Peringkat Sayap Kanan Terbaik Tahun 2021

"Dua pemain memperkuat Paris Saint-Germain."

Analisis | 01 January 2022, 12:17
Peringkat Sayap Kanan Terbaik Tahun 2021

Libero.id - Pemain sayap menjadi salah satu posisi paling menarik dalam sepakbola. Peran mereka baik dalam berlari melewati lawan, maupun menavigasi ruang sempit, dan menciptakan celah bagi tim mereka untuk mencetak gol menjadi topik pembahasan.

Pemain sayap seperti Cristiano Ronaldo, Luis Figo, Robert Pires, Neymar, dan Ronaldinho adalah beberapa yang telah tampil impresif di area yang luas.

Pemain sayap terbatas pada dua jenis, yakni tradisional dan semi modern. Pemain sayap tradisional berlari ke atas dan ke bawah, kemudian menyilangkan bola ke dalam kotak di setiap kesempatan. Sementara striker menunggu untuk mengkonversinya menjadi gol.

Sedangkan sayap semi modern memotong ke arah muka gawang dan melakukan tembakan sendiri atau mengatur rekan setimnya di kotak 16 pas.

Sementara di era sepakbola modern, pemain sayap telah menjadi ancaman utama mencetak gol. Posisi penyerang tengah tradisional sekarang dianggap terlalu satu dimensi, sehingga tim telah mengembangkan ancaman yang berbeda.

Pemain sayap mendominasi kategori statistik utama, karena mereka menciptakan peluang untuk mencetak gol sendiri dan membantu gol. Pada catatan itu, inilah peringkat sayap kanan terbaik tahun ini.

5. Riyad Mahrez (Manchester City)

Riyad Mahrez telah menjadi salah satu pemain terobosan di dunia sepakbola dalam satu dekade terakhir. Dia menjadi terkenal ketika dia memenangkan Liga Premier bersama Leicester City pada 2015/2016. Manchester City menandatangani pemain Aljazair pada 2018 seharga 60 juta pounds (Rp 1,1 triliun).

Pada 2020/2021, dia bermain 48 pertandingan untuk Man City, mencetak 14 gol dan memberikan sembilan assist. Sebanyak 15 dari kontribusi gol itu datang dalam 27 pertandingan Liga Premier.

Dia telah mengambil banyak hal musim ini, mencetak 12 dan membantu enam dalam 24 pertandingan. Mahrez telah memainkan 64 pertandingan tahun ini, mencetak 29 gol dan memberikan 16 assist.

Pemain asal Aljazair itu sekarang akan melakukan perjalanan ke Pantai Gading untuk mewakili negaranya di Piala Afrika. Dia akan berharap untuk kembali dalam kondisi prima untuk membantu Man City menghadapi tantangan gelar juara.

4. Serge Gnabry (Bayern Muenchen)

Serge Gnabry telah menikmati kebangkitan dalam kariernya sejak meninggalkan Inggris untuk bermain di Jerman. Pemain sayap itu tampil mengesankan di Werder Bremen saat dipinjamkan dari Arsenal. Bayern mengontraknya pada 2017 dengan mengaktifkan klausul rilis 8 juta pounds (Rp 128 miliar).

Musim lalu, Gnabry membuat 39 penampilan untuk Bayern, mencetak 11 gol dan memberikan tujuh assist. Pemain sayap Jerman itu telah mencapai puncaknya musim ini, mencetak 11 gol dan membantu sebanyak mungkin dalam 24 pertandingan.

Dia baru-baru ini membintangi kemenangan tandang 5-0 atas Stuttgart, memainkan peran dalam semua lima gol. Gnabry mencetak hat-trick, dan membantu dua gol.

Pemain asal Jerman itu berharap untuk melanjutkan performa terbaiknya di sisa musim ini dan ke musim berikutnya saat Jerman bersiap untuk Piala Dunia 2022 di Qatar.

3. Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain)

Kylian Mbappe sedang on-fire sejak tampil bersama Monaco selama kampanye kemenangan Ligue 1 pada 2016/2017. Pada 2017, Paris Saint-Germain menandatangani pemain Prancis itu dengan harga 180 juta euro (Rp 2,8 triliun) dengan kesepakatan awalnya dimulai sebagai pinjaman dua tahun.

Musim lalu, Mbappe mencetak 42 gol yang luar biasa dan memberikan 13 assist dalam 49 pertandingan, menghitung lebih dari satu kontribusi gol per pertandingan. Mbappe tampaknya memiliki keinginan membara untuk melampaui angka-angka itu musim ini.

Dia telah mencetak 15 gol dan memberikan 17 assist hanya dalam 24 pertandingan di seluruh kompetisi. Itu memberinya kontribusi gol rata-rata 1,34 per game.

Pemain Prancis itu memainkan peran utama dalam kemenangan Prancis di Piala Dunia 2018 di Rusia. Dia akan berharap untuk melanjutkan bentuk itu di edisi tahun ini di Qatar. Di klub sepakbola, Mbappe berharap penambahan Lionel Messi akan meningkatkan upaya PSG untuk memenangkan Liga Champions musim ini.

2. Lionel Messi (Paris Saint-Germain)

Lionel Messi sejauh ini telah menjadi pemain terbaik di dunia sepakbola di abad ke-21. Setelah hampir dua dekade bersama Barcelona, Messi pindah ke Paris Saint-Germain pada musim panas 2021 dengan status bebas transfer.

Musim lalu bersama Barcelona, Messi mencetak 38 gol dan memberikan 18 assist dalam 48 pertandingan. Kapten Argentina itu membawa klubnya tanpa adanya pemain pendukung yang kuat dan mumpuni. Namun, dengan negaranya, Messi memiliki salah satu momen terbaik dalam kariernya yang panjang dan terkenal.

Messi memenangkan Copa America 2021 bersama Argentina, berkat gol tunggal Angel di Maria di final melawan Brasil.

Messi belum mencapai langkahnya dengan PSG. Sejauh ini dia telah membuat 16 penampilan untuk klub, mencetak enam gol dan lima assist. Dengan trofi kontinental di bawah ikat pinggangnya, pemain legendaris Argentina itu akan mengincar Piala Dunia di Qatar tahun ini.

1. Mohamed Salah (Liverpool)

Mohamed Salah telah menjadi pemain terbaik di dunia sepakbola pada 2021. Setelah bermain untuk Chelsea di Liga Premier, Salah memiliki semacam kelahiran kembali di AS Roma. Dia telah kembali ke Inggris dan mendominasi bersama Liverpool.

Musim lalu, dia mencetak 31 gol dan memberikan tujuh assist dalam 52 pertandingan. Sementara musim ini, Salah telah menjadi ancaman yang lebih menyeluruh dalam serangan.

Pemain Mesir itu telah mencetak 22 gol musim ini, dan juga mencetak dua digit untuk assist (11). Dia telah mencapai itu hanya dalam 25 pertandingan, membuat kontribusi gol rata-rata per pertandingan menjadi 1,32 yang mengesankan musim ini.

Salah menjadi pemain Liverpool pertama sejak ikon Ian Rush yang mencetak lebih dari 20 gol untuk klub dalam lima musim berturut-turut.

Pemain Mesir itu sekarang akan melakukan perjalanan ke Pantai Gading untuk bermain di Piala Afrika 2021. Sekembalinya, dia akan melihat untuk melanjutkan dari tempat dia tinggalkan saat Liverpool mengincar gelar Liga Premier kedua mereka dalam tiga tahun. Dia juga akan berharap untuk membuat percikan di Eropa.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network