Wasit Byron Moreno: Italia vs Korsel Laga Terbaik dalam Karier Saya

"Masih ingat dengan sosok Bryon Moreno? Begini kabarnya sekarang."

Berita | 07 April 2022, 22:02
Wasit Byron Moreno: Italia vs Korsel Laga Terbaik dalam Karier Saya

Libero.id - Nama Byron Moreno akan selalu dikenang sebagai mimpi buruk bagi para penggemar dan pemain Italia, tetapi 20 tahun sejak pertandingan di Korea Selatan itu, Moreno berujar bahwa laga tersebut merupakan 'salah satu penampilan terbaik dalam karier saya,' bahkan jika ia hanya memiliki satu penyesalan.

Tersingkir di babak 16 besar Piala Dunia 2002 di Jepang dan Korea Selatan tetap menjadi kabar buruk untuk Gli Azzurri, lebih sedikit karena hasil itu sendiri dan lebih pada bagaimana hal itu terjadi.

Wasit Ekuador Moreno dan asistennya membuat serangkaian keputusan kontroversial yang menguntungkan negara tuan rumah pada Juni 2002, termasuk dua gol yang dianulir karena keputusan offside yang sangat meragukan, penalti untuk tuan rumah, tendangan penalti yang tidak diberikan kepada Italia dan Francesco Totti yang diusir keluar lapangan. 

Kini, pria yang telah malang melintang di berbagai kompetisi internasional, angkat bicara soal salah satu laga paling fenomenal di ajang Piala Dunia.

"Setelah sekian lama, saya masih menerima hinaan di media sosial dari fans Italia, tapi hati nurani saya bersih," ujar Moreno kepada La Gazzetta dello Sport.

Ia sekarang menjadi pembawa acara program televisi yang menganalisis kesalahan wasit, meskipun ceritanya sejak hari itu tidak benar-benar membantu reputasinya.

Moreno dikeluarkan dari FIFA dan wasit Ekuador pada tahun 2003 setelah memberikan 13 menit penghentian dan penalti kontroversial untuk memberikan kemenangan Liga Quito, klub tempat ia mencalonkan diri sebagai Walikota di kota mereka.

"Ada penghentian, wasit harus memperhitungkannya saat memberikan injury time."

Pada September 2010, Moreno ditangkap di Bandara JFK di New York membawa 6kg heroin.

“Itu adalah hari yang buruk dalam karir saya. Semua orang tahu kenapa saya melakukannya, saya diancam dan dipaksa membawa heroin. Nyawa istri saya dalam bahaya.”

Ketika datang ke pertandingan Italia melawan Korea Selatan, Moreno hanya memiliki satu penyesalan.

“Wasit, terutama pada saat itu sebelum VAR, memiliki waktu sepersekian detik untuk memilih dan bertindak. Saya tidak khawatir, karena saya tahu tidak ada keputusan wasit yang memengaruhi hasil pertandingan itu."

“Misalnya, kartu merah Totti adalah salah satu insiden yang paling banyak dikritik, tetapi jika Anda melihat videonya, pemain Korea yang mendapat bola lebih dulu. Italia tersandung dan jatuh, mencoba untuk mensimulasikan pelanggaran, itulah sebabnya ia mendapat kartu kuning untuk kedua kalinya."

“Aturannya meminta kartu kuning untuk simulasi. Saya menghormati aturan dan gambarnya jelas. Totti tidak memprotes, justru Christian Vieri dan Angelo Di Livio yang mengeluh."

“Jika seorang pemain dihukum dan tidak memprotes, dia tahu dia salah. Itulah sikap Totti ketika dia melihat kartu merah.”

Namun, insiden itu terjadi di perpanjangan waktu, sedangkan Moreno mengungkapkan bahwa ia memiliki satu penyesalan sejak hari itu.

“Sun-Hon Hwang menebas Gianluca Zambrotta pada menit ke-72 dan dia dipaksa keluar lapangan karena cedera. Itulah satu-satunya situasi yang membuat saya merenung selama bertahun-tahun. Kembali, saya akan memberikan kartu merah kepada pemain Korea."

“Saya hanya manusia, saya salah menilai intensitas tantangan saat itu. Yang bisa Anda yakini adalah bahwa saya tidak pernah ingin mendukung atau melawan tim tertentu.”

Dalam hal gol Damiano Tommasi yang dianulir secara tidak benar, Moreno menyalahkan hakim garis saat itu, Jorge Ratallino.

Meskipun mengakui kesalahan itu, Moreno masih menganggap Italia-Korea Selatan sebagai “salah satu dari tiga penampilan wasit teratas saya. Saya memberi diri saya nilai 8,5 dari 10.

“Italia membuat kesalahan hari itu, Giovanni Trapattoni seharusnya tidak memasukkan Gennaro Gattuso daripada striker. Saat itulah Italia kalah dalam pertandingan.”

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network