Di mana Mereka? Starting XI Terbaik U-18 2016 Versi Marca

"Sang kiper kini hijrah ke PSG."

Analisis | 11 March 2022, 16:34
Di mana Mereka? Starting XI Terbaik U-18 2016 Versi Marca

Libero.id - Tidak mudah untuk menilai seberapa bagus seorang pemain ketika masih remaja. Pasalnya, tidak semua bakat yang terlihat memukau di masa remajanya akan berbuah karier yang cemerlang di masa depan.

Tapi, pada Februari 2016, surat kabar olahraga Spanyol, Marca, merilis Starting XI Terbaik Remaja U-18. Tentu penilaian mereka berdasar atas apa dilihat pada hari itu, yang mereka anggap sebagai pesepakbola terbaik di Eropa berusia 18 tahun ke bawah.

Kali ini mari kita lihat bagaimana karier para pemain itu berkembang. Dan, di mana mereka sekarang?
Kami telah mendengar banyak cerita di tahun-tahun berlalu tentang anak-anak muda yang ditakdirkan untuk mencapai kesuksesan walau tidak pernah mencapai level. Padahal, banyak orang mengira mereka mampu melakukannya.

Tapi, lima tahun kemudian, sebagian besar yang masuk dalam Starting XI dipilih secara subyektif oleh Marca telah bersinar di berbagai liga top Eropa dan di panggung internasional.

Penyerang Prancis, Kylian Mbappe, adalah salah satu yang terbaik hingga hari ini. Tapi, mari kita lihat kembali para pemain yang ditunjuk Marca sebagai pemain luar biasa dan melihat apa yang mereka lakukan sekarang.

GK: Gianluigi Donnarumma

Sulit dipercaya bahwa Donnarumma baru berusia 23 tahun; rasanya seperti dia telah bermain selama beberapa dekade. Dia pernah menjadi pahlawan kemenangan dramatis dalam adu penalti Italia di final Euro musim panas lalu. Sebagian besar akan setuju bahwa Donnarumma adalah salah satu kiper terbaik di Eropa. Dia dinobatkan sebagai pemain terbaik di turnamen bergengsi itu.

Ketika dia baru berusia 16 tahun, dia melakukan debut tim utama untuk AC Milan pada Oktober 2015. Perkembangan drastisnya sebagai penjaga gawang membuat I Rossoneri berjuang keras untuk mengamankan tanda tangannya dari tim muda ASD Napoli.

“Klub pertama yang tertarik adalah Inter,” kata Ciro Amore, mantan kepala sepakbolanya di ASD Napoli.

“Manajer tim muda mereka datang ke sini (ke kantor) untuk membicarakan dengan ayahnya. Kami bahkan pergi ke Milan untuk menandatangani perjanjian pra-kontrak dengan mereka,” tambahnya.

Inter tidak diragukan lagi menyesali fakta bahwa dia lolos dari genggaman mereka dan kemudian bergabung dengan rival sekota. Donnarumma dengan cepat dianggap sebagai pewaris takhta Italia, Gianluigi Buffon, menjadi pemain utama di sisi Milan selama masa remajanya.

Setelah tersingkir dengan sengit dari San Siro, dia bergabung dengan PSG pada awal musim ini dengan status bebas transfer, salah satu superstar yang direkrut tim Prancis itu dalam upaya mereka meraih kejayaan Liga Champions. Tapi, sialnya mereka baru saja tersingkir dari Real Madrid.

RB: Cristian Manea

Bek kanan Rumania itu dilaporkan menjalin kontrak dengan Chelsea seharga 2,3 juta pounds (Rp 43 miliar) pada 2015 saat berusia 17 tahun. Anda bisa mengerti mengapa klub London tertarik pada seorang anak muda yang sudah dibatasi oleh tim nasionalnya.

Tapi, anehnya, Chelsea tidak pernah mengumumkan penandatanganan Manea. Halaman Facebook resmi sang pemain mencantumkan dia sebagai pemain The Blues, tetapi dia tidak pernah terdaftar di Stamford Bridge. Itu menimbulkan pertanyaan, apakah Manea tahu untuk siapa dia bermain?

Setelah tujuh tahun dari kisah transfer yang aneh itu, sang bek sekarang bermain di tanah kelahirannya untuk CFR Cluj.

CB: Reece Oxford

Oxford melewati Mesut Oezil dalam debutnya di Liga Premier untuk West Ham pada 2015. Saat itu, usianya baru 16 tahun.

Itu bukan perkenalan yang buruk bagi pemain Inggris yang dianggap sebagai salah satu talenta muda terbaik yang pernah dilihat The Hammers.

Setelah dihadiahi kontrak 4 tahun pada usia 18 tahun, awal kehancuran Oxford's Irons dimulai ketika dia gagal membuat nilai pinjaman di Reading.

“Kami memiliki banyak pemain muda di skuad. Mereka perlu berkembang dan bukan gaya saya untuk meningkatkan para pemain dengan membiarkan mereka melakukan hal mereka sendiri,” kata mantan pelatih Reading, Jaap Stam.

Setelah masa pinjaman di Jerman, Oxford diambil secara permanen oleh Augsburg pada 2019, yang menjadi klub tempat dia bertahan. Pemain berusia 23 tahun itu mulai menghidupkan kembali kariernya di luar negeri. Namun, kembali ke level yang dia tunjukkan ketika dia memberi Ozil berlari di Emirates masih terasa jauh.

CB: Joe Gomez

Gomez adalah produk akademi muda Charlton Athletic. Dia membuat 21 penampilan untuk klub di musim 2014/2015 dan penampilannya yang mengesankan membuat pindah ke Liverpool.

Dia tampil di Inggris dan memenangkan trofi di bawah asuhan Juergen Klopp di level klub. Pemain berusia 24 tahun itu telah menunjukkan kelasnya sebagai bek tengah di panggung terbesar. Tapi, lantaran cedera membuat Gomez belum memperkuat posisinya dalam rencana Gareth Southgate.

Fakta bahwa Gomez telah berjuang selama beberapa menit di Liverpool musim ini, tapi dia lebih sering dijadikan opsi oleh Klopp. Dia belum mampu menggeser pesaingnya seperti: Virgil van Dijk, Joel Matip, dan Ibrahima Konate di skuad utama.

LB: Kieran Tierney

Muncul melalui sistem pemain muda Celtic untuk melakukan debutnya pada April 2015, Tierney kemudian menjadi pemain timnas Sotlandia dan pemain kunci untuk tim Glasgow dalam waktu cepat.

Dan, dengan segera, Mikel Arteta membawa bek sayap itu ke Arsenal pada 2019. Dia adalah pemain penting bagi The Gunners yang bersaing untuk mengamankan tempat Liga Champions yang sangat didambakan musim ini.

DM: Youri Tielemans

Tielemans menjadi pemain termuda ketiga dalam sejarah Liga Champions ketika dia menjadi starter untuk Anderlecht melawan Olympiakos pada 2013.

Setelah empat tahun di tanah airnya menjalankan pertunjukan di level tim utama, pemain timnas Belgia itu bergabung dengan Monaco.

“Luar biasa kami bisa menikmati empat musim dengan talenta seperti itu. Tielemans ada di semua daftar pemain muda paling menjanjikan di Eropa.” kata Direktur Olahraga Anderlecht, Herman Van Holsbeeck, setelah anak muda itu berangkat ke Prancis.

Tapi, dia kemudian meninggalkan Monaco pada 2019, masa peminjaman di Leicester diubah menjadi kesepakatan permanen oleh The Foxes setelah Tielemans mencapai puncaknya di Liga Premier.

Namun, masa tinggalnya dengan tim Brendan Rodgers bisa berakhir di musim panas karena pemain berusia 24 tahun itu belum menandatangani kontrak baru di klub.

CM: Ruben Neves

Neves menjadi pencetak gol termuda Porto dan pemain termuda yang menjadi kapten di Liga Champions. Dia melakukannya saat melawan Maccabi Tel Aviv pada 2015. Pemain timnas Portugal itu banyak peminat dari klub-klub top di Eropa.

Pada usia 20 tahun, Wolves menggunakan hubungan dekat mereka dengan agen pemain Jorge Mendes untuk menyelesaikan penandatanganan mengejutkan. Dia membantu klub mencapai Liga Premier dan tetap menjadi salah satu aset terbaik mereka.

Tinggal berapa lama dia tinggal di Molineux. Tapi, masih harus dilihat, karena beberapa klub juga mengantri untuk membawanya dari Bruno Lage di musim panas.

CM: Renato Sanches

Sanches meroket melalui jajaran pemuda Benfica. Dia menjadi starter tim utama pada usia 18 tahun, dan ikut serta dalam skuat pemenang Euro 2016 Portugal. Karier awalnya yang luar biasa membuat Bayern Munich mengontraknya seharga 35 juta euro(Rp 550 miliar).

Tapi, waktunya di Jerman tidak berjalan sesuai rencana, dan masa peminjamannya di Swansea City tidak diragukan lagi merupakan titik terendah dalam karier naik-turun sejauh ini karena dia gagal tampil mengesankan di bawah Paul Clement.

“(Renato) mengira dia akan pergi ke Man United, Chelsea, atau PSG,” kata Clement.

“Ketika dia datang (ke Swansea), dia jauh lebih rusak daripada yang saya kira. Dia adalah anak laki-laki yang hampir menanggung beban dunia di pundaknya.” tambahnya.

Tapi, Sanches sekarang memiliki karirnya kembali ke jalurnya saat dia menikmati kebangkitan di Prancis bersama Lille.

RW: Martin Odegaard

Odegaard tiba di Real Madrid sebagai wonderkid pada 2015. Dia melakukan debutnya untuk Norwegia ketika baru berusia 15 tahun. Prospek bermain bersama Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale adalah “mimpi yang menjadi kenyataan,” tetapi sang gelandang tidak membuat banyak dampak di Bernabeu.

Meskipun tampil mengesankan dalam masa pinjaman dengan Real Sociedad, kariernya tampak terhenti di Madrid sebelum Arteta membawanya ke Arsenal pada Januari 2021 – sebuah langkah yang dibuat permanen musim panas lalu. Seperti Tierney, Odegaard adalah salah satu letnan paling terpercaya di Spanyol.

TT: Dominic Solanke

Solanke mencetak gol untuk di tingkat pemuda untuk Chelsea. Dan, dia adalah bintang dalam beberapa kemenangan FA Youth Cup, tetapi seperti banyak pemain. Sayangnya, dia tidak pernah menembus tim utama The Blues.

Klopp menyadari potensi sang striker dan membawa Solanke ke Anfield pada 2017. Namun, itu tidak berhasil untuk anak muda di Merseyside. Menggantikan tiga pemain depan Mo Salah, Roberto Firmino dan Sadio Mane itu jelas tidak mungkin; sebuah tantangan bagi penyerang mana pun di dunia sepakbola pada saat itu.

Solanke kini menjadi pencetak gol terbanyak Bournemouth di Championship musim ini. Peluang untuk bersinar di Liga Premier bisa tiba musim depan jika pasukan Scott Parker meraih promosi dari kasta kedua.

LW: Kylian Mbappe

Tidak banyak yang perlu dikatakan tentang generasi internasional Prancis ini. Sejak dia tampil di tim utama Monaco pada 2015, jelas Mbappe luar biasa dan dia kemudian diakui sebagai salah satu pemain terbaik di dunia.

Membintangi PSG dan Prancis, sebuah kemenangan Piala Dunia sudah di raih Mbappe. Pemain berusia 23 tahun itu masih butuh beberapa tahun untuk membuktikan kehebatannya lebih jauh, Ballon d'Or hanya masalah waktu.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network