Cara dan Teknik Menyundul Bola yang Benar dalam Permainan Sepakbola

"Salah satu sundulan terbaik dilakukan Robin van Persie. Masih ingat?"

Analisis | 20 August 2022, 13:13
Cara dan Teknik Menyundul Bola yang Benar dalam Permainan Sepakbola

Libero.id - Dalam aturan olahraga sepakbola, semua pemain selain kiper dapat memainkan bola dengan seluruh anggota badan, kecuali tangan. Tak jarang para pemain menggunakan kepala untuk mencetak gol atau menghalau seragan lawan. Ini disebut heading atau menyundul.

Menyundul sudah menjadi salah satu teknik dasar dalam bermain sepakbola. Teknik dasar yang satu ini adalah berupa gerakan menyundul dengan kepala yang dilakukan pemain untuk menggapai bola di udara dengan ketinggian yang tidak bisa digapai dengan kaki.

Terdapat beberapa tujuan menyundul bola dalam permainan sepakbola. Sebut saja mengumpan, mencetak gol, membuang bola, atau mematahkan serangan lawan.

Dalam permainan sepakbola, teknik menyundul bola bisa jadi petaka. Bisa juga jadi peluang. Sebab, banyak gol tercipta secara langsung atau tidak langsung dari duel di udara dengan menggunakan kepala.

Mencetak gol langsung dengan menggunakan kepala terbilang sulit. Itu karena untuk bisa menyundul bola, pemain perlu mengatur posisi badan dan waktu yang tepat ketika melompat. Tapi, bagi pemain yang sudah ahli, hal ini terlihat mudah saja. Bisanya, mereka akan mengandalkan insting.

Salah satunya yang jago menyundul adalah Robin van Persie. Saat membela Belanda di Piala Dunia 2014, Robin van Persie berhasil mencetak gol indah melalui sundulan. Dia melakukannya saat Belanda mengalahkan Spanyol 5-1.

Gol Robin van Persie itu tercipta pada menit 44, saat Daley Blind mengirimkan umpan silang jauh dari pingggir kiri lapangan. Bola melayang menuju kotak penalti. Saat bola mendekat, Robin van Persie terlihat seperti terbang saat melakukan sundulan itu. Bola meluncur di atas kepala Iker Casillas dan mengoyak gawang Spanyol.

Tentu saja, apa yang dilakukan Robin van Persie tidak datang begitu saja. Itu butuh usaha, latihan, dan kerja keras bertahun-tahun.

Merujuk pada buku Olahraga (2016) karya Sukma Aji, dalam menyundul terdapat beberapa prinsip yang harus diperhatikan pemain. Salah satu yang paling penting adalah menyundul dengan baik harus menggunakan dahi. Itu agar hasil sundulan tetap keras.

Cara Menyundul Bola dengan Baik dan Benar

1. Lari menjemput arah datangnya bola, arah pandangan yang benar saat persiapan untuk melakukan teknik dasar menyundul bola adalah tertuju pada arah bola. 

2. Sikap otot leher yang benar saat melakukan teknik dasar gerakan menyundul bola adalah dikuatkan atau dikeraskan. 

3. Bagian badan untuk menyundul bola dengan baik harus menggunakan dahi, yaitu daerah kepala di atas kedua kening di bawah rambut kepala. 

4. Badan ditarik ke belakang melengkung pada daerah pinggang, kemudian dengan gerakan seluruh tubuh, yaitu kekuatan otot-otot perut, kekuatan dorongan panggul dan kekuatan kedua lutut, kaki diturunkan, badan diayun ke depan sehingga dahi dapat mengenai bola

5. Pada waktu menyundul bola, mata tetap terbuka tidak boleh dipejamkan, selalu mengikuti arah datangnya bola dan mengikuti ke mana bola diarahkan, selanjutnya diikuti dengan gerak lanjutan untuk segera lari mencari posisi.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan




Daun Media Network