Siapa Chukwubuike Adamu? Wonderkid RB Salzburg yang Jebol Gawang Bayern Muenchen di Liga Champions

"Baru saja lampaui rekor Thierry Henry.. Simak kisahnya"

Biografi | 17 February 2022, 19:46
Siapa Chukwubuike Adamu? Wonderkid RB Salzburg yang Jebol Gawang Bayern Muenchen di Liga Champions

Libero.id - Secara mengejutkan RB Salzburg hampir meraih kemenangan saat menjamu Bayern Muenchen di leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Kamis (17/2) dini hari WIB.  Sudah unggul sejak menit 21, kemenangan tim besutan Matthias Jaissle  harus tertunda karena jelang akhir laga, tepatnya di menit 90 Die Borussen mencetak gol penyama kedudukan lewat  Kingsley Coman.

Meski gagal meraih kemenangan atas Muenchen, ada satu sosok pemain RB Salzburg yang sukses mencuri perhatian, siapa lagi kalau bukan Chukwubuike Adamu. 

Pemain berusia 20 tahun yang hampir saja membawa RB Salzburg menang. Uniknya, ia masuk sebagai pemain pengganti di menit 12, dan tak sampai 12 menit berselang Adamu berhasil menyarangkan gol ke gawang yang dikawal Sven Ulreich melalui sepakan kaki kanannya.

Fakta menarik lainnya, gol yang dilesakkan Adamu itu membuat dirinya berhasil memecahkan rekor Legenda Arsenal, Thierry Henry sebagai pemain pengganti yang paling cepat mencetak gol di laga Liga Champions.

Henry melakukannya ke gawang Sparta Praha pada Oktober 2005.

Kala itu, Henry masuk di menit 15 lalu mencetak gol di menit ke-21.
Dan tak cuma itu, ia mencetak satu gol lainnya untuk membuat Arsenal menang 2-0.

Lantas siapakah sebenarnya, Chukwubuike Adamu?  Ia adalah  pemain timnas Austria dengan nama khas seorang Nigeria. Pemain yang berposisi penyerang ini termasuk talenta muda 
yang diminati oleh sejumlah klub, sejauh ini Southampton dan AS Monaco yang paling menunjukkan minat besar.

Bernama lengkap Chukwubuike Junior Adam, ia lahir di negara bagian Kano, Nigeria, tetapi telah menghabiskan sebagian besar hidupnya di Austria, di mana ia memulai perjalanan sepak bolanya saat berusia 12 tahun di GSV Wacker Youth sebelum diambil alih oleh Salzburg kurang dari setahun kemudian .

Dia berhasil melewati berbagai tingkatan usia di Salzburg mulai dari U-15 hingga skuat senior, di mana dia baru saja mencetak gol pertamanya di Liga Champions.

Gol itu adalah yang kelima dalam 27 penampilan untuk Salzburg musim ini, yang lebih mengesankan lagi karena dia baru bermain sembilan kali sebagai starter di semua kompetisi musim ini.

Adamu menunjukkan apa yang bisa dia lakukan dengan lebih banyak waktu bermain saat dipinjamkan ke klub Swiss St Gallen, di mana ia mencetak 8 gol dan memberikan tiga assist dalam 18 laga.

Dan dengan catatan itu, tak ada keraguan bagi RB Salzburg untuk membawa Adamu kembali dan memberinya kesempatan bermain secara reguler  di tim utama musim ini.

Tapi ia masih harus bersaing dengan deretan penyerang Salzburg lainnya: Karim Adeyemi, Noah Okafor dan Sekou Koita.

Tapi dengan bakat yang ia miliki, Adamu bahkan digadang-gadang akan menjadi penyerang tengah dengan uang besar berikutnya yang meninggalkan Salzburg menyusul pemain seperti Erling Haaland dan Patson Daka.

Tim nasional Austria menyadari potensi itu, itulah sebabnya mereka bergerak cepat dan memberi Adamu debutnya dengan penampilan cameo satu menit dalam kemenangan 4-2 melawan Israel dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia pada November 2021.


Itu membuat sulit atau hampir tidak mungkin (tergantung pada berapa banyak lagi panggilan yang dia terima) bagi Adamu untuk mewakili negara asal ibunya, Nigeria.

Terlepas dari hal tersebut, menarik untuk menantikan kiprah Chukwubuike Adamu.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network