Jelaskan Pengertian Cover dalam Permainan Bola Voli

"Salah satu teknik yang wajib dikuasai para pemain bola voli."

Analisis | 02 September 2022, 02:43
Jelaskan Pengertian Cover dalam Permainan Bola Voli

Libero.id - Bola voli adalah olahraga yang membutuhkan taktik, strategi, maupun kerjasama solid dari semua komponen tim. Dalam permainan bola voli, terdapat pola penyerangan yang harus dikuasai oleh setiap tim jika ingin menaklukan pertahanan lawan dan meraih kemenangan.

Salah satu cara untuk memenangkan pertandingan bola voli adalah bekerja sama dengan solid antarpemain setim dalam membangun pola penyerangan.

Pola penyerangan adalah siasat tiap-tiap tim untuk menghasilkan point saat bertanding. Banyak sekali taktik yang bisa digunakan oleh setiap tim untuk memenangkan pertandingan bola voli. Sementara penyerangan yang biasa dilakukan adalah upaya mematikan bola voli di area lapangan lawan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.

Sebuah tim akan mendapatkan poin ketika bola yang dipukul keras masuk ke area lawan dan jatuh dilapangan dengan cara sportif dan adil.

Dalam pola penyerangan dikenal istilah taktik penyerangan dan melindungi penyerangan atau cover. Taktik penyerangan dapat diartikan sebagai siasat yang mengharuskan regu lawan bertindak menuruti regu yang menjalankan penyerangan. Taktik penyerangan adalah siasat untuk mematikan bola di lapangan lawan dengan cara yang diperkenankan dalam peraturan permainan.

Dalam bola voli, cover atau melindungi, adalah suatu proses serangan dari pemain penyerang yang melambung kembali dari block (bendungan) pihak lawan harus diterima oleh pemain seregunya yang bersama-sama telah mempersiapkan diri untuk membela dan membentuk pertahanan.

Secara sederhana, cover dalam bola voli dapat diartikan sebagai proses serangan yang berasal dari pantulan blok pemain lawan yang diteruskan oleh rekan setim dengan dioperkan ke pemain yang melompat segera setelah block lawan. Cover ini cukup efektif dalam memberi efek kejut jika lawan lengah dalam bertahan.

Maksud dari melindungi penyerang adalah serangan yang dilakukan oleh pemain penyerang yang bolanya melambung dari block bendungan lawan. Bola dari block bendungan lawan ini harus diterima oleh timnya secara bersama-sama.

Untuk jarak yang bisa dilakukan oleh sebuah tim tergantung dari teknik yang digunakan pada tim tersebut. Baik (pengumpan), kualitas block pihak lawan, maupun arah lajunya yang dipukul oleh penyerang.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network