Permainan Bola Kecil, Pengertian dan Contoh-contohnya

"Ada banyak sekali jenis olahraga yang satu ini."

Analisis | 18 August 2022, 14:18
Permainan Bola Kecil, Pengertian dan Contoh-contohnya

Libero.id - Olahraga yang menggunakan bola sebagai objek permainan terbagi menjadi dua, yaitu permainan bola besar dan permainan bola kecil.

Secara sederhana, pengertian permainan bola kecil adalah permainan yang menggunakan bola berukuran kecil. Dengan memiliki tujuan olahraga pada umumnya yaitu untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan menyehatkan badan serta tubuh kita. Berbeda dengan permainan bola besar, permainan bola kecil lebih membutuhkan alat bantu berupa alat pukul seperti tongkat, raket, dan lain-lain.

Contoh permainan bola kecil

1. Bulutangkis

Bulutangkis adalah permainan yang menggunakan raket dan bola berukuran kecil yang dinamakan kok, Shuttlecock dipukul menggunakan raket agar melewati net yang dibentangkan di tengah lapangan. Kok terbuat dari bulu angsa serta memiliki bantalan karet di bawahnya.

Bulutangkis memiliki lima nomor pertandingan, yaitu tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri, serta ganda campuran.     

Permainan bulutangkis sangat populer di kawasan Asia, seperti Indonesia, Malaysia, China, Jepang, dan Korea Selatan. Bahkan di Indonesia, bulutangkis menjadi satu-satunya cabang olahraga yang kerap memberikan prestasi di kancah internasional, seperti SEA Games, Asian Games, hingga Olimpiade.       
2. Tenis Lapangan

Tenis lapangan merupakan permainan yang menggunakan bola sebesar kepala tangan, serta raket sebagai pemukulnya. Sama seperti bulu tangkis, bola harus melewati net yang berada di tengah lapangan. Selain itu, nomor yang dipertandingkan juga sama, yaitu tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri, serta ganda campuran.

3. Tenis Meja

Tenis meja adalah permainan yang menggunakan bola ping pong danraket tenis meja khusus yang dinamakan bet. Seperti namanya, permainan ini tidak dilakukan di lapangan, melainkan di atas meja.

Bola tenis meja memiliki ukuran diameter 40 mm, dan nomor yang dipertandingkan sama seperti bulu tangkis dan juga tenis lapangan, yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

4. Rounders

Rounders dimainkan secara berkelompok oleh dua tim, di mana kedua tim terbagi menjadi dua, yaitu satu tim sebagai pemukul dan satu tim lainnya sebagai penjaga. Untuk memainkan rounders dibutuhkan beberapa alat bantu, seperti pemukul, bola, base (tempat hinggap), dan tiang bendera batas.

5. Golf

Golf adalah permainan yang menggunakan bola kecil, kemudian dipukul menggunakan tongkat pemukul yang dinamakan klab ke dalam 9 atau 18 liang secara berurutan. Dalam permain golf sangat membutuhkan konsentrasi tinggi di mana para pemain harus ahli dalam memukul bola, serta mampu membaca arah angin dengan baik.

6. Bisbol

Bisbol adalah salah satu olahraga yang menggunakan bola kecil, beserta dengan pemukulnya. Bisbol dimainkan oleh dua tim yang berisikan sembilan pemain.

Olahraga ini sangat populer di beberapa negara, khususnya di kawasan Amerika Utara, Amerika Latin, dan Asia Timur. Sementara di Indonesia, peminat permainan ini tidak sebanyak permainan bola kecil lainnya, seperti bulutangkis, tenis lapangan, atau tenis meja.

7. Kriket

Kriket adalah permainan bola kecil yang juga dilakukan di luar ruangan dan terdiri dari dua tim dengan masing-masing tim sebanyak 11 pemain. Permainan bola kecil yang satu ini berasal dari Inggris, dan sangat populer di kawasan Asia Selatan, seperti India, Pakistan, dan Srilanka.

8. Hoki

Hoki adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim di lapangan dengan menggunakan stik pemukul dan bola kecil. Cara memainkan olahraga ini cukup mudah, yaitu kedua tim harus memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya. Untuk memainkan hoki, seorang atlet juga harus mengenakan baju pelindung serta helm.

Olahraga ini cukup populer di Amerika Serikat, Afrika Selatan, Australia, India, Kanada, Pakistan, dan Selandia Baru.

9. Sepak Takraw

Olahraga sepak takraw cukup populer di negara-negara Asia Tenggara, khususnya Thailand, Myanmar, Vietnam, dan Malaysia. Sepak takraw adalah permainan bola kecil yang merupakan campuran dari sepakbola, bola voli, dan bul tangkis.

a). Sepak takraw dikatakan campuran dari sepakbola karena boleh dimainkan oleh seluruh anggota tubuh, kecuali tangan.

b). Sepak takraw dikatakan campuran dari bola voli karena teknik umpan, bloking, dan serangannya mirip bola voli.

c). Sepak takraw dikatakan campuran dari bulutangkis karena ukuran lapangan, net yang berada di tengah lapangan, serta perhitungan poinnya mirip dengan bulu tangkis.

10. Biliar

Biliar adalah permainan bola kecil yang menggunakan stik panjang sebagai pemukulnya agar mengenai bola sasaran yang bernomor. Bola yang disasar tersebut harus masuk ke dalam lubang meja yang berbentuk persegi panjang berlapis kain laken.

Di Indonesia, permainan bola kecil yang satu ini cukup sering dimainkan, terlebih setelah beberapa tempat makan sudah menyediakannya.

Manfaat Permainan Bola Kecil

1. Menghilangkan Stres

Permainan bola kecil dapat mengurangi dan menghilangkan stres. Permainan ini termasuk jenis olahraga ringan yang membantu memberikan ketenangan pikiran. Tanpa disadari, melakukan olahraga secara teratur dapat membantu kerja ota agar fokus dan mengatasi pikiran stress dan gelisah.

2. Membangun Percaya Diri

Di sisi lain, permainan bola kecil dapat membangun percaya diri karena dalam praktiknya olahraga ini menghadapi lawan. Hal ini dapat membawa rasa percaya diri dalam seseorang untuk berhadapan dengan orang lain.

3. Melatih Ketangkasan

Permainan bola kecil sejatinya membutuhkan konsentrasi tinggi serta strategi matang. Maka dari itu permainan ini membutuhkan ketangkasan dan kelincahan.

4.  Mengurangi Ketegangan Otot

Ketegangan otot biasanya terjadi karena tubuh tidak dibiasakan untuk bergerak. Permainan bola kecil dapat membantu mengurangi ketegangan otot karena melakukan gerakan-gerakan ringan yang membuat otot menjadi rileks.

5.  Meningkatkan Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani dipercaya dapat meningkatkan kebahagiaan. keuntungan melakukan permainan bola kecil membuat badan menjadi bugar tanpa rasa lelah yang berlebihan.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network