bukankah karena kualitas liga. Di pentas Eropa yang notabene adalah klub-klub terbaik dari benua Biru, Haaland menunjukkan kelasnya.

Haaland saat ini menjadi pencetak gol terbanyak di kompetisi utama Eropa setelah mengantongi 6 gol, masing-masing saat Dortmund melawan Club Brugge, Lazio dan Zenit St. Petersburg. Gol demi gol yang Haaland torehkan bersama Dortmund itu, menghantarkannya ke total 16 gol akumulatif di Liga Champions, ini mungkin terdengar biasa, tapi yang jelas Haaland  mencapainya hanya dalam 12 pertandingan.

Belum lagi fakta bahwa Haaland membukukan itu semua pada usianya yang amat muda, baru memasuki usia dua puluhan selama musim panas.

Berkat itu jugalah, Haaland baru-baru ini mendapat penghargaan Golden Boy 2020.

Jadi, tak bisa tidak, pencapaian terbarunya itu patut untuk dipuji dan dunia harus menempatkan Haaland di puncak kategori pesepakbola muda paling ganas.

Haaland sekarang menjadi pemain dengan status pencetak gol terbanyak di Liga Champions daripada beberapa penyerang dan pemain terbaik dunia sepanjang masa.

Haaland adalah salah satu pemain paling dicari di Eropa saat ini, namun klub yang tertarik mungkin harus menunggu 18 bulan dengan klausul pelepasan transfernya tidak aktif hingga Juni 2022.

Chelsea adalah tim terbaru yang dikaitkan dengan penyerang Dortmund itu dengan Frank Lampard dilaporkan menjadikannya target utama pada musim panas 2021 mendatang.