Pengertian Screening dalam Permainan Bola Basket

"Ada banyak istilah dalam bola basket, salah satunya screening."

Analisis | 13 August 2022, 16:43
Pengertian Screening dalam Permainan Bola Basket

Libero.id - Dalam permainan bola basket, dikenal istilah screening dan sangat sering dilakukan oleh para pemain saat bertanding di lapangan. Biasanya, para pemain bertahan akan melakukan teknik ini saat dia menghadapi serangan dari pemain lawan. Teknik screening akan dilakukan untuk memblok pergerakan lawan yang sedang tidak membawa bola. 

Namun, tidak sembarang pemain bisa ahli melakukannya. Screening perlu latihan khusus agar dianggap sah dan tidak menjadi pelanggaran yang menguntungkan lawan.

1. Pengertian screen dalam bola basket

Pengertian screen dalam bola basket adalah sebuah upaya untuk memperlambat atau menghambat pergerakan lawan tanpa bola, agar tidak dengan mudah menerima bola dari rekannya. Screening tidak mudah dilakukan kecuali bagian pemain yang sudah ahli. Yang bisa melakukan screening dengan sah.

2. Indikator sah atau tidaknya screening

Screen yang sah saat dalam posisi statis (di dalam silindernya) ketika kontak terjadi. Menempatkan kedua kakinya di atas lantai ketika kontak terjadi. Sedangkan screen yang dianggap pelanggaran adalah saat sedang bergerak ketika kontak terjadi. Lalu, tidak memberikan jarak yang cukup dalam melakukan screen yang berada di luar jarak pandang lawannya ketika kontak terjadi. Terakhir, tidak mematuhi elemen waktu dan ruang terhadap lawan yang sedang bergerak sewaktu kontak terjadi.

3. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan screen

Jika screen dilakukan dalam jarak pandang lawan yang berdiri statis (dari depan atau dari samping), maka pemain yang melakukan screen boleh memposisikan dirinya sedekat mungkin terhadap lawan, selama tidak ada kontak. Sementara, jika screen dilakukan di luar jarak pandang lawan yang berdiri statis (dari belakang), maka pemain yang melakukan screen harus memberikan jarak satu langkah normal terhadap lawan.

Jika lawan sedang bergerak, elemen waktu dan ruang harus diterapkan. Pelaku screen harus memberikan cukup ruang, sehingga lawan yang akan discreen dapat menghindari screen dengan berhenti atau merubah arah.

Jarak yang diperbolehkan untuk diberikan tidak boleh kurang dari 1 langkah normal dan tidak lebih dari 2 langkah normal.

4. Bagaimana cara melakukan screen yang benar?

Pemain yang tidak membawa bola, mendekati rekan yang membawa bola dengan tujuan menghadang lawan.  

Pemain yang tidak membawa bola berdiri tegap dengan kuda-kuda dan berada di samping lawan. 

Perhatikan jarak agar tidak terjadi pelanggaran. Tangan di depan dada dan menyilang. 

Pemain yang membawa bola dribbling ke arah rekan dan membuat lawan terbentur/terhadang oleh rekan yang tidak membawa bola.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan




Daun Media Network