Jelaskan Pengertian Olahraga Rekreasi, Manfaat, dan Jenisnya

"Olahraga rekreasi semakin populer di masyarakat Indonesia."

Analisis | 06 September 2022, 20:12
Jelaskan Pengertian Olahraga Rekreasi, Manfaat, dan Jenisnya

Libero.id - Dalam ilmu olahraga dikenal olahraga prestasi dan olahraga rekreasi. Meski sama-sama olahraga, keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan.

Di era modern seperti sekarang ini, olahraga rekreasi mulai mengikuti popularitas olahraga prestasi. Sama-sama penting, keduanya juga digemari semakin banyak orang. Hanya saja, olahraga rekreasi sedikit lebih santai dan informal. Selain itu, olahraga prestasi di pertandingkan di Olimpiade. Sedangkan olahraga rekreasi tidak.

Rekreasi adalah kata serapan dari bahasa latin, "re crea". Kata ini memiliki arti "membuat ulang". Secara garis besar, rekreasi dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang bertujuan untuk menyegarkan jasmani dan rohani seseorang. Karena aktivitasnya yang menguras energi, maka disematkan kata olahraga di depannya.

Jenis-jenis Olahraga Rekreasi

1. Mendaki (Hiking)

Hiking merupakan salah satu olahraga rekreasi yang perlu anda coba. Olahraga ini dapat menyegarkan kembali pikiran setelah melihat pemandangan alam dari ketinggian. Olahraga ini banyak digemari anak-anak muda karena sifatnya yang menantang dan penuh perjuangan.

2. Menyelam (Diving)

Menyelam atau diving menjadi olahraga rekreasi yang cukup populer di masyarakat Indonesia. Olahraga ini memungkinkan orang untuk melihat berbagai macam biota laut dan keindahan bawah air. Dibutuhkan alat khusus untuk bisa melihat kedalaman air. Selain tabung oksigen, kacamata khusus juga wajib digunakan.

3. Memancing (Fishing)

Memancing menjadi salah satu olahraga rekreasi yang digemari banyak orang. Olahraga memancing dapat mengurangi ketegangan, stres, maupun penat akibat rutinitas harian. Selain itu, memancing juga dapat melatih kesabaran dan ketenangan.

4. Renang (Swiming)

Meski masuk kategori olahraga prestasi, renang bisa masuk kategori olahraga rekreasi. Pasalnya, renang dapat menyehatkan badan dan menyegarkan pikiran. Berenang dapat dilakukan di kolam renang atau lautan terbuka.

5. Olahraga Dirgantara (Aerosport)

Olahraga dirgantara merupakan olahraga yang memanfaatkan energi angin untuk melakukannya di udara. Contoh olahraga dirgantara adalah paragliding, terjun payung, dan gantole. 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network