Pengertian Back Pass dalam Bola Basket dan Cara Melakukannya

"Simak caranya baik-baik dan silakan diterapkan sendiri.."

Analisis | 31 August 2022, 14:39
Pengertian Back Pass dalam Bola Basket dan Cara Melakukannya

Libero.id - Layaknya sepakbola atau bola voli, bola basket juga merupakan olahraga yang memiliki banyak istilah teknis yang harus dikuasai para pelakunya. Salah satu yang cukup sering didengar adalah back pass.

Bola basket salah satu jenis permainan bola besar yang cukup populer di dunia. Olahraga ini dilakukan oleh dua tim. Masing masing tim berusaha untuk mencetak poin ke keranjang lawan. Dan, agar strategi setiap tim dapat dilakukan dengan baik, maka harus disertai dengan penguasaan teknik dasar permainan yang  bagus seperti shooting, passing, dan dribbling.

Passing menjadi salah satu teknik dasar utama yang harus dikuasai para pemain. Ini adalah cara mengoper bola, dan biasanya digunakan para pemain untuk mencetak angka dengan cara mengecoh lawan saat melakukan strategi penyerangan.

Teknik passing dalam permainan bola basket dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya, back pass. Back pass merupakan salah satu jenis passing bola basket yang bertujuan untuk mengecoh lawan dengan cara yang khas. Teknik ini harus disertai dengan kemampuan pemain dalam menganalisa gerakan lawan selanjutnya agar back pass dapat dilakukan sesuai keinginan.

Dalam back pass, teknik passing yang digunakan biasanya disertai dengan kemampuan menganalisis pemain agar saat melakukan passing tidak sia-sia.

Pengertian Back Pass dalam Bola Basket

Back pass adalah teknik passing bola basket yang digunakan untuk mengelabui lawan agar lawan tidak dapat mencuri bola. Teknik  ini banyak dilakukan atlet profesional.  Teknik ini sangat berperan dalam keberhasilan para pemain saat melakukan serangan.

Back pass sudah dilakukan pebasket sejak permainan ini ditemukan oleh James Naismith. Bahkan, back pass termasuk dalam teknik dasar bola basket untuk kategori teknik mengoper bola atau teknik passing.

Dalam bahasa sehari-hari, back pass juga dikenal sebagai operan angan-angan. Itu karena back pass dilakukan dengan mengelabui lawan agar serangan dapat dilakukan dengan cepat. Lawan akan kesulitan untuk mengetahui sasaran yang akan dituju pada daerah pertahanan.

Biasanya, back pass terjadi dari arah belakang tubuh pemain dengan tepat dan cepat. Para pemain yang melakukan serangan lawan dari belakang akan memegang bola menggunakan kedua tangan, kemudian teknik operan menuju ring lawan akan dilakukan secara langsung tanpa sepengetahuan pemain lawan.

Cara Melakukan Back Pass yang Baik dan Benar

1. Pegang bola menggunakan satu tangan dan letakkan di belakang punggung

2. Lakukan pelemparan bola ke teman satu tim dengan cepat

3. Perhatikan apakah teman yang berada didekat kita siap untuk menerima bola

4. Teknik dasar back pass ini harus dilakukan ketika lawan sedang tidak berkonsentrasi, sehingga peluang keberhasilannya tinggi

5. Pemain harus membentuk koordinasi yang baik dengan teman satu tim untuk meminimalisir kegagalan. 

6. Caranya yaitu melakukan aba aba ketika menggunakan back pass ke teman sasaran.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network