Jelaskan Pengertian Handball dalam Pertandingan Sepakbola

"Inilah yang perlu diketahui dari peraturan handball di sepakbola."

Analisis | 26 August 2022, 00:24
Jelaskan Pengertian Handball dalam Pertandingan Sepakbola

Libero.id - Dalam permainan sepakbola, para pemain dapat menggunakan seluruh anggota badan untuk mencetak gol, kecuali tangan. Hanya satu orang yang diizinkan menggunakan tangan, yaitu kiper. Dan, pelanggaran terhadap peraturan tersebut dinamakan handball atau "tangan menyentuh bola".

Meski sudah ada aturan bakunya saat pertandingan berlangsung, tidak jarang bola juga mengenai tangan pemain. Bahkan, tidak jarang pemain dengan sengaja menyentuh bola menggunakan tangan untuk motif tertentu.

Handball dalam sepakbola merupakan sebuah pelanggaran ketika tangan pemain sengaja menyentuh bola. Bagian tangan ini meliputi area bawah bahu yaitu bagian ketiak hingga ujung jari, termasuk lengan. Tapi, jika bola menyentuh bahu, tidak termasuk handball.

Pada praktiknya, handball dalam sepakbola sendiri memiliki beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan wasit sebelum memberikan keputusan. 

Peraturan Handball di Sepakbola

Dalam perkembangan sepakbola, peraturan handball memang mengalami berbagai penyesuaian dalam upaya membuat olahraga ini lebih baik. Tapi, pada dasarnya induk organisasi sepakbola dunia (FIFA) menyatakan bahwa kaidah dan esensinya tetap sama seperti yang telah berlaku.

1. Menyentuh bola dengan sengaja menggunakan tangan atau lengannya.

2. Mencetak gol ke arah gawang lawan menggunakan tangan atau lengannya.

3. Mencetak gol ke arah gawang lawan setelah menyentuh bola dengan tangan atau lengan sendiri, maupun rekan setimnya.

4. Menyentuh bola dengan tangan atau lengan ketika dengan sengaja membidangkan badan secara tidak wajar.

5. Menciptakan adanya peluang untuk mencetak gol setelah tangan atau lengan menyentuh bola.

Bagaimana jika bagian tangan telah mengenai bola?

Tentu saja hal ini menjadi sebuah pelanggaran yang dapat mengakibatkan tendangan bebas atau penalti yang diberikan kepada lawan. Terdapat dua jenis tendangan bebas yang diberikan oleh wasit ketika pemain melakukan handball.

1. Tendangan bebas langsung

Tendangan ini dilakukan dengan cara menendang bola langsung ke arah gawang dan jika masuk ke gawang, maka gol tersebut dinyatakan sah.

2. Tendangan bebas tidak langsung

Pada tendangan ini bola tidak bisa langsung ditendang ke arah gawang, tapi harus diumpan.

Wasit akan memberikan tendangan gawang atau sudut terlebih dulu kepada tim yang tidak melakukan tendangan bebas. Tapi, biasanya wasit akan memberikan tendangan bebas langsung ketika terjadi pelanggaran handball.

Hukuman Handball dalam Sepakbola

Dalam permainan sepakbola, pemain yang melakukan handball secara sengaja juga dapat diberikan hukuman berupa kartu kuning atau merah, tergantung tingkah kesalahannya. 

Wasit akan memberikan kartu merah kepada pemain yang melakukan handball dengan sengaja menghalangi peluang atau gol dari tim lawan dengan menggunakan tangan atau lengan. 

Selain itu, pemain yang melakukan handball dengan tujuan untuk menghalangi atau menghentikan serangan lawan, dan berupaya mencetak gol dengan melakukan handball, serta adanya upaya yang gagal untuk mencegah gol biasanya akan diberikan kartu kuning. 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network