Peringkat 5 Pemain Brasil Paling Tajam di Abad 21

"Nomor 1 tak pernah main di 5 liga top Eropa."

Analisis | 19 January 2022, 06:32
Peringkat 5 Pemain Brasil Paling Tajam di Abad 21

Libero.id - Brasil adalah negara paling sukses dalam sejarah Piala Dunia dengan memenangkan lima gelar. Pemain dari negara Amerika Selatan umumnya dikenal karena bakat dan keterampilan mereka.

Keahlian mereka sering terlihat bahkan di bek hingga penjaga gawang. Banyak pemain top Brasil bermain di lima liga top Eropa. Mereka bahkan menjadi pemain kunci untuk klub masing-masing.

Selama bertahun-tahun, banyak pencetak gol Selecao yang telah menghiasi sepakbola dunia dan memenangkan gelar besar untuk klub dan negara. Pemain-pemain seperti Pele, Romario, Rivaldo dan Ronaldo Nazario de Lima adalah beberapa di antaranya. Tren ini terus berlanjut hingga abad ini.

Pada catatan itu, berikut adalah lima pencetak gol Brasil paling produktif untuk klub dan negara sejak pergantian abad:

#5 Kaka - 190 gol

Kaka adalah salah satu pemain Brasil paling elegan yang menghiasi permainan abad ini. Mantan pemain berusia 39 tahun itu telah mencetak hampir 200 gol untuk klub dan negara selama kariernya. Kaka menikmati masa paling sukses bersama AC Milan.

Dia mengantongi 104 gol dan 90 assist dalam dua periode terpisah di klub dan berhasil memenangkan Serie A dan Liga Champions.

Kaka kemudian menjadi rekrutan Galactico di Real Madrid pada musim panas 2009, tetapi dia mengalami beberapa masalah cedera di Santiago Bernabeu. Namun demikian, dia masih bisa mengantongi 29 gol dan 41 assist dan memenangkan gelar La Liga dan Copa del Rey.

Menariknya, sang gelandang juga mencetak 29 gol untuk Selecao saat memenangkan Piala Dunia 2002 dan dua trofi Piala Konfederasi.

#4 Ronaldinho - 222 gol

Ronaldinho menikmati karier yang sangat sukses dengan klub dan negara. Pria berusia 41 tahun itu memenangkan semua gelar utama selama karier bermainnya selama hampir dua dekade.

Playmaker elegan ini menikmati lima tahunnya yang produktif di Barcelona dengan mencetak 94 gol dan 76 assist. Dia memenangkan dua gelar La Liga dan Liga Champions. Satu-satunya penghargaan Ballon d'Or Ronaldinho diraihnya saat bermain untuk Barcelona, tepatnya pada 2005.

Pemenang Piala Dunia 2002 itu mencetak 25 gol untuk PSG dan 26 gol untuk AC Milan selain tugasnya di Barcelona. Gol Ronaldinho lainnya dicetak untuk empat klub berbeda.

Mantan pemain Barcelona itu mencetak 33 gol untuk Selecao, dengan 27 di antaranya dicetak di abad ini. Ronaldinho juga sempat mencetak gol cantik dari tendangan bebas dalam kemenangan 2-1 di perempat final atas Inggris di Piala Dunia 2002.

#3 Fred - 233 gol

Fred adalah salah satu pencetak gol Brasil paling produktif abad ini. Pemain Brasil ini telah mencetak lebih dari 200 gol dalam karier klubnya, dengan 43 gol di antaranya dicetak untuk Lyon selama satu-satunya kariernya di sepakbola Eropa pada era 2000-an.

Fred telah menikmati masa paling produktif dalam karier klubnya bersama Fluminense, di mana dia kembali bergabung pada 2020. Dia telah mencetak 128 gol untuk tim dan memenangkan dua gelar liga. Gol lainnya di klub dicetak untuk Cruzeiro, Atletico Mineiro, dan America Mineiro.

Namun, penyerang tengah itu tidak bisa meniru kepahlawanan klubnya saat membela Selecao. Dia hanya mencetak 18 gol untuk tim nasional, di mana gol terakhirnya dicetak dalam kemenangan 4-1 atas Kamerun di babak penyisihan grup di Piala Dunia 2014.

#2 Neymar - 335 gol

Neymar secara luas dianggap sebagai salah satu pemain Brasil paling terampil yang menghiasi permainan. Penyerang PSG berusia 29 tahun ini telah menikmati karier yang gemilang untuk klub dan negaranya.

Dia telah mencetak 265 gol untuk tiga klub berbeda. Setelah bermain di Santos, di mana ia mencetak 70 gol di akhir 2000-an, pemain sayap itu menikmati masa-masa produktif di Barcelona.

Selama tugas empat tahun yang sangat sukses di Camp Nou, Neymar mengantongi 105 gol dan 90 assist. Dia melakukan kerjasama yang menghancurkan dengan Lionel Messi dan Luis Suarez. Dia turut membantu Blaugrana memenangkan treble kontinental pada musim 2014/2015.

Setelah pindah ke PSG dengan transfer termahal pada musim panas 2017, penyerang itu mengalami penurunan performa karena mengalami cedera. Namun demikian, dia masih mengantongi 90 gol dan 71 assist yang mengesankan. Neymar memenangkan tiga gelar liga dan piala domestik.

Dia juga menikmati musim yang produktif bersama Brasil, mencetak 70 gol untuk mendekati rekor sepanjang masa Pele yang mencetak 77 gol.

#1 Hulk - 355 gol

Hulk secara tak terduga menjadi pencetak gol Brasil paling produktif abad ini. Tidak seperti empat rekan senegaranya lainnya dalam daftar ini, pemain berusia 35 tahun itu tidak pernah bermain di lima liga top Eropa.

Namun demikian, penyerang tengah ini telah mencetak banyak gol selama kariernya, lebih dari 350 gol untuk klub dan negara. Namun, hanya 11 gol yang tercipta untuk Selecao dan semuanya dalam pertandingan persahabatan.

Striker tersebut telah mencetak gol di liga domestik Rusia, Portugal, China, Jepang dan negara asalnya Brasil. Dia juga telah memenangkan gelar liga di empat negara berbeda. Dia telah mencetak 76 gol masing-masing untuk Zenit Saint Petersburg dan Shanghai Port, serta 77 gol untuk Porto.

Gol-gol lain Hulk dicetaknya untuk klubnya saat ini Atletico Mineiro, Tokyo Verdi, Hokkaido Consadole Sapporo, dan Kawasaki Frontale.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network