Walking, Pengertian dan Aturannya dalam Permainan Bola Basket

"Permainan bola basket punya banyak aturan. Walking contohnya.."

Analisis | 23 August 2022, 13:58
Walking, Pengertian dan Aturannya dalam Permainan Bola Basket

Libero.id - Bola basket adalah salah satu permainan bola besar yang populer di era modern. Seperti cabang olahraga lain, permainan bola basket juga mempunyai aturan khusus yang harus ditaati. Salah satunya aturan membawa bola di lapangan.

Dalam permainan bola basket, pemain harus memantulkan bola ke lantai sambil berjalan atau berlari. Di sepakbola, ini menggunakan kaki dan disebut dribel.

Merujuk laman resmi Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), gerakan dribbling atau menggiring bola merupakan teknik dasar dalam permainan bola basket. Upaya membawa bola dengan teknik ini biasa digunakan pemain untuk melewati penjagaan lawan.

Berbeda dengan sepakbola, dribel di bola basket memiliki aturan khusus, yaitu batasan langkah ketika membawa bola tanpa memantulkannya ke permukaan lapangan. Pelanggaran atas aturan tersebut akan menerima hukuman, yang disebut walking atau traveling violation.

Dalam permainan bola basket, pemain dinyatakan melakukan walking jika membawa bola tanpa memantulkannya ke permukaan lapangan lebih dari dua langkah penuh. Mengutip hasil revisi peraturanFIBA pada 2018, jumlah langkah tersebut tidak menghitung gerakan kaki pemain ketika menerima bola dari rekan.

Konsep dasar walking atau travelling violation berpusat pada langkah tambahan seorang pemain saat menguasai bola di lapangan. Terlebih, jika pemain tersebut sudah menghentikan langkah kedua kakinya sesaat setelah menerima bola di lapangan.

Namun, seorang pemain bisa mengindar agar tidak terkena walking. Salah satu upaya yang bisa dilakukan setelah menerima bola adalah dengan memanfaatkan teknik pivot.

Gerakan pivot merupakan teknik menggunakan satu kaki sebagai poros, sementara pemain dapat berputar atau mengubah arah badan untuk mengoper bola maupun menembak ke ring. Sebab, walking bisa terjadi jika pemain menggerakkan salah satu kaki yang digunakan sebagai poros dan menapakkannya ke lapangan tanpa melepaskan bola.

Hal tersebut bisa membuat seorang pemain yang menerima operan, kemudian melompat serta menapak kembali ke permukaan lapangan tanpa menembakkan bola, dikenakan walking.

Dan, jika pemain berdiri saat sedang menguasai bola, kemudian terjatuh di lapangan, hal itu juga dapat dikenakan walking.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network