Jelaskan Cara Melakukan Baseball Pass dalam Permainan Bola Basket

"Baseball pass merupakan salah satu teknik bola basket yang wajib dikuasai."

Analisis | 04 September 2022, 09:06
Jelaskan Cara Melakukan Baseball Pass dalam Permainan Bola Basket

Libero.id - Dalam permainan bola basket, setiap pemain dituntut menerapkan semua teknik permainan dengan sebaik-baiknya, tanpa kesalahan, dan mencapai hasil maksimal. Salah satu teknik yang wajib dikuasai adalah passing alias mengoper (mengumpan) bola, khususnya baseball pass.

Baseball pass merupakan salah satu teknik mengoper bola dalam permainan bola basket. Ini adalah teknik yang penting dan wajib dimiliki semua pemain.

Fakta menunjukkan, dalam banyak pertandingan, gerakan baseball pass ini kerap dilakukan para pemain. Sebab, cukup mudah dan dinilai merupakan cara yang tepat serta ampuh dalam menghindari rebutan bola dengan pemain lawan. Saat pemain sedang memguasai bola mencoba untuk didekati pemain lawan, baseball pass biasanya menjadi gerakan antisipasi yang sering digunakan.

Dari segi tekniknya, baseball pass bisa diartikan sebagai sebuah operan dalam permainan bola basket. Dilakukan menggunakan satu tangan dari jarak yang cukup  jauh ke arah sasaran yang tepat. Ini terutama ke rekan setimnya saat duel bersama pemain lawan.

Cara melakukan Baseball Pass dalam Bola Basket

1. Ambil ancang-ancang pada posisi tubuh, bagian sebelah kaki harus maju ke posisi depan. Bola harus dipegang menggunakan satu tangan, baik kanan maupun kiri. 

2. Untuk posisi tangan lainnya biasanya hanya memegang bola sebagai langkah awal dalam memulai.

3. Kemudian, gestur badan sebelah sekiranya mundur ke belakang. Dilanjutkan dengan tangan berada di belakang bahu yang nantinya bertugas untuk melempar bola.

4. Saat melakukan operan bola. Bagian tangan yang bertugas mengoper itu sekan mengayun ke arah depan bagian atas.

5. Terakhir, lepaskan dan lakukan operan bola itu secara akurat kepada rekan setimnya dengan tangan yang mana seketika maju kedepan serta dalam keadaan lurus.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network