Jelaskan Pengertian Bola Basket Mini dan Aturan Permainannya

"Selain bola basket lapangan besar, ada juga bola basket mini."

Analisis | 02 September 2022, 02:29
Jelaskan Pengertian Bola Basket Mini dan Aturan Permainannya

Libero.id - Olahraga bola basket semakin berkembang luas dan digemari banyak orang. Untuk membuat permainan asal Amerika Serikat itu bisa dimainkan lebih banyak orang, maka dibuatlah versi kanak-kanak. Itu disebut sebagai bola basket mini.

Bola basket adalah salah satu permainan bola besar yang cukup dikenal di masyarakat. Baik untuk kalangan orang dewasa maupun kanak-kanak. Untuk kanak-kanak sendiri, tersedia jenis permainan bola basket mini. Hal itu bertujuan untuk memfasilitasi kanak-kanak yang memiliki minat besar agar bisa belatih sejak dini untuk menjadi pemain basket profesional.

Bola basket mini adalah hasil modifikasi dari permainan bola basket dewasa atau standar yang telah disesuaikan dengan kebutuhan kanak-kanak usia TK maupun SD.

Variasi dan Kombinasi Teknik Dasar Permainan Bola Basket Mini

A. Variasi Teknik Dasar Memantulkan Bola (Dribbling)

Tujuan memantulkan bola (dribbling), yaitu agar pemain dapat mengarahkan bola dengan cepat sesuai keinginan tanpa banyak hambatan. Variasi teknik dribble dapat dilakukan dengan dua macam, yaitu dribble tinggi dan dribble rendah.

Dribble tinggi dilakukan dengan tujuan untuk menggiring bola sambil berjalan atau berlari yang dilakukan saat posisi pemain jauh dari lawan dan dengan sesegera mungkin masuk ke daerah pertahanan lawan.

Sedangkan dribble rendah dilakukan dengan tujuan untuk menghindari lawan yang ingin merebut bola. Dribble rendah dilakukan dengan cepat untuk mencari celah agar dapat menerobos pertahanan lawan.

1. Variasi teknik melempar dan menangkap bola

Variasi teknik melempar bola dapat dilakukan dengan mengembangkan gerakan melempar dalam beberapa bentuk latihan.

a). Lemparan atas kepala (over head pass)

b). Lemparan dada (chest pass)

c). Lemparan lurus ke samping (base ball pass)

d). Lemparan memantul ke tanah (bounce pass)

2. Variasi teknik menangkap Bola

Belajar variasi teknik dasar menangkap bola sama pentingnya dengan teknik memberi umpan. ada 2 cara menangkap bola dalam permainan bola basket yaitu dengan satu tangan dan dengan dua tangan.

3. Variasi Teknik Menembak Bola ke Ring

Belajar variasi teknik dasar menangkap bola sama pentingnya dengan teknik memberi umpan. ada 2 cara menangkap bola dalam permainan bola basket yaitu dengan satu tangan dan dengan dua tangan.

4. Variasi Teknik Menembak Bola ke Ring

Variasi teknik menembak bola ke ring basket dapat dilakukan dengan mengembangkan beberapa gerakan menembak bola. variasi ini dapat dilakukan di tempat atau melompat dengan satu atau dua tangan yang bertujuan memudahkan bola masuk ke ring.

Variasi Teknik menembak bola meliputi:

a). Tembakan dengan posisi diam di tempat (set shoot) menggunakan satu atau dua tangan

b). Tembakan dengan melompat (jump shoot)

c). Menembak bola dengan gerakan lari, melangkah dan melompat (lay up)

5.   Variasi Teknik Lay-up

Variasi teknik lay-up dalam permainan bola basket adalah teknik menembak bola ke ring yang dilakukan dengan cara mengembangkan beberapa gerakan lay-up, baik secara mandiri maupun dengan teman. Lay-up dilakukan dengan berjalan atau berlari.

6. Kombinasi Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Tujuan latihan Kombinasi Teknik Dasar Permainan Bola Basket adalah untuk memperbaiki, mempermudah dan mengembangkan keterampilan penguasaan bola dalam rangka menyiapkan diri untuk bermain dalam bentuk pertandingan.

B. Sarana dan Prasarana Permainan Bola Basket Mini

1. Lapangan Bola Basket Mini

a). Panjang lapangan 18 meter

b). Lebar lapangan 9 meter

c). Jari-jari tengah lapangan 4,5 meter

2. Papan Pantul

Papan Pantul harus terbuat dari kayu keras setebal 2,8 cm. Papan Pantul yang digunakan memiliki panjang 180 cm dan tebal 105 cm.

3. Ring Basket

a). Tinggi ring 2, 8 meter

b). Diameter ring 450 mm

c). Jaring terbuat dari bahan nilon

d). Panjang jaring 45 cm

4. Bola Basket Mini

Bola yang digunakan pada permainan bola basket mini ukurannya tidak sama dengan permainan bola yang dimainkan oleh orang dewasa. Bola yang digunakan untuk anak usia SD adalah ukuran 5. Bola ini terbuat dari karet sintetis dengan permukaan bertotol halus.

a). Berat bola antara 469 – 510 gram

b). Keliling bola antara 68,0 – 73,0 gram

c). Lebar garis sambung maksimal 6,4 mm

C. Aturan Permainan Bola Basket Mini

Tidak jauh berbeda dengan permainan lainnya, bola basket mini juga memiliki peraturan permainan yang harus di taati oleh setiap pemain. Berikut kami jelaskaan, dari pemulaan permainan, durasi, nilai dan jumlah pemain dalam setiap tim.

Permulaan permainan: Permainan bola basket mini diawali dengan jump ball, yaitu bola dilempar ke atas oleh wasit di tengah lingkaran, di antara dua orang pemain yang berlawanan.

Durasi permainan: Lama permainan bola basket mini adalah 2 x 10 menit

Penghitungan poin: Penghitungan angka adalah 1 untuk memasukkan bola dari dalam area dan 2 memasukkan bola dari luar area.

Jumlah pemain: Tim bola basket mini terdiri dari 4 pemain setiap regu yang saling bertanding.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network