Kisah Volendam, Klub Peninggalan Johan Cruyff

"Punya talenta lebih besar ketimbang Ajax Amsterdam."

Analisis | 26 January 2022, 19:43
Kisah Volendam, Klub Peninggalan Johan Cruyff

Libero.id - Johan Cruyff telah meninggalkan sejarah besar untuk sepakbola dunia, seperti Tiki-taka di Barcelona dan Total Football di timnas Belanda. Itu hanya beberapa yang sering orang-orang bicarakan, walau keduanya adalah soal gaya dan konsep.

Namun, di luar itu banyak yang tidak mengetahui kalau Johan Cruyff tidak hanya dijadikan nama stadion, yang notabene itu adalah sebuah penghormatan untuknya, bukan milik dia pribadi. Johan Cruyff ternyata punya sebuah klub yang terletak di desa nelayan 18 mil sebelah utara Johan Cruyff Arena, Belanda. Volendam namanya.

Seorang pelatih bernama Wim Jonk berupaya kembali menghidupkan  Volendam pada April 2019. Dia membawa serta staf yang bertanggung jawab untuk menerapkan ide-ide Cruyff selama 'Revolusi Beludru' di Ajax hampir satu dekade lalu.

Wim Jonk dan rekan-rekannya mempunyai gagasan untuk melakukan reformasi struktur dan sistem akademi raksasa Belanda yang bertujuan untuk  menghasilkan pemain-pemain seperti Frenkie de Jong dan Matthijs de Ligt.

Fokus utama mereka tentu saja bermain sepak bola yang menarik, menciptakan budaya bermain yang penuh filosofi.

Klub kecil berjuluk 'The Other Orange' itu  dipromosikan ke Eredivisie sebanyak sembilan kali, tetapi tidak pernah bermain sepakbola di tingkat papan atas sejak 2009.

Dengan hasil yang buruk dan sepakbola yang membosankan melihat penggemar dan sponsor kehilangan minat, Volendam berada dalam masalah serius ketika mereka memanggil Jonk dan timnya, yang bersama dengan Cruyff telah meninggalkan Ajax pada Desember 2015. Itu menyusul ketidaksepakatan dengan dewan.

Tantangan pertama Jonk dalam peran barunya adalah membawa para pendukung kembali ke Kras Stadium.

“Mereka duduk di bar dan lebih memilih minum bir daripada menonton pertandingan," kata mantan pemain Belanda itu kepada BBC Sport.

"Saya ingin bermain ke depan, bertahan ke depan, memainkan aturan tiga detik, opsi pemain ketiga - semua prinsip itu untuk membuat para pemain terbiasa dengan arti sepakbola yang atraktif dan sepakbola menyerang. Itu adalah kata-kata yang bagus, tetapi ada lebih banyak hal di belakang,” timpalnya.

"Pada hari pertamanya bekerja, Jonk menunjukkan video skuadnya tentang klub-klub top di dunia dan berbicara tentang penentuan posisi dan ide-ide yang ingin dia sampaikan dalam pelatihan.”

"Hal pertama yang dikatakan para pemain kepada saya adalah 'ya, tapi kami bukan Barcelona, kami bukan Manchester United, atau Manchester City'," tambah Jonk, yang menjawab bahwa untuk mengembangkan, mengisi stadion, dan membuat klub terlihat lagi, mereka diperlukan untuk melakukan sesuatu yang istimewa.

Tiga tahun bekerja, mantra sepakbolanya telah bertahan dan tim Jonk berada di jalur untuk promosi, unggul tujuh poin dan tidak terkalahkan dalam 21 pertandingan, hanya kalah sekali sepanjang musim.

"Sekarang jika kami menang 2-1 dan itu bukan pertandingan terbaik, semua orang mengeluh karena kami membutuhkan selisih tiga, atau empat gol," kata Jonk. “Kami masih dalam proses, masih banyak yang harus dipelajari.”

Direktur Sepakbola Volendam, Jasper van Leeuwen, mengatakan tugas selanjutnya adalah mengembangkan kebijakan transfer yang lebih berkelanjutan, terutama fokus pada penemuan bakat berpotensi tinggi baik di dalam maupun luar klub.

Contoh terbaik dari ini adalah Micky van de Ven, bek muda yang sebelumnya diabaikan di skuad U-19, yang berkembang di bawah rezim baru dan dijual ke Wolfsburg seharga 3,15 juta pounds musim panas lalu. Itu tercipta setelah Volendam memenangkan pertempuran hukum dengan agen Mino Raiola atas biaya transfer.

"Kami memiliki rencana tiga tahun, tetapi dua tahun pertama adalah untuk menciptakan nilai di klub," kata Van Leeuwen.

“Itu kurang lebih sama dengan yang kami lakukan di Ajax – temukan talenta besar baik di dalam klub atau di luar.”

"Kemudian di tahun ketiga, kami menambahkan beberapa pemain yang lebih berpengalaman untuk mendapatkan tiket promosi," timpalnya.

Tidak ada departemen kepanduan, atau bahkan kantor untuk pelatih akademi, dan Ruben Jongkind mengatakan segala sesuatu mulai dari pengembangan bakat hingga metode pelatihan perlu diubah.
“Kami harus menemukan, memilih, dan melatih pasukan pelatih dan pemandu bakat yang sama sekali baru," jelas Jongkind, Direktur Akademi dan Kerjasama di Volendam yang bertanggung jawab menulis dan mengimplementasikan Plan Cruyff di Ajax.

"Kami perlu menemukan orang-orang yang terbuka terhadap visi ini dan melatih kembali serta mendidik mereka,” tuturnya.

"Yang paling penting adalah kami ingin menunjukkan bahwa jika Anda bekerja untuk keindahan permainan, pada akhirnya Anda juga mendapatkan hasil,” timpalnya.

"Anda bisa menunjukkan itu di klub besar dengan anggaran besar, tapi itu adalah hal lain untuk menunjukkannya di klub dengan hanya 5 juta euro sebagai anggaran tahunan untuk semuanya," ungkapnya.

Menghasilkan prospek akademi dan mencari bakat yang tepat adalah kunci bagi Volendam, yang juga terbuka untuk memberikan "barang rusak" kesempatan kedua dan memiliki rata-rata usia skuad tim utama hanya 22,6 tahun.

“Jika level sebenarnya saat ini sangat tinggi, dia tidak datang ke Volendam, kami harus realistis," kata Van Leeuwen.

"Jika semua orang melihat bakat dalam dirinya, dia akan pergi ke Chelsea atau Barcelona. Banyak orang dapat menilai aktualitas - seluruh data didasarkan pada ini - tetapi Anda tidak dapat mengukur potensi,” tegasnya.

Itulah kuncinya. Jika Anda sangat baik dalam menilai tingkat potensi seorang pemain, maka itu bermanfaat. Anda dapat membawanya masuk sebelum semua orang menemukannya dan Anda juga dapat mengembangkan pemain dengan sangat baik dan masuk ke kurva pertumbuhan yang curam.

Volendam juga diuntungkan dari hubungan dengan Inter Milan, yang terkesan dengan cara mereka membina bakat muda dan telah mengirim beberapa pemain ke klub dengan status pinjaman.
“Kami memiliki beberapa talenta yang lebih besar dari Ajax.”

Membawa teori Cruyff menjadi kenyataan di kasta kedua Belanda telah menegaskan keyakinan ketiganya, bahwa pemandu bakat bekerja baik dan menciptakan lingkungan yang tepat. Itu dapat membantu pemain muda mencapai potensi mereka.

"Bekerja di Ajax, Anda kurang lebih yakin Anda memiliki anak laki-laki yang sangat berbakat, di akademi dan di sekitar tim utama, jadi alam akan terjaga jika Anda mencari bakat dengan baik," tambah Van Leeuwen.

"Kemudian pengasuhan berperan. Bagaimana Anda benar-benar mengembangkannya? Di sini alam tidak akan memberi kita 10 bakat luar biasa dari 25.000 warga Volendam - ini tidak realistis.”

"Kami mendapatkan lebih banyak informasi sebenarnya dengan berada di sini. jika Anda menemukan dan merekrut beberapa talenta yang diabaikan di tempat lain, jika Anda benar-benar menyelami karakteristik mereka, juga latar belakang mereka - mungkin mereka terlambat dewasa, mungkin mereka diabaikan karena visi yang berbeda di tempat lain.”

Tetapi, jika Anda menerima mereka, Anda memberi mereka podium, memberi mereka menit bermain, memberi mereka kepercayaan diri, mengembangkan mereka secara individu dan Anda membuat mereka merasa aman dan dihargai, manajemen Volendam melihat mereka dapat mencapai ketinggian, bahkan lebih dari kata mungkin.

“Anda tidak akan pernah mengharapkan talenta Volendam menjadi talenta yang lebih besar daripada yang dimiliki Ajax, tetapi saya dapat dengan nyaman mengatakan bahwa ada beberapa talenta yang lebih besar dari yang dimiliki Ajax,” timpalnya.

“Itu adalah hal yang penuh harapan, jika klub yang lebih kecil dapat mengalahkan klub yang lebih besar hanya dengan bekerja lebih baik. Bagi saya itu lebih bermanfaat.”

Membawa Volendam ke level selanjutnya

Jika Volendam memenangkan promosi musim ini, tujuannya adalah untuk bertahan di papan atas musim depan dan kemudian menjadi klub Eredivisie yang mapan. 

“Jika kami pergi ke sana, maka kami memiliki tantangan lain untuk tetap di sana dan tumbuh lagi,” kata Jonk. "Itu lebih sulit dan proses baru dimulai." 

Sudah ada rencana untuk stadion baru multi-fungsi - berbentuk seperti perahu, sesuai dengan akar nelayan Volendam - tetapi Jongkind mengatakan promosi akan berarti harus setidaknya menggandakan anggaran klub. 

"Kami banyak berpikir tentang strategi untuk menjual cerita dan terhubung dengan sponsor yang dapat berhubungan dengan ide pembangunan berkelanjutan ini," katanya. 

"Volendam seperti kota pemujaan, semua orang tahu itu di Belanda dan ada 1,5 juta turis setiap tahun dari seluruh dunia, jadi ada potensi besar untuk menarik lebih banyak orang daripada hanya warga Anda sendiri.”

Tapi, langkah ini dapat terealisasi apabila Volendam berada di Eredivisie dan terhubung dengan gaya yang diajarkan Wim Jonk kepada para pemain. “Kami pikir kombinasi dan cerita dari semua talenta ini, terutama yang pergi jauh setelah berada di Volendam, dapat membantu mengembangkan klub.” 

"Itu mungkin, kami hanya butuh waktu, dukungan, dan yang terpenting kami membutuhkan orang untuk mempercayainya," pungkasnya.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan FC Volendam


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network