Bukan Pemain, Inilah Peran Terbaru Zlatan Ibrahimovic di Timnas Swedia

"Idola dua generasi. Si tua yang berkarakter."

Berita | 09 June 2022, 12:07
Bukan Pemain, Inilah Peran Terbaru Zlatan Ibrahimovic di Timnas Swedia

Libero.id - Usia boleh tua. 40 tahun. Tapi soal kehebatan dan prestasi tak perlu diragukan lagi. Zlatan Ibrahimovic adalah nama yang tak pernah berhenti membuat pencinta sepakbola manapun kagum.

Terbaru ia kembali menghantarkan AC Milan meraih Scudetto. Dan dalam beberapa tahun kedepan kita masih akan tetap menyaksikan eks Barcelona, Inter Milan, Ajax Amsterdam, Paris Saint-Germain, dan klub lainnya itu pensiun, belum ada tanda-tanda.

Lain di level klub lain juga di level negara,  pemain dengan postur jangkung itu sudah tidak lagi bisa kita saksikan berlaga bersama Timnas Swedia. Ibrahimovic sendiri  mengumumkan pensiun pada 2016 usai gagal membawa Swedia lolos ke Euro 2016.

Beberapa kali ingin kembali merumput, namun masalah cedera selalu jadi penghalang. Piala Dunia 2018 dan Euro 2020 gagal. Meskipun begitu, Ibrahimovic telah menahbiskan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak untuk Timnas Swedia. Ia berhasil 62 kali merobek jala lawan dalam 62 caps yang dimulainya sejak tahun 2001 lalu.

Dan karena sumbangsihnya yang besar untuk negara, belum lama ini Ibrahimovic telah menjalin kesepakatan  dengan SvFF (Asosiasi Sepak Bola Swedia) bahwa nantinya ia akan menjadi brand ambasador tim berjuluk Blågult.

Menurut laporan Gazetta, hal tersebut tak ragu disetujui oleh pihak federasi sebab Ibrahimovic merupakan sosok yang menginspirasi bagi setidaknya dua generasi terakhir para pesepak bola Swedia.

Ibrahimovic yang sudah malang melintang membela klub-klub top Eropa memang sarat akan prestasi. Dari mulai trofi domestik sampai dengan Liga Champions telah ia menangkan.


Dengan begitu Ibrahimovic memang layak untuk tetap menjadi bagian dari Timnas sebagai sosok yang representatif.

Ibrahimovic nantinya tidak akan memiliki peran operasional sebagai manajer tim, melainkan hanya menjadi sosok yang berada di pinggir lapangan dan mengenakan jaket & kaos selayaknya brand ambassador. Rencananya, ia bakal menjabat posisi tersebut usai sembuh total dari cedera, yang diperkirakan pada Februari tahun depan.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network