Libero dalam Permainan Bola Voli, Pengertian dan Tugas Utamanya

"Ini seperti kiper di sepakbola, punya berbagai keistimewaan."

Analisis | 22 August 2022, 22:27
Libero dalam Permainan Bola Voli, Pengertian dan Tugas Utamanya

Libero.id - Seperti sepakbola dan bola basket, olahraga bola voli juga berkembang sangat pesat, baik peraturan maupun cara bermain. Dalam bola voli, terdapat empat posisi permainan, yaitu server, setter/tosser, spiker/smasher, dan libero. Masing-masing memiliki tugas dan peran berbeda.

Dalam permainan bola voli posisi, pemain yang bertugas sebagai penahan serangan dari lawan dan melakukan blok disebut libero atau defender.

Pengertian Libero

Merujuk buku Improve Your Volley, libero merupakan pemain spesialis pertahanan yang mengenakan jersey warna yang berbeda dibandingkan rekan satu timnya. Sementara secara bahasa, libero berasal dari istilah Italia, yang berarti bebas.

Arti katanya tidak jauh dengan peran yang dilakukan pemain yang berposisi sebagai libero. Pemain tersebut bisa keluar masuk lapangan tanpa menggunakan langkah pergantian pemain, dan kerap mengisi posisi sebagai blocker di bagian tengah, tapi tidak boleh melakukan smash.

Aturan Khusus Libero

Libero memiliki aturan tersendiri. Pemain yang berposisi sebagai libero dilarang memainkan posisi barisan depan atau lapangan depan. Artinya posisi libero hanya bermain di garis belakang permainan.

Tapi, libero memiliki hak istimewa dalam pertandingan bola voli. Dia bisa keluar masuk dalam lapangan tanpa menggunakan langkah pergantian pemain, dan kerap mengisi posisi sebagai blocker di bagian tengah. Selain itu, jersey mereka harus berbeda dengan rekan setim lainnya.

Tugas Libero

Tugas utama dari pemain yang berposisi sebagai libero adalah untuk mengatur dan mengendalikan seluruh lini pertahanan. Selain itu, libero juga memiliki tugas mengejar bola pertama yang mengarah ke area permainannya.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network