Kisah Sance Lawita, Wasit Berlisensi FIFA yang Ternyata Eks Paspampres

"Terbaru pimpin laga Indonesia vs Timor Leste"

Berita | 28 January 2022, 18:43
Kisah Sance Lawita, Wasit Berlisensi FIFA yang Ternyata Eks Paspampres

Libero.id - Adalah Sance Lawita, wasit yang bertugas memimpin jalannya laga uji coba dalam tajuk FIFA matchday antara Timnas Indonesia vs Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Denpasar, Kamis (27/1) malam WIB. 

Kepercayaan yang diberikan oleh panitia penyelenggara kepada Sance sebetulnya tak begitu mengejutkan. Pasalnya, dalam beberapa musim belakangan, ia menjadi salah satu wasit yang dinilai memiliki kualitas kepemimpinan bagus. Hal itu juga dibuktikan dengan statusnya sebagai wasit yang sudah berlisensi FIFA. 

Tak hanya itu, yang menarik ialah latar belakang seorang Sance. Usut punya usut ternyata seorang anggota Tentara NasionaI Indonesia (TNI), ia bahkan pernah bertugas sebagai Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) pada era Susilo Bambang Yudhoyono dan juga Joko Widodo.

Lantas, bagaimana kiprah pria kelahiran Taulud, Sulawesi Utara ini sehingga bisa menjadi juru adil di atas lapangan hijau?

Menurut laporan dari Kumparan, Sance diketahui masuk dalam daftar FIFA 2022 Refereeing International List. Alias wasit berlisensi FIFA. Di Indonesia sendiri baru ada lima wasit yang mencapai prestasi membanggakan itu. Salah satunya Thoriq Al Katiri, dan Sance merupakan yang terbaru.

Namun kalau kita tarik mundur kebelakang, pada November 2012, Sance yang saat itu bertugas di Divisi 1 Kostrad Batalyon Linud 432 coba-coba mengikuti seleksi Paspampres.

Setelah melalui proses yang ketat dan panjang, ia pun diumumkan lolos seleksi dan sebulan setelahnya masuk ke dalam dalam Grup A. Yang itu artinya ia akan secara langsung mengawal orang nomor satu di Indonesia. Ya, Presiden.

Tugas pertama Sance menjadi Paspampres adalah saat mengawal SBY pada 2013 sebelum akhirnya berlanjut mengawal Jokowi pada 2016. Setelah tiga tahun bertugas, Sanche akhirnya dipindahtugaskan pada Februari 2016 di Kodam XIII Merdeka, tepatnya di Korem 131/Santiago Manado.

Kisah lebih jauhnya bisa Anda saksikan dalam tayangan di bawah ini:


Dan barulah pada sekitar tahun 2018, Sance mulai memimpin laga-laga di Liga 2 Indonesia, sampai akhirnya ia terpilih sebagai wasit terbaik dan setelah itu kariernya melejit.

Sance kini aktif sebagai wasit sepak bola. Pria kelahiran 13 Februari 1989 sudah beberapa kali memimpin pertandingan di kompetisi tertinggi sepakbola Indonesia, Liga 1.

Menurut catatan Soccerway, Sance sudah memimpin delapan pertandingan di Liga 1 dari rentang 2020 hingga kini. Sebelum memimpin laga Indonesia vs Timor Leste, Sance terakhir bertugas di duel PSIS Semarang vs Arema pada 17 Januari yang lalu.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Berita

Artikel Pilihan


Daun Media Network