Ramai Rumakiek Beberkan Cara Melatih Shin Tae-yong: Disiplin dan Kerja Keras

"Menu latihan yang sangat beda yang didapat pemain di level klub Indonesia.."

Berita | 10 January 2022, 16:30
Ramai Rumakiek Beberkan Cara Melatih Shin Tae-yong: Disiplin dan Kerja Keras

Libero.id - Seorang pelatih punya cara tersendiri untuk tidak hanya membangun sebuah tim menjadi tim yang tangguh dan selalu menang, tetapi bagaimana juga caranya menang dengan cara yang indah dan terhormat.

Pelatih tidak hanya 'mewariskan' ilmu bermain sepakbola yang paling mendasar tetapi juga semangat juang, filosofi, dan lain seterusnya.

Dalam pada itu, pernahkah Anda berpikir bagaimana cara pelatih timnas Indonesia saat ini, Shin Tae-yong dalam menangani penggawa Garuda? Pertanyaan seputar apa bedanya dilatih oleh Shin Tae-yong dengan pelatih yang lainnya juga sempat mengemuka.

Dan seorang Ramai Rumakiek punya persepektif tersendiri tentang pertanyaan-pertanyaan di atas. Pemain berusia 19 tahun itu menjelaskan bahwa juru taktik asal Korea Selatan itu sangat disiplin dan keras dalam menerapkan pola latihan dan hal itu sangat jomplang dengan apa yang Ramai ---  kemungkinan semua pemain khususnya yang berkiprah di Indonesia --- dapatkan di level klub.

''Kalau menurut saya, Coach Shin Tae-yong itu sangat tegas dan disiplin dalam latihan. Jam latihan harus tepat waktu, jam makan dan meeting juga harus tepat waktu,'' kata Ramai dalam sebuah video yang diunggah di Youtube PSSI.

Ramai yang dalam ajang Piala AFF 2020 lalu banyak mendapat kesempatan bermain dari Shin Tae-yong, menilai pelatih berusia 51 tahun itu merupakan sosok yang sangat tegas.

''Dari saya pribadi, cara latihan Coach Shin Tae-yong berbeda sekali dengan di klub. Di sini, lebih fight dan disiplin dalam posisi. Latihannya cukup berat bersama Shin Tae-yong. Saya ambil hikmahnya bahwa dia orangnya sangat tegas,'' lanjutnya.

Ramai yang sudah mulai terbiasa dengan pola latihan bagus yang diterapkan oleh Shin Tae-yong, besar kemungkinan akan dipilih lagi untuk amemperkuat timnas U-23 dalam ajang Piala AFF U-23 yang akan digelar di Kamboja dalam waktu yang dekat ini  .

''Timnas Indonesia itu harkat dan martabat Masyarakat Indonesia,''pungkas pemain asal klub Persipura Jayapura itu.

Simak video lengkapnya dibawah ini:

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network