Karier Unik Vitinha, Menuju PSG Setelah Gagal di Klub Medioker Inggris

"Nasib orang siapa yang tahu? Dari pemain kelas dua jadi golongan elite."

Analisis | 01 July 2022, 16:08
Karier Unik Vitinha, Menuju PSG Setelah Gagal di Klub Medioker Inggris

Libero.id - Perjalanan karier Vitinha menuju transfer 40 juta euro (Rp626 miliar) ke Paris Saint-Germain (PSG) pada musim panas 2022 cukup unik. Dirinya gagal bersama Wolverhampton Wanderers, tapi sukses saat membela FC Porto.

Vitor Machado Ferreira baru saja menjalani petualangan aneh di sepakbola. Dididik di Akademi FC Porto, pemuda berusia 22 tahun tersebut kemudian pindah ke Liga Premier untuk membela Wolverhampton Wanderers pada 2020/2021. Ada opsi transfer permanen di akhir musim dengan nominal 20 juta euro (Rp312 miliar).

Sayang, harapan melihat Vitinha bersinar di Liga Premier tidak terwujud. Dia hanya mampu bermain 19 kali di liga tanpa mencetak gol. Akibatnya, opsi transfer tidak diaktifkan.

Kegagalan Vitinha membela Wolves secara permanen ternyata membawa berkah lain. Dia kemudian kembali ke Portugal. Sepanjang musim 2021/2022, Vitinha ternyata moncer bersama FC Porto di Primeira Liga.

Vitinha dengan cepat mendapatkan tempat di jantung sistem 4-4-2 ala Sergio Conceicao. Dengan kemampuanmembawa bola dan memberikan umpan, Vitinha ternyata sanggup mencatatkan empat gol dan tiga assist dalam 47 pertandingan di semua kompetisi resmi.

Musim yang produktif di level klub membuat Vitinha mendapatkan panggilan tim nasional Portugal pada Maret 2022. Dia kemudian menjalani debut dalam kemenangan play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 atas Makedonia Utara. Kemenangan itu membawa Portugal ke Qatar.

Akibatnya, Paris Saint-Germain (PSG) datang dengan proposal 40 juta euro (Rp626 miliar). Negosiasi lancar, dan para pihak sepakat. Bahkan, juara Prancis itu menganggap kesepakatan dengan Vitinha sebagai investasi masa kini dan masa depan. Mereka menyodorkan kontrak hingga 2027.

Siapa Vitinha, dan mengapa PSG mengontraknya? Vitinha adalah produk Akademi Porto. Dia bergabung dengan raksasa Portugal itu saat berusia 11 tahun. Dia melakukan debut senior dalam pertandingan Piala Portugal melawan Varzim pada 14 Januari 2020. Dua minggu kemudian, dia menjalani debut liga melawan Gil Vicente.

Dengan waktu pertandingan yang terbatas, dan FC Porto harus mematuhi peraturan Financial Fair Play (FFP), pinjaman satu musim di Wolves disetujui pada September 2020. Ini menjadi panggung yang tepat bagi Vitinha untuk unjuk keterampilan kepada sepakbola Eropa.

Kini, setelah mendapatkan Vitinha, PSG tampaknya belum akan berhenti. Rumor menyatakan PSG tertarik memindahkan Robert Lewandowski. Ada juga kabar tentang Kalvin Phillips, Ousmane Dembele, hingga Renato Sanches.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Paris Saint-Germain


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network