Jelaskan Pengertian Bola Voli Mini dan Cara Bermainnya

"Minat memainkannya? Simak aturan bola voli mini berikut ini."

Analisis | 25 August 2022, 15:43
Jelaskan Pengertian Bola Voli Mini dan Cara Bermainnya

Libero.id - Di era modern, beberapa permainan olahraga bola besar semakin populer dan berkembang pesat. Bahkan, muncul beberapa variasinya seperti futsal, sepakbola mini, basket 3x3, hingga bola voli mini.

Khusus bola voli mini, permainan ini diperuntukkan anak-anak. Olahraga modifikasi ini diharapkan sebagai adaptasi permainan bola voli lapangan besar dan juga sebagai bentuk pembelajaran olahraga untuk siswa usia dini.

Variasi permainan bola voli mini adalah bentuk materi pembelajaran dengan modifikasi, agar olahraga voli juga dapat dimainkan oleh kalangan siswa sekolah dasar hingga menengah. Terdapat beberapa perbedaan dalam permainan bola voli mini jika dibandingkan dengan bola voli lapangan besar, terutama jumlah pemain dan luas lapangan.

Cara Bermain Bola Voli Mini

Mengukip dari buku Petunjuk Tes Keterampilan Bola Voli Usia 13-15 Tahun (1999) diterbitan Depdikbud, jumlah pemain inti dalam permainan bola voli mini untuk setiap timnya adalah 2-4 orang.

Ukuran lapangan bola voli mini memiliki panjang 12 meter dan lebar 5,5 meter. Lalu, tinggi net dari permukaan tanah sekitar 2-2,1 meter. Untuk panjang dari net 7 meter dengan lebar 90 cm. Sementara berat bola dalam permainan bola voli mini berkisar 230-250 gram atau menggunakan standar ukuran 4.

Bola voli mini memiliki peraturan yang tidak jauh berbeda dengan bola voli lapangan besar. Merujuk pada regulasi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI), terdapat dua tim yang saling berhadapan di lapangan dengan jumlah pemain satu tim bola voli mini adalah terdiri dari 2-4 orang, serta 1-2 pemain cadangan.

Kesempatan pergantian pemain tim tidak terbatas dan bebas dilakukan, asal dilakukan ketika permainan sedang berhenti. Setiap tim memiliki kesempatan untuk menyentuh bola paling banyak tiga kali dalam area permainan sendiri. 

Untuk jumlah nilai atau skor dalam satu game pada permainan bola voli mini berjumlah 25 angka, dengan sistem kemenangan dua set (two winning set).

Pukulan awal atau servis dalam permainan bola voli mini dilakukan secara bergantian secara berurutan, jika sebuah tim mendapatkan angka. Hanya saja, setiap pemain tidak wajib berada di posisi atau tidak ada pembagian garis belakang dan depan pada lapangan permainan. 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network